Skip to main content

4 Penyebab Suara Burung Murai Mulai Serak


Cara Mengobati Suara Burung Murai Serak

Penyeban dan Cara Mengatasi Burung Murai Batu Serak atau Kehilangan Suara.
Murai batu ataupun jenis burung lain dapat kehilangan suara dan penyebabnya beragam, sebelum membahas cara mengobatinya ada baiknya sobat mengetahui penyeebab yang dapat membuat  murai batu sobat menjadi serak. Salah satu penyebabnya adalah pakan yang di berikan  tidak sesuai dengan cuaca pemberian  UH yang terlalu banyak akan menimbulkan radang tenggorokan pada burung kicau.
1. Memberikan Ulat Hongkong di Musim Panas
Pemberian ulat hongkong pada di musim panas memag tidak baik, selain dapat membuat burung murai  over birahi kulit luar yang keras dapat memberikan iritasi pada tengorokan murai batu. Sifat panas pada ulat hongkong juga membuat murai panas dalam, dan akan yang berakhir pada sakit tenggorokan, kurang napsu makan dan beberapa kasus menimbulkan katarak pada murai batu

2. Obat-obatan
Pemberian multivitamin burung sangat di anjurkan, akan tetapi pemberian obat-obatan atau vitamin yang bukan untuk burung tidak membuat burung menjadi fit justru sebaliknya. Penggunaan obat penggacor burung tidak akan stabil gacor, hanya akan menimbulkan mandek di kemudian hari. Jadi penggunaan obat penggacor burung sangat-sangat tidak di anjurkan, lebih baik alami dengan perawatan yang konsisten. Lama kelamaan murai akan gacor dengan sendirinya.

3. Keroto basi
Kios nakal yang tidak mau rugi dengan memberikan keroto yang telah lama dan berbau untuk pembeli, Sobat wajib memeriksa keroto yang akan sobat beli dengan cara memegang dan menciumnya. Jika keroto terlihat menempel dan tampak buruk sebaiknya tidak membeli keroto tersebut, beralihlah ke kios burung yang lain karena dampak terhadap burung tidak baik dan bisa menimbullkan keracunan dan radang tengorokan pada murai batu dan burung lain.

4. Penjemuran Extream
Penjemuran yang ideal pada burung kicau tidak melebihi pukul 10 pagi, karena akan menimbulkan beberapa masalah di kemudian hari.  Bisa over birahi dan juga kematian.  Jika burung tidak kuat panas penting sobat untuk mengawasi ketika sobat menjemur murai batu sobat, agar tidak terlalu lama dan sesuai dengan karakter murai batu sobat.

Cara Mengobati Burung Murai Serak Dengan Herbal
Banyak bahan herbal yang sobat bisa gunakan untuk mengobati murai batu yang serak, seperti daun saga, jahe dan pemberian buah-buahan seperti pepaya yang memberikan efek dingin terhadap suhu tubuh.
1. Pengobatan Herbal Daun Saga
Cara pembuatan daun saga sebagai obat herbal murai batu serak, daun saga memiliki daun yang kecil-kecil jadi petik hingga batangnya beberapa batang di rebus dengan air sesuai dengan kebutuhan sobat. Tidak perlu terlalu kental, setelah perubusan dinginkan daun saga hingga benar -benar dingin berikan kepada murai batu sobat secara teratur dengan cara rutin di berikaan setiap pagi.

2. Pengobatan Herbal Daun Jahe
Tidak berbeda dengan pembuatan ramuan daun saga jahe pun harus di rebus terlebih dahulu dan usahakan tidak terlalu kental yang menimbulkan kerusakan pada tenggorokan murai yang sakit serak jadi encer saja tapi di berikan secara rutin setiap hari

3. Pengumbaran
Pengumbaran di waktu subuh sangat di anjurkan untuk murai yang sedang serak berikan air endapan atau air embun di kandang umbaran hingga beberapa hari murai sobat akan menunjukan kemajuan yang dapat sobat lihat sendiri.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar