Skip to main content

Cara Perawatan Burung Pleci Lomba Untuk Pemula

burung pleci lomba

Perlakuan terhadap burung pleci lomba tentu saja sedikit berbeda dengan pola perawatan sehari-hari atau hanya dipelihara untuk hiburan / sebagai burung rumahan, secara umum perawatan pleci lomba lebih ditekankan pada bagaimana menjaga agar kondisi nafsu agar burung tetap stabil dan selalu siap untuk diperlombakan. Sebagai panduan berikut adalah tip untuk perawatan pleci untuk pemula.

Tapi perlu diperhatikan juga pola perawatan berikut hanya bisa dilakukan pada burung pleci yang siap dilombakan, dan bukan untuk pleci yang masih bakalan.

Perawatan Burung Pleci Lomba untuk Pemula
1. Biasakan menggantang pleci di tengah pleci lain yang Anda miliki, jika memungkinkan posisi sangkar harus lebih tinggi dari pada kandang pleci lainnya.
2. Berikan umpan voer kaya nutrisi, jika perlu Anda bisa membuat ramuan ramuan sendiri untuk memenuhi kebutuhan pleci dengan nutrisi lebih lengkap.
3. Berikan buah segar seperti pisang, pepaya, sawo, dan lain-lain.
4. Sediakan pakan tambahan seperti kroto segar sebanyak 2 sendok teh, dan ulat hongkong putih sebanyak 3-6 ekor setiap hari.
5. Untuk menjaga stamina dan kesehatan, berikan 3 tetes BirdVit untuk air minum.
6. Mandikan burung di pagi dan sore hari dengan penyemprotan, selain itu setiap beberapa hari, pleci bisa diberikan terapi mandi malam.
7. Penjemuran dilakukan hanya di pagi hari, dengan durasi sekitar 15-30 menit.

Perawatan Burung Pleci Sebelim Di Lombakan :
1. Berikan burung pleci malam mandi antara pukul 19:00 sampai 21:00, dengan disemprotkan dengan menggunakan semprotan tangan.

2. Setelah mandi pleci diangin-anginkan di tempat yang terang selama 1 jam, selama pleci diangin-anginkan beri pakan tambahan 1 sendok teh kroto dan 3 ulat hongkong yang kulitnya sudah berubah putih.

3. Setelah 1 jam burung dikerodong sampai pagi, di pagi hari sebelum pergi ke lapangan burung pleci kembali mandi dengan penyemprotan. Setelah itu diangin-anginkan sambil diberi kroto (1 sendok teh) dan ulat hongkong putih (3 ekor).

4. Setelah di lapangan buka kerodongnya selama 15-30 menit, dan biarkan burung bernyanyi sepuasnya dan setelah itu kandang dikerodong kembali.

5. Jika dibutuhkan untuk pengisian dengan pleci lain sebaiknya dilakukan sekitar 15-30 menit sebelum burung naik gantang, beberapa menit sebelum digali pastikan untuk memeriksa kebersihan kandang dari sisa-sisa makanan yang tumpah dan jangan lupa angkat juga cepuk makan dan minum.

Jika pleci bermain dalam dua sesi maka 1 jam sebelum tampil di sesi berikutnya, burung tersebut kembali di mandikan semprot.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar