Skip to main content

Cara Merawat Burung Cendet Yang Tidak Memiliki Ekor


Salah satu masalah yang sering dialami cendet mania adalah saat burung peliharaan kehilangan semua bulu ekornya atau biasa disebut bondol ekor, jika itu terjadi pada saat mabung itu masih biasa, tapi ekor bondol sering juga dialami cendet di luar waktu mabung terutama karena burung sering mencabut bulu ekor dan bulu ekor rusak oleh banyak polah dan sebagainya. Berikut tips perawatan burung ekor bondol. Berbeda dengan murai batu yang memiliki bulu ekor panjang dan tebal, cendet memiliki bulu ekor yang cenderung kurus tapi panjang. Bentuk bulu ekor menunjukkan bahwa cendet termasuk jenis burung yang memiliki kemampuan terbang cukup mumpuni, terutama saat berburu mangsa atau mengejar saingannya di udara.

Bukan rahasia lagi kalau burung cendet peliharaan yang tidak mendapat perlakuan kurang tepat akan cenderung berperilaku buruk yang antara lain bisa merusak bulu ekor, perilaku itu seperti mencabut bulu dan selalu turun ke bagian bawah kandang apalagi jika kandangnya terlalu kecil atau tidak sesuai. Kondisi tersebut dapat menyebabkan burung cendet mengalami bondol ekor atau tidak memiliki bulu ekor. Selain kurang enak dipandang, performa burung cendet bondol ekor juga akan kurang maksimal.

Berikut beberapa tips perawatan yang diharapkan bisa menumbuhkan kembali bulu ekor dari cendet yang hilang, sehingga bisa kembali tampil maksimal.

1. Pada saat burung cendet mengalami bondol ekor hal pertama yang harus dilakukan adalah mengamati kondisinya dengan hati-hati, hal ini bisa dilakukan dengan menangkap burung kemudian mengamati daerah kulit yang bondol. Jika ditemukan ada patahan bulu akibat bulu yang tercabut tidak sempurna, maka segera lakukan pencabutan dengan menggunakan pinset untuk hasil yang sempurna.

2. Cek daerah sekitar kulit bondol dengan tujuan agar proses pertumbuhan bulu ekor nantinnya berjalan lebih sempurna, jika masih tersisa bulu dasar / bulunya yang belum dicabut, pastinya bulu baru tidak akan tumbuh sampai mabung tiba. Begitu dasar ekor bondol bersih, langkah selanjutnya adalah membuat perawatan yang tepat agar bulu baru bisa tumbuh lebih cepat.

3. Untuk merangsang pertumbuhan bulu Anda bisa memberi multimineral dalam perawatan sehari-hari misalnya dengan menggunakan BirdMineral, produk ini mengandung bahan penting yang dibutuhkan untuk pertumbuhan bulu dan mengatasi berbagai masalah seperti mencabut bulu, kanibal, dan sebagainya.

4. Gunakan sangkar yang sesuai untuk ukuran burung cendet, meski burung cendet masih dalam keadaan ekor bondol penggunaan kandang yang luas masih dibutuhkan untuk mempercepat pertumbuhan bulu.

5. Sebaiknya gunakan satu tenggeran saja karena akan membuat burung cendet lebih aktif, sehingga bisa membakar lemak dan memaksimalkan proses tumbuh bulu baru.

Demikian tips merawat burung cendek yang tidak memiliki bulu ekor, setelah bulu ekor mencapai panjang maksimal maka perawatan sehari-hari harus ditingkatkan agar cendet tidak lagi berperilaku buruk sehingga bisa merusak bulu ekor.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar