Skip to main content

Cara Melatih Pleci Dengan Pasangan Agar Rajin Berbunyi

melatih pleci dengan pasangan

Ada banyak cara untuk melatih burung pleci jantan agar rajin bersuara nyaring dan ngerolnya yang panjang, mulai dari memberi makan bergizi, pemasteran, hingga memberi terapi pasangan. Terapi ini diyakini bisa memperbaiki kinerja burung pleci dan membuatnya lebih rajin berbunyi, anda tentu sudah mengerti bahwa pleci adalah burung koloni. Di alam liar burung kacamata ini selalu terlihat hidup bersama dengan kelompoknya, baik dalam mencari pakan dan selama musim kawin. Itu juga diterapkan pada plecimania sebagai wujud perawatan harian untuk peliharaan burung di rumah, metode koloni yang meniru perilaku alami pleci di alam liar bisa memancing burung lebih rajin berbunyi. Perawatan pleci dengan sistem koloni telah menjadi pola perawatan wajib bagi sebagian besar plecimania yang ingin membuat burung peliharaan mereka lebih rajin berbunyi, Kolonisasi tidak selalu dilakukan dengan menggunakan beberapa pleci sekaligus, tapi bisa juga dilakukan dengan menggunakan pleci betina.

Terapi berpasangan seperti ini bisa menjadi pengobatan alternatif untuk plecimania, karena lebih murah. Kendati demikian kehadiran pleci betina cukup efektif untuk memaksimalkan kinerja burung pleci jantan, pleci betina juga bisa merangsang burung rajin mengeluarkan suara keras.

Berikut adalah beberapa tip untuk memberi pasangan betina untuk burung pleci jantan lebih semakin gacor :

1. Untuk mendapatkan hasil yang lebih memuaskan pilihlah pleci pleci betina yang genit, hal ini bisa dilihat dari penampilan dan frekuensi burung yang memanggil pleci jantan. Begitu juga saat mendengar suara pleci jantan, pleci betina umumnya akan membalas jawabannya sambil menggoyang kedua sayapnya.

2. Tempel atau dekatkan kedua kandang hanya pada waktu-waktu tertentu saja, misalnya saat dimandikan, di jemur, atau saat beristirahat. Di luar waktu ini kedua kandang harus digantung dalam jarak jauh dan hanya mendengar suaranya.

3. Jika sudah nampak ikatan antara pleci jantan dan betina keduanya akan lebih sering saut menyahut, kondisi itu tentu akan memprovokasi burung jantan untuk mengeluarkan suara paling keras. Dengan terbentuknya ikatan semacam itu, pleci jantan memiliki jontrot / pasangan yang bisa membuatnya lebih rajin berbunyi. Pasangan tersebut tentu saja harus dibawa kemanapun pleci jantan tersebut pergi, termasuk kapan akan diperlombakan.

4. Bagian yang paling penting adalah selalu memenuhi kebutuhan nutrisi burung pleci, sekaligus menyediakan multivitamin seperti BirdVit agar kondisinya tetap fit, karena salah satu syarat burung rajin berdkicau.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar