Skip to main content

Cara Mengatasi Lovebird Dada Nyilet Karena Keracunan Logam Berat


Ada beberapa jenis racun logam berat yang mempengaruhi burung, namun yang paling umum adalah keracunan seng, timbal dan tembaga. Gagasan seng disini bukan bahan untuk membuat panci atau selokan. Zinc (Zn) adalah unsur kimia yang sering digunakan sebagai lapisan stainless pada batang kandang besi. Keracunan biasanya terjadi bila zat stainless ini telah teroksidasi sebelum digunakan. Bila bahan stainless teroksidasi menempel pada besi, lalu mengering, lalu lovebird sering menusuk remah dan bahkan menelannya, maka itu akan menjadi racun bagi burung tersebut.

Begitu pula dengan timah, yang sering digunakan untuk wire brazing (bahan solder) jika dinding kandang terbuat dari kawat, proses penghubung menggunakan timah, maka perlu diwaspadai kemungkinan keracunan tersebut. Sementara keracunan tembaga sangat langka. Bahan ini terkandung dalam kabel listrik, terutama di bagian dalam, yang merupakan logam oranye-kuning.

Namun, perlu diingat, tidak semua burung di kandang baru akan menjadi keracunan logam berat. Perilaku tusukan batang kandang hanya akan muncul bila burung kekurangan mineral. Hal ini biasanya lebih terlihat pada kekasih perempuan. Setelah merasakan kekurangan mineral, perempuan lovebird sering akan mematuk batang besi atau dinding kawat, lalu menelan remah-remahnya.

Di sinilah gangguan kesehatan yang mengarah ke dada nyilet akan dimulai. Lovebird keracunan logam berat akan menunjukkan beberapa gejala berikut:
1. Burung selalu merasa haus, sehingga konsumsi air meningkat dengan cepat.
2. Burung sering muntah.
3. Burung tiba-tiba tertekan.
4. Burung mulai malas makan, bahkan mungkin tidak mau makan.
5. Kotoran berwarna hijau tua, tidak hijau seperti biasanya.

Apa yang harus dilakukan apabila Burung keracunan logam berat???
Bagi peternak besar, disarankan membawa lovebird Anda ke dokter hewan terdekat untuk mengetahui seberapa parah tingkat keracunan yang dialami burung. Jika kondisi lovebird keracunan tidak begitu parah, Anda bisa membantunya dengan memberi minum air kelapa muda. Jika burung tidak bisa minum sendiri, air kelapa muda bisa diberi makan dengan sendok.

Dalam kasus keracunan yang menyebabkan burung malas atau berhenti makan, mau tak mau Anda harus memberi mereka makan dengan cara membagi-bagikannya. Makanan (termasuk buah) perlu dilunakkan terlebih dahulu dalam bentuk adonan. Yang tak kalah pentingnya adalah penyediaan BirdBlown, untuk membantu penyembuhan saluran pencernaan burung, sehingga sisa sari makanan yang terpapar toksin dan belum tersaring oleh ginjal bisa dinetralkan terlebih dahulu. Lakukan perawatan ini selama 7 hari berturut-turut, sampai nafsu makan burung pulih.

Pengobatan yang terlambat pastinya akan membuat burung kehilangan berat badan, karena burung sudah mulai jarang makan. Jika masih belum segera diobati, maka efeknya mengarah ke dada nyilet, dan menyebabkan kematian.

Bagaimana cara mencegah keracunan logam berat???
Begitu Anda membeli kandang baru, terbuat dari logam atau plastik, gosokkan kawat atau kisi-kisi dengan kain yang dicelupkan ke dalam larutan cuka. Ini akan mempercepat proses oksidasi dan bisa menghilangkan bahan beracun dari seng, timah, atau tembaga. Jika Anda menyimpan lovebird di kandang besi atau plastik, pastikan kebutuhan mineral untuk burung cukup, sehingga burung tidak lagi mencelupkan lapisan cat dan memakannya. Anda bisa menggunakan BirdMineral yang menjamin kecukupan mineral untuk burung Anda. Produk ini bisa diberikan 1-2 kali seminggu.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar