--> Skip to main content

Persiapan Burung Kacer Sebelum Lomba


Burung Kacer merupakan salah satu burung berkicau yang paling populer di berbagai Lomba burung berkicau, oleh karena itu tidak sedikit orang yang suka memelihara burung kacer. Meski ada juga beberapa orang yang menyimpan burung ini hanya untuk hobi, karena seperti nyanyian burung berkicau dan juga warna bulu burung yang sangat cantik. Tapi bagi anda yang jika anda menyimpan Kacer burung dengan tujuan untuk dimasukkan dalam lomba burung, maka alangkah baiknya jika Anda tahu cara mengaturnya lebih cepat sebelum Lomba. Untuk setting atau perawatan burung Lomba berbeda dengan perawatan burung sehari-hari, biasanya pecinta burung persiapan untuk lomba selama tiga hari atau seminggu sebelum Lomba.

Biasanya pada hari H-7 sebelum Lomba pemilik burung akan melakukan pengaturan kacer juara terhadap burung, dengan lebih hati-hati agar burung itu menjadi jagoan. Karena jika kita melakukan perawatan sehari-hari seperti biasanya sebelum Lomba, maka burung yang Anda miliki tidak akan menjadi juara. Karena biasanya saat Lomba burung Anda bisu atau tidak berkicau, dan faktor burung bisu pada saat Lomba juga banyak.

Persiapan burung Kacer untuk Lomba
Beberapa faktor yang menyebabkan bisu itu sendiri adalah karena faktor mental burung itu sendiri, biasanya burung cenderung tetap diam saat berada di lingkungan baru atau asing. Karena itu alangkah baiknya jika sebelum lomba Anda sedang mempersiapkan mentalitas burung untuk beradaptasi dengan mudah ke lingkungan baru atau asing, maka kondisi burung bisu tidak akan terjadi pada burung Anda.

Selain itu ada juga faktor kicauannya yang menjadi lamban atau tidak beraturan, bisa jadi karena banyaknya burung yang ikut dalam lomba. Karena itu, setingan burung kacer sebelum Lomba sangat penting. Dan bagi anda yang jika belum tahu bagaimana persiapan burung untuk lomba yang tepat seperti itu, maka silahkan saja bagi anda untuk langsung melihat informasi lengkap di bawah ini.

Persiapan Burung Kacer untuk Juara Lomba
1. Mulai dari H-3 pisahkan burung kacer Anda sendiri dari burung lain yang Anda miliki, cobalah jika burung tidak melihat atau mendengar suara burung lainnya. Ini bertujuan untuk melatih mental burung agar lebih baik.

2. H-3 juga Anda harus memandikan burung Kacer secara teratur di pagi dan sore hari, Anda bisa menggunakan semprotan sampai membuat semua bulu burung burung basah. Setelah selesai mandi, beri EF feed jangkrik dengan jumlah minimal 5 ekor secara rutin pagi dan sore hari.

3. Setelah menyelesaikan pakan EF, keringkan unggas selama 1 atau dua jam. Setelah itu burung di anginkan di tempat teduh sampai siang hari saja, lalu masukkan kembali burung itu ke tempat yang telah dijelaskan di atas atau di tempat terpisah dari burung lainnya.

4. Sore harinya Anda bisa lagi memandikan burung itu dengan memasukkannya ke sangkar burung pemandian, dan membiarkan burung-burung itu mandi sendiri. Dan di malam hari, taruh burung-burung di tempat terpisah dari burung lain dan juga kandang burung di krodong agar tidak melihat suasana sekitar untuk semalam penuh.

5. Memasuki H-2, Anda bisa melakukan kembali hal-hal yang telah dijelaskan sebelumnya, hanya untuk waktu pengeringan dikurangi menjadi 30 menit. Karena keesokan harinya burung akan dikeringkan dalam waktu lama.

6. H-1 sebelum Lomba, lakukan aktivitas seperti sebelumnya, tapi pakan burung EF dengan ulat ulat hongkong sebanyak enam ekor beserta juga dengan jangkrik. Satu jam sebelum lomba kicauan burung dimulai, Anda bisa memandikan burung kacer Anda, lalu beri jangkrik EF 6 ekor dan ulat hongkong 15 ekor. Ini bertujuan untuk menjadi lebih banyak burung gacor pada Lomba.

Itulah settingan Persiapan burung kacer untuk lomba, mudah-mudahan informasi tentang persiapan Lomba dari kami dapat membantu Anda-Anda semua. Apalagi bagi anda yang akan mengikuti Lomba burung dalam waktu dekat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar