Penyebab Lovebird Sering Mencabuti Bulu
Penyebab Lovebird Sering Mencabuti Bulu

Penyebab Lovebird Sering Mencabuti Bulu

lovebird mencabut bulu

Perilaku mencabut bulu dapat ditemukan pada semua jenis burung, hanya saja kasus ini sering ditemukan pada jenis burung beo, termasuk lovebird. Umumnya hal ini berkaitan dengan kondisi fisik dan mental burung. Untuk memeriksanya, mari kita lihat pada delapan penyebab lovebird sering mencabut bulunya. Lovebird yang selalu mencabut bulunya sendiri, Jika diteliti lebih jauh ternyata lovebird termasuk jenis burung yang paling sering mengalami masalah ini.

Setelah mengumpulkan beberapa informasi terkait, setidaknya ada delapan penyebab Lovebird yang sering mencabut bulunya, yaitu:

1. Iritasi pada kulit
Iritasi kulit burung bisa menyebabkan gatal berlebihan di sekitar bulu. Kondisinya akan membuat lovebird melakukan apapun yang bisa membuatnya lebih nyaman, mulai dari gigitan, tarik, hingga menarik keluar bulu itu sendiri. Biasanya iritasi kulit disebabkan oleh infeksi parasit (misalnya kutu dan tungau), serta bakteri dan jamur.

2. Iritasi akibat hamparan asap
Iritasi kulit juga bisa terjadi karena burung sering terkena asap. Sumber asap bisa berasal dari asap rokok, memasak, membakar sampah dan knalpot kendaraan bermotor. Penyegar udara yang mengandung alkohol juga bisa menyebabkan iritasi pada kulit burung. Iritasi akan membuat kulit terasa gatal, sehingga burung akan mengatasinya dengan menarik atau mencabut bulunya.

3. Alergi
Lovebird sangat rentan terhadap alergi, terutama jika kandangnya terlalu lembab atau selalu digantung di tempat yang lembab. Dalam kondisi lembab, jamur akan muncul pada pakan sehari-hari seperti biji-bijian dan sayuran. Akibatnya, jika pakan dikonsumsi oleh burung, akan menunjukkan reaksi alergi yang ditandai dengan ketidaknyamanan dan gatal pada kulit atau bulu.

4. Keracunan logam
Keracunan logam yang dialami oleh lovebird sering dikaitkan dengan perilaku mengunyah batang kandang besi. Kebiasaan lovebird mengunyah sangkar yang terbuat dari logam, seng, tembaga, dan timbal juga bisa menyebabkan burung sering mencabut bulu.

5. Masalah hormonal
Masalah hormonal seperti hipertiroidisme (peningkatan kelenjar tiroid) dan penyakit addison juga bisa menyebabkan iritasi dan gatal pada kulit, lalu berujung pada perilaku pencabutan bulu pada lovebird.

6. Kebosanan
Sebagai burung sosial, Lovebird membutuhkan pasangan atau teman bermain dan bersosialisasi. Lovebird yang tinggal sendiri sering mengalami kebosanan. Hal ini bisa memicu perilaku merugikan diri sendiri, seperti mencabut bulu. Untuk mengatasinya, dibutuhkan beberapa tindakan seperti memperkaya isi sangkar dengan berbagai mainan, atau menambah variasi pakan. Yang terbaik tentu saja memberinya teman bermain atau pasangan.

7. Lingkungan ramai dan ribut
Meskipun lovebird termasuk burung sosial dan tinggal menjajah, kandang yang terlalu padat bisa menimbulkan perilaku buruk ini. Selain itu, lingkungan sekitar yang terlalu ramai / bising juga bisa menimbulkan kecemasan pada Lovebird. Akibatnya, burung itu akan melukai dirinya sendiri dengan mencabut bulu-bulunya.

8. Melakukan Penetasan
Di luar tujuh penyebab ini, Lovebird (terutama perempuan) juga sering mencabut bulu mereka sebelum bertelur. Hal ini dapat disebabkan oleh tidak adanya atau tidak adanya bahan tempat sarang, atau mungkin karena  lovebird kekurangan mineral kalsium (Ca) dan fosfor (P).

Karena itu, bagi peternak silahkan cek kondisi kandangnya. Jika bahan sarang cukup, ada kemungkinan defisiensi mineral. Solusi tercepat adalah segera memberikan multimineral lengkap seperti BirdMineral.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Blog Ini Khusus Di Buat Untuk Refrensi Tentang Cara, Tip Dan Trik Perawatan Burung Kicau Dan Salam Satu Hobi Para Kicaumania Sejati.