Cara Perawatan Bulu Burung Pleci Kusam Dan Berubah Warna
Cara Perawatan Bulu Burung Pleci Kusam Dan Berubah Warna

Cara Perawatan Bulu Burung Pleci Kusam Dan Berubah Warna

burung pleci berubah warna

Kondisi bulu pleci yang berubah dari cerah menjadi kusam atau berubah warna sering terjadi saat burung tidak dirawat dengan benar, agar bulu kembali sehat dan mengkilap tentu harus menunggu sampai masa mabung berikutnya. Daripada harus menunggu lama anda bisa menerapkan perawatan berikut untuk memperbaiki bulu burung peci yang kusam dan berubah warna, hal utama yang menyebabkan bulu tampak kusam adalah berkurangnya pasokan lemak / minyak yang ditemukan di kelenjar uropigial di dasar ekor. Minyak inilah yang membuat bulu burung cerah, tahan air, dan berkilau, jika tidak memiliki lapisan pelindung bulu akan mudah kering karena terik matahari yang bisa rusak dan memudar warnanya.

Selain itu memudarnya warna bulu mungkin juga disebabkan oleh faktor lain seperti perawatan yang tidak teratur dan pemberian makanan yang tidak semestinya, beberapa faktor lainnya adalah:

1. Terlalu banyak penjemuran / burung terlalu lama di bawah sinar matahari.
2. Burung jarang mandi mandi baik dengan semprotan atau menggunakan keramba mandi atau cepuk tempat minumnya.
3. Kurangnya nutrisi karena jarang / tidak pernah mendapatkan berbagai buah.
4. Pleci terlalu sering diberi doping yang bertujuan untuk menjaga burung selalu gacor.
5. Terlalu sering mengganti pakan voer dengan alasan untuk menemukan produk yang sesuai.

Butuh waktu untuk memperbaiki kondisi bulu pleci yang sudah pudar warnanya (kusam), tapi pengobatan yang tepat dan teratur dapat membantu mempercepat pemulihan.

Inilah langkah-langkah yang bisa dicoba untuk memperbaiki kondisi bulu burung pleci yang berubah warna atau kusam.

1. Pengaturan pakan untuk sementara di ubah dengan mengmengganti pakan voer dengan memberi makan penuh EF / extra fooding untuk pleci yang kusam bulunya. Pakan yang bisa di berikan setiap hari buah yang bervariasi (pisang, jeruk, apel, dll) dan serangga (jangkrik, belalang hijau kecil, ulat hongkong, kroto, dan laba-laba kecil).

2. Mandi burung secara teratur, jika pleci tidak pernah mandi maka dalam perawatan ini sebaiknya lebih sering dilakukan. Mandikan pleci setiap hari di pagi, siang, dan sore hari, setelah mandi pleci di anginkan di tempat yang sejuk untuk mengeringkan bulu. Penjemuran dihentikan sementara atau bisa dikeringkan selama 20 menit di pagi hari.

3. Madu bisa diberikan setiap beberapa hari dan bisa disediakan di dalam cepuk terpisah, bisa juga dioleskan ke pisang atau buah lainnya.

4. Apabila bulu kusam akibat pleci sering mendapat doping, maka tubuh burung harus dinetralisasi dulu.

5. Minyak ikan bisa diberikan seminggu sekali secara langsung (diteteskan) atau disuntik ke pakan tambahan.

6. Sebagai pengganti voer, Anda bisa memberikan pakan racikan yang berbahan baku udang.

7. Untuk mendukung pemulihan / perbaikan bulu yang kusam, pleci bisa diberi BirdMineral yaitu multimineral tambahan yang bermanfaat mengatasi bulu kusam dan membantu burung memproduksi kelenjar minyak.

Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Blog Ini Khusus Di Buat Untuk Refrensi Tentang Cara, Tip Dan Trik Perawatan Burung Kicau Dan Salam Satu Hobi Para Kicaumania Sejati.