Skip to main content

Perbedaan antara SQL, SQL Server dan MySQL


 Apa perbedaan antara SQL, SQL Server dan MySQL? Dalam posting ini saya akan menunjukkan perbedaan antara berbagai teknologi yang menggunakan istilah SQL. Setiap kali saya memulai kelas database di kelas baru, biasanya menemukan siswa yang kesulitan memahami perbedaan antara bahasa SQL dan berbagai database yang menggunakan istilah SQL, seperti SQL Server, MySQL, PostgreeSQL, antara lain. Tapi lalu apa bedanya antara SQL Language, SQL, atau Structure Query Language, adalah bahasa komputasi yang ditujukan untuk aplikasi database, namun SQL bukanlah database itu sendiri. Telah distandarisasi oleh ANSI (American National Standards Institute) untuk operasi di database relasional. Database relasional seperti Oracle, SQL Server, MySQL, DB2, PostgreeSQL, dan lainnya menggunakan SQL sebagai cara untuk mempromosikan akses ke informasi database dan hubungan antara tabel mereka.

Perintah utama dari SQL Language adalah: Create, alter, drop, insert into, update, delete dan select. Tiga yang pertama adalah bagian dari panggilan DDL (digunakan untuk menentukan struktur objek data) dan yang lainnya adalah bagian dari DML (digunakan untuk memanipulasi data dalam objek basis data).

SQL Server
SQL Server adalah database, yaitu perangkat lunak untuk pengelolaan data, yang dikenal dengan akronim DBMS. SQL Server juga merupakan basis data relasional dan menggunakan SQL Language untuk definisi, akses, dan manipulasi data. SQL Server berasal dari Microsoft dan salah satu database terdepan di pasaran.

MySQL
Seperti SQL Server, MySQL juga merupakan sistem manajemen basis data (SGDB), membedakan bahwa ini adalah perangkat lunak bebas, padahal itu adalah perangkat lunak berpemilik. MySQL juga menggunakan bahasa SQL

Apa perbedaan antara SQL, SQL Server dan MySQL?
Singkatnya: bahasa SQL adalah bahasa yang digunakan dalam database relasional, sedangkan SQL Server dan MySQL adalah sistem untuk pengelolaan basis data dan menggunakan bahasa SQL dan karenanya membawa nama SQL.

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar