Skip to main content

Tips Mengatasi Burung Cucak Jenggot Over Birahi


Burung cucak jenggot termasuk salah satu burung masteran yang cukup bisa di andalkan, karena memiliki suara tembakan yang lumayan tajam. Burung ini juga sering di lombakan. Perawatan burung cucak jenggot relatif mudah alias tidak terlalu merepotkan, burung ini dikenal mudah berkicau dengan suara kicauan yang tajam serta gaya ekor yang khas. Namun seperti jenis burung berkicau lainnya, burung cucak jenggot juga rentan terhadap over birahi (over birahi). Jika itu terjadi maka akan menyulitkan tampil di dalam perlombaan, bahkan saat di rumah pun burung ini tidak mau mengeluarkan kicaunnya. Over birahi biasanya disebabkan oleh pola asuh sehari-hari terutama pakan yang diberikan, bagaimana tanda burung cucak jenggot over birahi?

Berikut ciri ciri burung cucak jenggot mengalami over birahi :
1. Penampilan burung menurun drastis, bahkan mulai jarang membuat kicauan suara.
2. Sayap selalu diturunkan / ngeleper.
3, Saat dipertemukan dengan burung sejenis, maka burung cucak jenggot jantan cenderung menyerang. Burung sejenis yang diserang bisa betina maupun jantan, saat menyerang burung cucak jenggot akan mengeluarkan suara ngepik / cuitan.
4. Burung betina yang over birahi cenderung menggetarkan sayapnya sambil naik-turun tangkringan, juga disertai suara ngepik / cuitan. Dalam beberapa kasus burung cucak jenggot betina yang over birahi bisa bertelur tatkala mendengar suara pejantan.
5. Burung cucak jenggot dengan kondisi seperti itu tentu sulit nampil di lapangan.

Untuk mengatasinya ada beberapa cara cepat mengatasi burung cucak jenggot yang over birahi, antara lain:
1. Berikan pakan tambahan / extra fooding (EF) berupa ulat bambu. Untuk sementara, selama proses / terapi penyambuhan, hentikan dulu pemberian jangkrik.
2. Berikan buah-buahan secara rutin, misalnya buah pir, belimbing, atau pepaya. untuk membantu menurunkan birahinya.
3. Rutin memandikan burung, termauk mandi pada malam hari (terapi mandi malam).
4. Kurangi durasi penjemuran, namun burung harus sering diangin-anginkan di tempat sejuk.

Itulah beberapa cara sepat menanggulangi burung cucak jenggot yang over birahi. Melalui perawatan yang teratur, burung cucak jenggot bisa terhindar dari masalah yang sama di kemudian hari. Selain itu, burung akan selalu siap bersaing dalam sebuah perlombaan atau latberan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar