Cara Membedakan Burung Branjangan Jantan Denga Betina
Cara Membedakan Burung Branjangan Jantan Denga Betina

Cara Membedakan Burung Branjangan Jantan Denga Betina

beda branjangan jantan dan betina

Burung Branjangan semakin populer sehingga upaya menjaga kelestarian dengan menangkarkannya harus dilakukan, membedakan jenis kelamin branjangan (Mirafra javanica) adalah hal yang relatif sulit. Burung branjangan jantan dan betina memiliki penampilan serupa, tapi tentunya bukan masalah besar bagi orang yang sudah mengerti dan pengalaman menangani yang sudah tahu bagaimana membedakan branjangan pria dan wanita. Kini tak sedikit penggemar burung branjangan yang mulai merintis penangkaran terhadap yang suka terbang naik turun saat berkicau ini. Kebangkitan Branjangan juga terlihat dari semakin maraknya lomba kelas branjangan.

Burung jantan dan betina dari genus mirafra ini sama sama memiliki kemampuan berkicau meski suara burung jantan lebih variatif, ini berbeda dengan genus melanocorypha seperti burung pailing (Melanocorypha mongolica) karena hanya burung jantan dari genus ini yang dapat berkicau.

Membedakan jenis kelamin branjangan dapat dilakukan dengan mempertimbangkan beberapa kondisi sebagai berikut:

1. Melihat penampilan anakan
Bentuk kepala anakan betina cenderung lebih kecil dari bentuk kepala burung jantan, disamping burung jantan memiliki warna bulu yang lebih tajam dan lebih kencang daripada burung betina, bahkan dari suaranya ada perbedaan.

2. Melihat bagian kepala
Burung jantan memiliki mata dengan tampilan yang cukup tajam dan jika diamati lebih hati-hati ada bulu hitam yang ditemukan di bagian depan mata dekat dengan bagian atas paruh, selain itu jika diamati pada bagian bawah telinga maka akan terlihat bulu putih yang muncul berdiri tegak (mekar).

3. Melihat ukuran tubuh
Secara umum burung jantan memiliki ukuran tubuh lebih besar dari pada burung betina, tapi ini tentu akan berbeda tergantung asal daerahnya. Misalnya branjangan betina yang berasal dari Jawa tentunya akan memiliki tubuh yang lebih besar dari burung yang berasal dari NTB atau daerah lainnya.

4. Melihat warna bulu dada
Umumnya juga burung jantan memiliki bulu lembut dan kencang di dada, bentuk bulu mulai terlihat sejak burung itu berumur trotolan.

5. Mendengar suaranya
Jika masih muda burung betina cenderung jarang atau malas bersuara di banding dengan burung jantan muda yang lebih sering ngeriwik, ketika burung itu lebih dewasa burung betina akan memiliki kemampuan untuk berkicau lebih keras namun kurang variasi dengan suara kicauannya yang monoton (berulang-ulang), sementara burung jantan akan memiliki suara yang cukup keras dengan suara kicauan yang cukup bervariasi.

6. Lihatlah bentuk ekornya
Ekor adalah bagian yang bisa menjadi salah satu perhatian saat memilih burung branjangan jenis kelamin jantan. Burung branjangan jantan biasanya memiliki bentuk ekor yang selalu terbuka / mengembang, sedangkan ekor burung betina cenderung memiliki ekor yang tipis dan sering tertutup.

Begitu Anda mendapatkan burung sesuai dengan kondisi di atas maka perawatan selanjutnya akan cenderung lebih mudah, karena setelah semua burung jantan pastinya akan berkicau. Cepat atau lambat proses kicauan burung tentu tergantung pada bagaimana bentuk perawatan yang telah Anda terapkan.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Blog Ini Khusus Di Buat Untuk Refrensi Tentang Cara, Tip Dan Trik Perawatan Burung Kicau Dan Salam Satu Hobi Para Kicaumania Sejati.