Cara Perawatan Burung Branjangan Yang Macet Bunyi
Cara Perawatan Burung Branjangan Yang Macet Bunyi

Cara Perawatan Burung Branjangan Yang Macet Bunyi

burung branjangan macet bunyi

Beberapa kicaumania berasumsi bahwa burung branjangan memiliki karakter sama seperti burung anis merah, banyak kasus terjadi pada burung branjangan yang semula rajin berbunyi tiba-tiba macet suaranya karena salah perlakuan atau konsekuensi lainnya. Selain itu terkadang butuh waktu lama untuk mengembalikan kondisinya, sebenarnya ada beberapa cara untuk mengatasi suara burung branjangan yang macet bunyi agar bisa kembali gacor seperti sebelumnya. Memelihara burung branjangan memang memerlukan beberapa perlakuan khusus terutama untuk menjaga kondisi dan staminanya, salah satu bentuk perawatan sederhana namun sering diabaikan adalah mengganti pasir kotor yang sudah lama dengan yang baru. Dengan begitu burung itu selalu nyaman di dalamnya dan itu tetap rajin bersuara, kondisi pasir kotor menjadi salah satu alasan mengapa branjangan malas berkicau. Selain menjadi tempat bersarang kuman dan parasit, pasir kotor juga bisa menyebabkan masalah pernafasan yang membuatnya bersuara lebih malas.

Adapun penyebab lain dari kemacetan suara pada burung branjangan adalah tingkat stres yang tinggi, seperti mengalami trauma akibat sangkar dijatuhkan, terguncang keras, atau diserang oleh hewan lain. Untuk mengatasi branjangan yang macet, branjangan mania memiliki beberapa tip dan trik khusus dalam perawatan. Tak sedikit dari mereka yang berhasil mengembalikan kondisi burung yang semula macet jadi ceria lagi dengan suara kicauan.

Berikut adalah beberapa cara perawatan burung branjangan yang macet berbunyi:

1. Bersihkan kandang dan ganti pasir
Apabila anda menemui burung branjangan suara macet segera bersihkan kandang dan ganti pasirnya. ada beberapa jenis pasir yang biasa digunakan di kandang branjangan, yaitu pasir pantai, pasir zeolit, atau tumbukan bata merah. Memberi pasir di kandang branjangan bukan hanya hiasan, tapi memang memberi manfaat tertentu bagi burung di dalamnya.

2. Berikan perawatan yang tepat
Setelah kandang dibersihkan dan pasir diganti dengan yang baru, langkah selanjutnya adalah menerapkan pola perawatan yang tepat. Bentuk perawatan harian burung branjangan yang macet adalah sebagai berikut:

A. Penjemuran diberikan dengan durasi lebih lama dari biasanya.
B. Di pagi hari burung branjangan macet bunyi diberi makan sebanyak 3-5 jangkrik dan 1 sendok teh kroto setiap hari.
C. Sore hari jangkrik diberi 2-3 ekor setelah itu kandang dikerodong dan burung diperbolehkan untuk beristirahat sampai keesokan paginya.
D. Untuk hasil maksimal pemberian jangkrik bisa diganti dengan belalang hijau, karena jenis serangga ini merupakan pakan alami.

3. Berikan asupan multimineral
Untuk mempercepat proses pemulihan burung branjangan perlu diberi asupan multimineral yang merupakan kumpulan berbagai jenis mineral penting yang selalu dibutuhkan burung berkicau, salah satu produk multimineral yang paling lengkap adalah BirdMineral. Selain mengandung beberapa mineral penting seperti kalsium (Ca), fosfor (P), iodine (I), kalium (K), magnesium (Mg), besi (Fe), seng (Zn), dll, BirdMineral juga dilengkapi dengan beberapa jenis vitamin seperti D3 dan B12.

4. Memberikan Terapi Suara
Selain itu Anda juga bisa memberikan terapi suara dalam bentuk embusan angin yang membuat burung seolah-olah berada di tengah padang rumput yang luas

Dengan rutin menerapkan beberapa perawatan di atas setiap hari maka dalam waktu yang tidak terlalu lama burung branjangan yang macet suara akan kembali gacor dengan suara kicauan yang bervariasi.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Blog Ini Khusus Di Buat Untuk Refrensi Tentang Cara, Tip Dan Trik Perawatan Burung Kicau Dan Salam Satu Hobi Para Kicaumania Sejati.