Skip to main content

Beberapa Jenis Buah Yang Mampu Menurunkan Birahi Burung Cucak Ijo


Birahi burung cucak ijo terkadang bisa naik dan juga bisa turun, semua ini bisa mempengaruhi performa baik di rumah maupun di lapangan. Jika birahi burung cucak ijo terlalu tinggi alias over birahi, kita bisa mengatasinya dengan memberi beberapa jenis buah tertentu. Apabila cucak hijau mengalami over birahi maka penampilannya akan menurun, perilakunya mudah berubah ubah, misalnya seekor burung yang pada awalnya jinak menjadi giras. Ada beberapa faktor yang menyebabkan cucak ijo mudah mengalami over birahi, seperti memberi makan serangga terlalu berlebihan, faktor pengobatan, dan umur burung yang telah matang. Mengurangi birahi burung cucak ijo bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari pengumbaran secara teratur sampai mengawinkannya, pemberian buah tertentu juga cukup efektif dalam mengurangi birahi burung cucak ijo.

Sebenarnya banyak jenis buah yang bisa membantu menurunkan birahi burung cucak ijo, tapi berdasarkan pengalaman para pemain cucak ijo setidaknya ada tiga jenis buah yang cukup efektif, yaitu:

1. Belimbing
Buah belimbing merupakan salah satu jenis buah yang banyak digunakan untuk mengurangi over birahi pada cucak hijau, buah ini memiliki kandungan air yang sangat tinggi dan vitamin C yang bisa segera menstabilkan birahi burung. Selain membantu mengurangi birahi burung, belimbing juga memiliki berbagai manfaat lainnya termasuk mengatasi obesitas, antioksidan alami, menyembuhkan suara serak, dan mengatasi radang tenggorokan.

Untuk mengatasi birahi cucak hijau belimbing bisa diberikan dengan cara memotongnya menjadi dua bagian, lalu digantung di dalam sangkar. Beberapa kicaumania lebih memilih memberi belimbing matang karena kadar air dan gula lebih tinggi. Selain itu belimbing juga memiliki daging yang lebih lunak sehingga lebih cepat habis, namun perlu diingat jangan beri belimbing yang memiliki lecet pada kulit, karena biasanya terkontaminasi bakteri.

2. Buah jambu air hijau
Jambu air hijau juga memiliki rasa manis dan asam yang cukup menyegarkan, selain kandungan airnya cukup melimpah buah ini juga kaya akan vitamin (A, C, thiamin, niacin), mineral (kalsium, kalium, besi), serat kasar, dan beberapa senyawa organik seperti jambosine, asam kedaaga, dan lakton.

Jambu air hijau juga efektif dalam mengurangi birahi pada burung cucak hijau, serta manfaat lainnya seperti mengatasi gangguan pencernaan, membuang racun dalam tubuh, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, melawan infeksi jamur, dan menurunkan kolesterol. Cara mengatasinya, gantungkan buah jambu air hijau di dalam kandang.

3. Buah naga
Buah naga berasal dari tanaman kaktus tipe Hylocereus dan Selenicereus yang biasa ditemukan di Amerika Tengah dan Selatan, buah ini juga memiliki kandungan air yang cukup tinggi dan sangat efektif dalam mengurangi birahi burung cucak hijau. Burung yang sering mengonsumsi buah naga juga berpotensi menjadi gacor (rajin berkicau).
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar