Skip to main content

Cara Mencetak Kenari Dengan Lagu Master Isian


Meski berkesan di asingkan oleh beberapa mainstream event organizer (EO),burung kenari masih memiliki penggemarnya sendiri. Ada kepuasan batin jika kita bisa membuat kenari jadi punya lagu isian yang jauh berbeda dengan lagu asli (standar), mencetak burung kenari itu memang cukup mudah, dengan ketekunan dan kesabaran, burung tersebut bisa menguasai lagu yang diajarkan. Untuk hasil maksimal kenari itu bisa di pilih dari yang baru lepas lolohan atau usianya kurang dari 3 bulan. Pada usia itu kenari memiliki kemampuan untuk mendengar, memahami, dan merekam atau mencerna suara yang didengarnya dengan baik. Begitu kita mendapatkan burung kenari dimaksud, tahap selanjutnya adalah menyiapkan burung yang akan kita buat masterannya.

Burung Masteran yang cukup populer di kalangan penggemar kenari adalah blackthroat, sanger, siskin, gelatik, hingga cililin, setelah mendapatkan burung yang akan di gunakan sebagai masteran tahap selanjutnya adalah pilihan ruangan / spesial khusus untuk melakukan proses pemasteran. Sangat penting bagi kenari untuk berkonsentrasi dan fokus pada suara yang didengarnya, tanpa gangguan. Dengan demikian, proses pemasterannya bisa berlangsung lebih cepat dan lancar.

 1. Waktu Pemasteran
Waktu pemasteran yang tepat adalah pagi, siang, dan sore / malam, dengan rincian sebagai berikut:

 -  Pemasteran di pagi hari setelah kenari dimandikan dan dijemur, yaitu sekitar pukul 08.00 s / d 09.00.
 -  Pemasteran di siang hari dilakukan saat kenari sedang beristirahat (sekitar pukul 13.00-15.00).
 -  Pemasteran pada sore hari dilakukan saat kenari kembali aktif, yaitu sekitar pukul 16.00 s / d 17.30.
 - Pemasteran di malam hari bisa dilakukan jika dibutuhkan pada pukul 19.00.

2. Memaster kenari dengan masteran burung
Teknik memaster kenari dengan burung masteran dilakukan di dalam ruangan khusus, di dalam ruangan harus disediakan tempat untuk mengantang kandang dengan posisi sejajar atau melingkar. Dalam prosesnya nanti kenari berada di tengah burung masteran, selama tahap pemasteran kandang kenari dilapisi dengan kain yang terbuat dari bahan tipis. Bagi si burung masteanr pemberian kerodong harus sesuai dengan kebiasaan atau karakter burung itu sendiri.

3. Memaster kenari dengan mp3 audio
Pemasteran menggunakan rekaman audio / audio mp3 sering dilakukan dengan alasan atau karena tidak mau repot dengan perawatan sehari-hari, Namun ada beberapa kondisi khusus yang harus diperhatikan saat Anda ingin memaster kenari dengan menggunakan perangkat elektronik atau ponsel, yaitu:

 -  Rekaman audio yang digunakan harus memiliki suara yang jelas, rendah, dan suara yang terdengar jelas (tidak dicampur dengan suara burung lainnya).
 - Perangkat yang digunakan untuk memutar audio harus bisa membuat suara sangat jernih (bukan sember), tidak menggunakan efek audio / flat, dan memiliki volume yang bisa diatur kekerasan.
 - Agar hasil master memuaskan Anda bisa memanfaatkan perangkat masteran elektronik khusus yang disebut Sonic Master
Proses pemasteran menggunakan perangkat elektronik / handphone dilakukan di ruangan kecil, tujuannya agar suara masteran terdengar lebih jelas tanpa ada gangguan. Kenari yang akan dimaster gantang di tengah ruangan, entah dalam keadaan dikerodong atau tidak dikerodong.

Perangkat audio ditempatkan tepat di bawah kandang, jarak antara perangkat dan sangkar sekitar 1,5 sampai 2 meter karena pada posisi ini suara dengan volume audio bisa lebih jelas terdengar. Selain itu audio yang digunakan bisa menjadi audio yang dimainkan terus menerus / berulang-ulang, atau menggunakan suara multi-audio yang berisi suara yang terdiri dari beberapa tipe dengan sistim waktu jeda. Pemutaran audio sebaiknya dilakukan dengan volume sedang.

Selama proses pemasteran tidak sedikit kicaumania yang ingin memiliki suara isian penuh dari suara aslinya, untuk itu pemasterannya harus dilakukan secara teratur, dan tidak lagi menggantang dengan kenari lainnya yang akan bisa glender.

Hasil para umumnya hanya terlihat setelah kenari berumur lebih dari lima bulan, saat itulah burung kenari akan rajin mengeluarkan suara ngeriwiknya, jadi kita bisa tahu suara mana yang telah masuk (full field) atau masih tetap mengeluarkan suara aslinya. Meski begitu tahap pemasteran harus tetap dipertahankan hingga 7 bulan karena pada saat itu, kenari akan mulai belajar membuat suara berkicau yang nyaring.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar