Jenis Dan Harga Burung Macaw
Jenis Dan Harga Burung Macaw

Jenis Dan Harga Burung Macaw

Pada artikel kali ini akan di bahas mulai dari cara perwatan burung macaw, jenis jenis burung macaw, makanan untuk burung macaw dan pada akhir artikel terdapat harga pasaran dari burung macaw.

gambar burung macaw

Burung Macaw merupakan burung yang di jual dengan harga yang sangat mahal, harga burung macaw untuk satu ekor mencapai puluhan juta rupiah. Dengan nilai jual burung macaw yang mahal bisa di bilang burung ini merupakan peliharaan yang mewah, jenis burung macaw juga banyak dan perbedaan harnya juga sesuai dengan jenis dari burung macaw itu sendiri.

Burung macaw di jual di situs situs jual beli yang ada di Indonesia, selain juga terdapat di kios kios burung tertentu dengan harga yang bervariasi mulai dari harga yang paling murah sampai harga yang paling mahal.

Burung Scarlet Macaw termasuk salah satu jenis bayan atau burung betet yang memiliki ukuran besar dengan ciri warna merah, biru dan kuning pada bagian bulunya, hewan yang termasuk jenis burung nasional negara Honduras ini asal mulanya dari hutan tropis hijau pada kawasan Amerika Selatan.

Terutama dari Meksiko Tenggara hingga ke hutan Amazon di kawasan Peru, Bolivia serta Brazil. Yang memiliki ketinggian kurang lebih sekitar 500 sampai dengna 1000 meter diatas permukaan air laut, Burung ini juga banyak diternakkan ataupun banyak dibudidayakan untuk perdagangan. Oleh sebab itu habitatnya menjadi semakin terancam.

Jenis Jenis Burung Macaw

1. Blue & Gold Macaw

Diantara jenis-jenis burng macaw, jenis ini merupakan salah satu burung paling populer dikalangan para pecinta burung Macaw. Alasannya, karena jenis burung Macaw Blue & Gold banyak tersedia di petshop. Di Indonesia jenis ini dikenal dengan sebutan araruna atau burung macaw biru kuning.

Sebutan Macaw biru kuning ini karena warna tersebut mendominasi warna tubuhnya. Dengan tubuh sekitar 90 cm, dan biasanya dia tumbuh di padang rawa-rawa atau lubang-lubang pepohonan.

2. Buffon’s Macaw

Jenis ini merupakan jenis Macaw langka yang berasal dari Kolombia, Nikaragua, Kosta dan Equador. Ciri khas dari burung macaw buffons ini terdapat pada jambul di kepalanya yang berwarna merah cerah sehingga akan dengan mudah dikenali.

3. Green Winged Macaw

Nama Green Winged Macaw diperoleh sebab adanya warna hijau bergaris di sayapnya. Jika dilihat secara sekilas, sedikit mirip dengan burung macaw Scarlet. Namun, jenis burung macaw yang ini termasuk dalam jenis burung makau yang langka karena siklus reproduksinya yang lambat.

Dalam 6 tahun sekali, burung macaw green winged ini bertelur dan hanya bisa menetaskan satu atau dia butir telur, dan baru bisa bertelur lagi setelah 9 bulan.

4. Hyacinth Macaw

Kalau kalain pernah nonton film animasi rio? Ada salah satu tokoh bernama blu. Nah tokoh ini diambil dari jenis Hyancinth Macaw. Burung Macaw Hyancinth dianggap sebagai burung langka dan susah untuk dikembangbiakkan karena memiliki sifat yang agresif. Selain itu, jenis ini sulit sekali dijinakkan dengan ukuran tubuh serta kekuatan gigitannya yang keras.

5. Illiger’s Macaw

Kebalikan dari jenis sebelumnya, macaw jenis Illiger’s memiliki ukuran tubuh yang kecil atau mencapai 43 cm. Namun burung macaw illiger’s ini mudah dijinakkan daripada jenis lainnya karena itu peminatnya lebih banyak.

6. Military Macaw

Wajah macaw jenis Millitary jika diperhatikan secara serius nampak tegas karenanya dinamai millitary macaw. Jenis ini mirip dengan Buffon macaw bedanya bentuk kepala burung macaw millitary macaw lebih panjang dengan warna pipi yang merah. Bentuknya sangar dan garang.

7. Noble Macaw

Noble macaw adalah jenis macaw yang juga berukuran kecil. Kadang-kadang disebut dengan macaw berukuran mini karena ukurannya hanya sekitar 300 cm. Kadang-kadang juga disebut dengan nama red-shouldered Macaw, karena burung macaw noble memiliki polat merah dikedua sayapnya.

8. Scarlet Macaw

Scarlet paling terkenal karena pandai memainkan berbagai atraksi. Selain itu, warnanya yang bermacam-macam menjadikan burung ini primadona bagi pecinta burung atau hobbes. Apalagi dikalangan para penangkar, burung macaw scarlet ini paling banyak dicari karena warnanya cerah dan bisa dijinakkan.

9. Severa Macaw

Burung macaw severa jika diperhatikan sekilas maka mirip dengan burung military macaw. Perbedaan yang mencolok terdapat pada jambulnya. Jika jambul milik military macaw berwarna merah, maka jambul severa macaw berwarna hijau. Harga burung ini sekitar 27 jutaan.

10. Yellow-Collared Macaw

Burung Macaw Yellow-Collared diberi nama seperti itu karena warnanya kuning di bagian punggungnya. Selain itu, ada warna lainnya yang dominan yakni warna hijau serta warna putih di bagian mukanya dengan list hitam di kepalanya.

Kombinasi Makanan Burung Macaw yang Sehat dan Tepat

Hal ini dilakukan agar nutrisi yang didapat bisa secara lengkap terpenuhi dan burung tidak bosan sehingga tetap memiliki nafsu makan yang baik. Nah, apa saja kombinasi makanan burung Macaw yang tepat, berikut bahasan selengkapnya:

Variasi Buah dan Sayuran Segar

1. Buah-buahan

Makanan pokok pertama dari burung Macaw ini berasal dari beragam jenis sayuran dan buah-buahan segar. Jenis makanan ini perlu diberikan setiap harinya agar kebutuhan nutrisinya bisa tercukupi dengan baik karena tak ada jenis makanan burung Macaw lainnya yang mampu memberikan nutrisi dan gizi seimbang layaknya buah dan sayur.

Meski begitu, tak semua jenis buah baik dan cocok diberikan untuk burung Macaw. Buah jenis tertentu seperti anggur kurang bagus meski sangat digemari oleh burung jenis ini karena rasanya yang manis sehingga memiliki kadar gula lumayan tinggi.

Sedang, untuk beberapa jenis sayuran yang baik semisal kacang hijau, brokoli, lobak, kentang, wortel, ubi jalar, baik untuk diberikan setiap harinya.

Untuk selingan agar kebosanan tak melanda burung anda, pemberian pakan jagung dan kacang polong bisa diberikan. Akan tetapi jangan terlalu sering karena kadar gula yang dimiliki kedua bahan makanan tersebut juga lumayan tinggi.

2. Pellet Burung

Pellet bisa dibilang makanan praktis untuk burung dengan kandungan nutrisi dan gizi yang lumayan lengkap, terlebih jika burung Macaw yang anda miliki tidak begitu menyukai jenis pakan sayuran.

Untuk pemilihan jenis peletnya sendiri, lebih baik pilih pelet yang tidak memiliki warna tambahan mengingat pelet dengan warna kemungkinan menggunakan pewarna kimia yang kurang baik bagi burung. Warna alami pellet ini biasanya coklat muda hingga coklat tua.

3. Campuran Bijian

Meski burung Macaw termasuk burung berparuh bengkok yang menandakan bahwa mereka jenis burung pemakan biji, tapi bukan berati mereka semua menyukai biji-bijian sebagai makanan hariannya.

Bahkan bagi sebagian burung macaw yang jarang dan tak terbiasa makan biji-bijian akan sangat susah mengonsumsi makanan jenis ini dan sebaiknya dihindari. Tapi untuk burung yang telah terbiasa pemberian makanan burung Macaw berupa campuran biiji-bijian bisa diberikan sebagai selingan buah dan sayur segar.

4. Bubur dan Snack

Pakan selingan terakhir yang baik untuk diberikan pada burung Macaw yakni bubur dan juga snack burung. Kedua jenis pakan ini bisa anda olah sendiri di rumah. Untuk bubur, anda bisa mencampurkan beberapa jenis biji dan sayur seperti gandum, beras merah, jewawut, beberapa jenis sayur yang disukai, dan juga millet. Masak semua bahan menjadi bubur dan sajikan saat masih hangat.

Sementara untuk snack atau camilan burung, pada dasarnya bahan yang digunakan dan cara memasaknya sama, hanya saja setelah jadi bubur, bahan tersebut lalu dioven sehingga jadi snack kering. Pemberian makanan burung Macaw untuk kedua jenis pakan ini bisa diberikan sebanyak dua kali dalam seminggu guna variasi.

Tips Perawatan Burung Macaw yang Benar

Bagi anda yang punya keinginan memelihara burung macaw, berikut ini tips perawatan burung macaw yang baik dan benar:

1. Kandang Burung Macaw

Pada saat burung macau maka kandang untuk macaw paling tidak memiliki lebar kurang lebih 1,5 meter. Kemudian untuk kandanganya tingginya 2 meter. Ini juga merupakan ukuran minimal kandang untuk burung macaw yang besar.

Anda bisa membuat kandang dari kawat halus atau juga besi. Dalam kandang burung macaw bisa dilengkapi dengan tangkringan dari batang kayu yang tidak bergetah.

Sebab jika tangkringannya terbuat dari kayu yang bergetah bisa meracuni burung tersebut jika sering mematuknya.

Pada bagian kakinya bisa dirantai, atau bulu sayapnya di potong sedikit agar dia tidak terbang jauh.

Dan apabila anda memelihara burung macaw lebih baik anda beri makan dalam waktu dua kali sehari yaitu pada saat pagi dan sore. Anda juga bisa memberikan air minum yang juga dalam keadaan baru setiap kali memberi makanan.

Kebersihan makanan dan minuman juga penting untuk anda perhatikan di dalam menjaga kesehatan burung peliharaan anda ini.

2. Mainan Untuk Burung Macaw

Untuk burung Macaw yang kita pelihara juga terkadang merasakan stress, Maka dari itu untuk menjaga psikologis dan juga melatih keterampilannya dalam sehari hari burung Macaw perlu setidaknya 15 menit untuk kita latih dan juga untuk diajak bermain.

Ciri ciri burung Macaw yang mengalami stres dapat diamati dari perilaku burung tersebut.

Misalnya saja seperti susah makan, kerap teriak dengan suara keras dan bahkan burung Macaw bisa mencabuti bulunya sendiri. Dan hal yang seperti ini tidak bisa dibiarkan berlama lama dan harus segera ditangani.

Untuk mengatasi apabila parrot yang kita pelihara tersebut mengalami stres yaitu dengan cara memberi nya mainan yang dapat digigit.

Anda juga perlu mengajak berinteraksi, akan tetapi sebelum Anda beri mainan pastikan terlebih dahulu memberikan mainan yang aman untuk burung Macaw.

3. Mandikan Burung Macaw

Tips perawatan burung macaw selanjutnya yaitu pemandian. Memandikan Macaw harus kita lakukan paling tidak dalam seminggu 3 x atau 2 hari sekali.

Untuk proses pemandiannya cukuplah mudah seperti halnya dengan cara memandikan burung kicau yang disemprotkan pada bagian tubuhnya hanya dengan memakai air bersih biasa tanpa dengan campuran apapun (sabun/shampoo).

Sesudah dirasa jika bulu Macaw basah kuyub, selanjutnya bisa dikeringkan dengan menaruhnya ditempat yang ada sinar matahari lalu anginkan di tempat sejuk.

4. Makanan Burung Macaw

Untuk memelihara burung macaw, makanan sebaiknya diperhatikan. Jenis pakan untuk mereka tergolong mudah.

Karena burung macaw suka makan buah-buahan dan biji-bijian. Namun sebaiknya jangan diberikan buah alpukat ataupun coklat.

Update Harga Burung Macaw Terbaru 2019

Jenis Dan Harga Burung Macaw

No. Jenis Burung Harga Burung
01 Burung Illiger’s Macaw Rp. 15.000.000
02 Burung Severe Macaw Rp. 27.000.000
03 Burung Macaw Blue And Gold Jinak Rp. 35.000.000
04 Burung Green Wing Macaw Jinak Rp. 55.000.000
05 Burung Baby Catalina Macaw Rp. 55.000.000
06 Burung Harlequin Macaw Rp. 65.000.000
07 Burung Macaw Blue Throated Rp. 75.000.000
08 Burung Macaw Scarlet Rp. 99.000.000
09 Burung Macaw Green Wing Dewasa Sepasang Rp. 100.000.000
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Blog Ini Khusus Di Buat Untuk Refrensi Tentang Cara, Tip Dan Trik Perawatan Burung Kicau Dan Salam Satu Hobi Para Kicaumania Sejati.