Mengatasi Burung Lovebird Yang Jarang Ngekek Dan Berubah Galak
Mengatasi Burung Lovebird Yang Jarang Ngekek Dan Berubah Galak

Mengatasi Burung Lovebird Yang Jarang Ngekek Dan Berubah Galak

lovebird jarang ngekek

Sering terjadi kasus dimana Lovebird mengubah tingkah lakunya secara tiba-tiba. Misalnya, burung yang biasanya tenang dan rajin ngekek berubah menjadi suara yang sangat garang dan malas. Tentu hal ini membuat pemiliknya pusing, apalagi kalau burung itu dipelihara untuk dilombakan. Tapi jangan khawatir, bagaimana cara mengatasi Lovebird yang ternyata garang dan jarang ngekek.  Banyak faktor yang menyebabkan burung lovebird jadi sangat garang dan malas berbunyi, Lovebirds yang tenang dan rajin ngekek bisa menjadi galak dan malas. Banyak faktor yang menyebabkan perubahan perilaku pada sejoli menjadi garang dan malas terdengar.

Sebagian besar berkaitan dengan kondisi birahi lebih banyak (OB), penanganannya kurang tepat (seperti terlalu banyak memberikan makanan ekstra / EF yang bisa meningkatkan birahinya), pengeringannya terlalu lama, jarang dimandikan, dan burung stres karena terlalu lama sendiri alias tidak ada teman / pasangan.

Perubahan perilaku tentu sangat mengganggu penampilan, Lovebird yang sengaja dipelihara sebagai master untuk murai batu atau cucak hijau, tiba-tiba jarang ngekek sehingga menghambat proses pemasteran. Kalau itu terjadi pada lomba burung, maka lovebird lebih banyak bermain pada gantangan sehingga bisa mengurangi penilaian.

Inilah cara mengatasi masalah yang sangat sulit dan jarang terjadi :
1. Untuk mengurangi perilaku agresif, gantang burung lebih sering dari biasanya, namun tetap memperhatikan kondisi cuaca.

2. Setelah mandi, pengeringan burung dengan durasi 30-60 menit saja. Pengeringannya bisa menggunakan sangkar umbaran, bisa di dalam kandangnya setiap hari. Setelah itu, pindahkan kandang ke tempat teduh.

3. Pakan utama yang diberikan cukup milet putih, pakan tambahan seperti jagung dan kangkung bisa diberikan beberapa kali dalam seminggu.

3. Sore hari, setelah dimandikan dan diangin-anginkan, kandang dikerodong dan lovebird dibiarkan beristirahat. Jika dibutuhkan, pada malam hari burung bisa menjalani terapi mandi malam, namun harus memperhatikan kondisi suhu dan cuaca pada saat itu.

4. Bagi burung ganas dan malas terdengar karena stres karena terlalu lama sendiri, maka obat yang paling efektif adalah memberi teman atau pasangan. Gantungkan dua kandang berdampingan di malam hari, dan satu sama lain dari pagi sampai siang hari, sehingga burung-burung kembali seperti sebelumnya.

4. Jika Anda tidak memiliki dana untuk membeli lovebird sebagai teman / pasangan, cukup sediakan mainan di kandang.

Begitulah beberapa tip untuk mengatasi lovebird yang garang dan ngekeknya terdengar jarang terdengar. Jika kondisinya bisa pulih seperti biasa, pola asuh harus mulai mendapat perhatian lebih terutama dalam hal memberi makan, mandi dan pengeringan.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Blog Ini Khusus Di Buat Untuk Refrensi Tentang Cara, Tip Dan Trik Perawatan Burung Kicau Dan Salam Satu Hobi Para Kicaumania Sejati.