Skip to main content

Cara Merawat Burung Cucak Ijo Yang Suka Nyulam


Biasanya periode ny pada burung cucak ijo berlangsung selama 2 - 3 bulan, saat itu bulu-bulu tua yang jatuh akan segera diganti bulu baru. Namun ada juga cucak ijo yang mengalami nyulam terus-menerus dan hal ini tentunya akan mengganggu penampilannya sekaligus merepotkan pemiliknya. Untuk mengatasi masalah tersebut berikut adalah tips pengobatan spons ijo yang mengalami nyulam terus-menerus. Mabung nyulam adalah hal alami yang biasa terjadi pada kebanyakan burung cucak ijo, proses nyulam bisa sangat singkat tapi bisa juga terjadi dalam waktu lama karena tergantung perawatannya. Dan pada masa itu tampilan burung menjadi kurang maksimal sehingga tidak layak untuk di lombakan.

Banyak masalah yang bisa terjadi saat cucak ijo mengalami nyulam mabung, di antaranya nyulam terus menerus dan gagal tumbuh bulu atau bulu baru tidak normal. Kondisi ini tentu tidak hanya mengganggu penampilannya, tapi juga bisa membuat burung macet bunyi. Untuk mengatasi cucak ijo yang mengalami nyulam terus menerus, dibutuhkan pola perawatan maksimal termasuk pakan harian lengkap yang lebih bervariasi.

Beberapa tip berikut dapat membantu memecahkan masalah nyulam terus-menerus pada burung cucak ijo:

1. Penjemuran Secara Rutin
Burung cucak ijo yang mengalami nyulam sebaiknya lebih sering di jemur sekitar 15 menit setiap hari, waktu pengeringan yang benar adalah pagi hari sebelum pukul 09.00. Setelah itu burung di anginkan di tempat yang sejuk lalu dimandikan.

2. Pemberian Buah Buahan Secara Bervariasi
Selama mengalami mabung nyulam, burung cucak ijo di beri makan buah lebih bervariasi. Misalnya pepaya dan pisang kepok diberikan secara bergantian.

3. Kurangi Memberikan Pakan Jangkrik
Untuk sementara waktu pemberian makanan tambahan (EF) seperti jangkrik dikurangi porsi dari sebelumnya atau paling banyak 2 jangkrik yang diberikan pada pagi dan sore hari.

4. Berikan Pakan Ulat Bambu
Setiap beberapa hari burung cucak ijo diberi ulat bambu untuk membantu mengembalikan kondisinya.

5. Berikan Suplemen Tambahan Khusus
Untuk membantu mengatasi masalah mabung nyulam yang secara terus menerus, pemberian suplemen tertentu sangat dibutuhkan misalnya BirdMolt-Pre yang bisa diberikan untuk membantu proses nyulam berjalan sempurna dan tanpa hambatan. Pada saat pertumbuhan bulu baru, suplementasi bisa dilanjutkan dengan menggunakan BIrdMolt-Post untuk membantu mempercepat pertumbuhan bulu baru, sehingga burung bisa kembali tampil optimal.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar