Skip to main content

Cara Ampuh Untuk Mengatasi Burung Murai Batu Kurang Birahi


Ciri Ciri Burung Murai Batu Kurang Birahi Dan Cara Mengatasi Burung Murai Batu Kurang Birahi

Birahi pada murai batu di perlukan untuk membuat burung menjadi lebih gacor dan ngotot ketika di lombakan maupun di tarungkan dengan beberapa ekor murai batu, tapi bagaimana mengetahui tanda murai batu kurang birahi maupun yang birahinya telah sesuai dengan karakter standard dari murai batu.

Untuk mengetahui ciri murai kurang birahi terlalu birahi dan bagaimana cara mengatasinya.

Ciri Murai Batu Kurang Birahi
1. Murai Batu kurang gacor
2. Murai Btu Kurang fighter
3. Murai Batu Hanya ngeriwik saja dan jarang sekali ngeplong
4. Murai Batu Terlihat tidak bersemangat atau lesu
5. Tubuh Murai Batu terlihat membola
6. Badan Murai Batu Tidak langsing

Ciri yang paling mudah di lihat adalahh tingkat kegacoran burung, bila burung murai batu sobat bersuara hanya sesekali saja kemungkinan besar murai batu sobat dalam keadan kurang birahi. Lantas bagaimana cara mengatasi bila setinggan EF harian sudah cukup tinggi?. jika setingan murai sobat sudah tinggi dan murai batu sobat masih kurang gacor berarti ada sesuatu yang salah dalam pola perawaatan dan pola pemberian gizi yang seimbang untuk murai batu.

Perawatan yang dapat membuat burung murai drop birahi adalah terlalu sering mandi, ini yang paling sering jadi pemicu awal murai batu drop kondisinya. Memang memandikan murai batu ataupun burung lain wajib hukumya, tapi semua itu harus di sesuaikan dengan kondisi si burung juga dengan karakter burung tersebut. Jika saat ini sobat memandikan burung rutin setiap hari tapi murai tidak kunjung gacor, mulailah mengurangi menjadi 3 hari sekali sampai murai sobat terlihat rajin.

Berikut Penyebab dan Cara Mengatasi Murai Batu Kurang Birahi
1. Kurangnya Pengembunan murai batu
Pengembunan bukanlah  hal yang baru dalam dunia burung kicau, tapi entah kenapa masih ada beberapa penggemar yang masih meragukan khasiatnya dan yang terjadi murai lebih mudah terserang stres fisik karena trerlalu kurangnya durasi dan volume yang tidak standar dengan murai  pada umumnya. Jadi pengembunan adalah hal yang bisa di katakan wajib.

2. Murai batu jarang di kerodong
Kerodong di ciptakan untuk membuat burung lebih tenang dan tidak terlalu sering mengeluarkan suara, meskipun terkadang murai batu tetap bersuara meskipun di kerodong tapi masih ada jeda untuk burung murai batu beristirahat karena dalam keadaan gelap. Di siang hari burung murai batu yang selalu di ablak seharian lambat laun akan menurun tingkat kegacorannya, dan dominan ngeriwik karena kelelahan sepanjang hari selalu bersuara.

Jadi pengerodongan wajib di lakukan pada pagi hari menjelang siang setelah bersih-bersih sangkar mandi dan jemur murai batu, guna menjaga kondisi fisik murai batu hal ini  berlaku pada burung murai batu lomba. Untuk rumahan tidak terlalu penting karena bisa mengenjot EF dan vitamin burung

3. Tidak atau jarang memberikan vitamin burung
Tidak bedanya dengan manusia, burung murai batu pun harus di berikan suplemen tambahan khususnya untuk burung lomba. Sebagai atlet kicau di butuhkan kondisi fisik yang prima stabil kondisinya tidak mudah sakit apalagi loyo, tentu vitamin burung akan mengatasi hal tersebut dan menjaga murai batu tetap fit selalu siap tarung birahi yang selalu stabil.

Jadi jangan salah sob jika murai sobat tidak gacor-gacor lantaran perawatan yang tidak memberikan kelengkapan nutrisi untuk burung murai batu.

Kesimpulan
Jika burung murai sobat kurang birahi dan terlihat dari murai sobat kurang gacor, yang pertama sobat rubah adalah pola pemandian. Jjika saat ini memandikan setiap hari apalagi satu hari 2 kali sebaiknya kurangi porsinya mulai dari 2 hari sekali atau 3 hari sekali sampai murai sobat mulai menunjukan suara-suara ngeplongnya. Jika selama ini sobat belum mengembunkan murai sobat, mulailah sejak hari ini mengembunkan murai batu sobat rutin setiap pagi khususnya untuk burung lomba.

Dan lakukan pengerodongan setiap hari di setelah selesai beri EF mandi dan jemur, Pada malam hari murai di buka kerodongnya agar waktu istirahat lebih lama. Vitamin untuk burung murai yang birahinya masih drop berikan vitamin 5 tetes di cepuk minum untuk air 1/4 cepuk, hingga birahi murai naik di tandai dengan lebih rajin bersuara.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar