--> Skip to main content

Terapi Kacer Yang Tidak Mau Ngotot Dan Lambat Panas Saat Lomba


Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Kacer Lambat Panas

Memelihara burung kacer harus siap dengan kondisi kacer tidak mau ngeplay, kurang ngotot, tidak ngedur saat lomba ini pasti dirasakan pada saat awal-awal melombakan burung kacer. Tapi hal ini wajar sebab kita belum paham settingan kacer untuk lomba, Kalau sudah mendapat settingannya akan mudah memolesnya
Perawatan agar kacer tidak mau ngeplay saat lomba Sebelum membahas lebih lanjut ada baiknya kita mengetahui penyebab kacer yang tidak mau ngeplay saat lomba, agar nanti bisa sobat aplikasikan dengan cara sobat sendiri dan sesuai dengan karakter kacer sobat yang belum mau ngobra saat lomba.

Apa saja penyebabnya dan bagaimana menanganinya

  1. Kacer tidak mau buka ekor/ngeplay/ngobra karena kacer kurang power, kacer tidak memiliki tenaga yang cukup atau tidak terlalu siap untuk lomba. Namun sobat memaksakan untuk turun kacer baru rampung mabung, ngurak atau molting settingan EF kacer belum pas dengan karakter burung.

Cara penanganan kacer tidak mau buka ekor karena belum memiliki tenaga yang cukup
  - Bisa di latih dengan sangkar umbaran dan istirahat yang cukup ketika menjelang, lomba burung berkicau selain sangkar umbaran sobat berikan ramuan mengkudu. Mengkudu sangat baik untuk meningkatkan setamina burung lomba, sering di berikan pada burung ciblek tapi melihat segi gizi yang cukup lengkap juga bermanfaat untuk burung lain seperti kacer dan burung lomba lainnya.

  - Tingkatkan porsi penjemuran agar kacer mau ngeplay saat lomba, fungsi dari penjemuran sangat baik untuk meningkatkan setamina burung lomba. Selain itu burung yang sealu di jemur dengan matahari pagi lebih sehat dan fit, sehingga burung akan lebih gacor dan ngeplong.

2. Kacer yang baru rampung molting,ngurak atau mabung tidak akan mau ngobra, karena biasanya kacer kekurangan kalsium pada tubuhnya. Jadi butuh proses untuk mengembalikan kalsium yang terbuang saat proses penumbuhan bulu, rata-rata butuh waktu 2 sampai 3 bulan untuk mengembalikan ke kondisi prima si burung. Jadi jangan tergesa gesa dalam melombakan burung sobat.

3. Settingan EF belum pas pada burung kacer yang membuat burung kacer tidak dapat setabil di saat lomba sedang berlangsung, jadi sebaiknya sebelum menurunkan kacer sobat ke lomba ada baiknya sobat untuk lebih memperhatikan settingan EF pada burung kacer sobat agar ketika lomba burung kacer sobat dapat tampil dengan maksimal.

Terapi mandi sore untuk kacer tidak mau ngobra

 Mandi sore ketika menuju matahari terbenam dipercaya mampu meningkatkan setamina burung kacer, ketika pukul 17-30 ini waktu yang ideal untuk memandikan burung kacer kesayangan sobat. Untuk cara yang ini belum bisa di pastikan 100% berhasil sebab terkadang hanya dugaan atau pada sekian burung saja, tidak semua burung kacer ketika di mandikan sore hari akan meiningkatkan setaminanya. Jadi silakan sobat coba.

Terapi kandang umbaran untuk kacer tidak mau ngeplay saat lomba

 Dari pada cara di atas cara ini memang lebih baik, sebab burung yang di latih terbang akan memiliki fisik yang lebih kuat. Selain berguna agar kacer mau ngeplay saat lomba kandang umbaran juga Sangat baik agar burung sobat selalu bugar dan tidak cepat sakit.

Settingan kandang umbaran minimal P 2meter tinggi 70CM lebar 40CM, pengumbaran sebaiknya tidak terrlalu di porsil.  Jika burung kacer sebaiknya 2 jam pagi dan 1 jam sore ini sudah lebih dari cukup untuk sekedar meningkatkan tenaga kacer ketika lomba.

Pengembunan untuk kacer yang kurang ngotot dan tidak mau buka ekor

 Pengembunan tidak memiliki efek samping apapun dan sangat bermanfaat untuk semua jenis burung berkicau, terkadang untuk kacer yang tidak mau tampil ketika lomba. Burung kacer hanya di embunkan saja tanpa jemur, memang kandungan embun pagi akan hilang ketika terkena sinar matahari tapi jika melihat seggi positifnya matahari pagi kaya dengan vitamin D.

Jadi sebaiknya tetap di jemur sampai jam setengah delapan pagi, karena ketika lewat dari jam itu kandungan embun akan mudah hilang sebab matahari akan lebih panas di jam 8 pagi dan akan terus meningkat hingga jam 2 sore. Dengan konsisten melakukan pengembunan ini akan membuat kacer sobat cepat ngobra,cepat ngeplay cepat ngeplong dan akan ngotot saat lomba.

Pemberian multivitamin dan EF yang cukup agar kacer mau tampil ngegedur dan ngotot ketika lomba

Terkadang kita mengaggap remeh hal ini karena tidak terlalu terlihat perubahanya, dan kita hanya bisa melihatnya ketika lomba burung kacer bisa lebih setabil ngegedur lawan ngotot dari awal hingga akhir. Tentu ini yang sobat inginkankan, jadi pemberian multivitamin yang cocok dengan burung sobat sehingga burung sobat bisa tampil 3 kali dalam satu even karena burung memiliki tubuh yang sehat dan bugar.

Untuk settingan EF sebaiknya di sesuaikan dengan karakter burung sobat, sedikit tamabahan jika kacer sobat lambat panasnya atau telat. Kemungkinan kacer sobat belum di titik birahi yang tepat, sehingga burung sobat hanya main sebentar-sebentar dan akhirnya terlambat panasnya setengah jalan atau mau selesai baru burung sobat panas dan nancep sampai akhir.

Sebaiknya di tingkatkan porsi EF nya agar kacer sobat selalu dalam kondisi siap ketika naik ke gantangan langsung panas dan nancep gas sampai akhir lomba.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar