Burung Cendet Matahari Merupakan Jenis Burung Endemik Yang Di Lindungi
Burung Cendet Matahari Merupakan Jenis Burung Endemik Yang Di Lindungi

Burung Cendet Matahari Merupakan Jenis Burung Endemik Yang Di Lindungi

Burung cendet matahari yang juga sering di sebut burung pendet matahari atau pentet kembang burung langka yang sangat di lindungi. Selain sering di sebut pentet matahari, burung cendet matahari juga kerap di sebut burung cica matahari.

cendet matahari

Burung Cendet matahari maupun spotted crocias( Crocias albonotatus) yang penampilannya sekilas mirip pentet alias cendet, sehingga sebagian kicaumania kita menyebutnya dengan nama cendet kembang maupun cendet matahari. Tapi keduanya tidak ada jalinan kekerabatan, karna cendet terhitung dalam keluarga Lanidae, sebaliknya Burung Pentet matahari tercantum keluarga Timaliidae.

Santapan utama burung Cendet matahari merupakan buah- buahan seperti pisang serta pepaya, mereka pula menggemari serangga kecil semacam jangkrik, ulat, kupu- kupu, katak kecil, serta ikan- ikan kecil.

Perbedaan pentet Matahari dengan Cendet biasa( Lanius Schach) terletak pada rupanya. Pada Cendet Kembang corak bagian sayap serta sekitarnya coklat tua serta ada motif sedikit bergaris di wilayah punggung, dengan iris mata bercorak merah menyala.

Burung Cendet Kembang atau Pentet kembang kerap dijuluki dengan nama Cendet Matahari. Sebab, wujud raga kedua tipe burung itu nyaris sama. Cendet Matahari kerap di sebut Cendet Kembang/ Pentet Kembang oleh warga di sekitaran jawa barat, perihal ini disebabkan kesamaan wujudnya dengan burung cendet/ pentet kembang yang kerap kita amati di pasar burung.

Tidak cuma diamati dari segi penampilan saja, keelokan cendet kembang pula nampak dari mutu suara yang dihasilkannya, agar bisa mendapatkan suara pentet kembang yang khas dan unik, para pecinta burung wajib melaksanakan perawatan dengan teratur serta tlaten. Dalam perawatan cendet matahari tersebut dapat dibilang gampang.

Di Indonesia, burung cendet matahari ialah salah satu tipe burung endemik yang sangat susah ditemukan, apalagi tipe burung ini telah terancam punah keberadaannya. Bersumber pada informasi Bird Life Internasional, daerah persebaran burung ini terbatas di dekat Jawa Barat.

Saat ini masih burung cendet matahari bisa ditemui di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango, namun mulai jarang nampak( sangat jarang) di sebagian kawasan yang dahulu jadi habitat burung ini misalnya di Taman Nasional Gunung Halimun.

Dalam jumlah terbatas burung ini sesungguhnya pula masih dapat ditemukan di sebagian kawasan hutan pegunungan di Jawa serta Sumatera, tetapi sangat disayangkan masih terdapat yang memperdagangkan burung sangat lanka serta telah dimasukkan dalam catatan burung dilindungi di Indonesia.

Habitat Cendet matahari merupakan kawasan hutan tropis serta subtropis, menipisnya populasi Cendet matahari sehingga statusnya saat ini jadi Near Theatened/ NT( Terancam), mungkin diakibatkan maraknya perburuan liar plus rusaknya habitat mereka.

Burung cendet kembang hidup dengan sistem berpasang- pasangan, serta terkadang pula sendirian dan memiliki habitat di hutan rimbun. Suara Pentet Kembang merupakan tipe jenis suara ngeroll panjang serta sangat cocok sekali buat masteran burung murai.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Blog Ini Khusus Di Buat Untuk Refrensi Tentang Cara, Tip Dan Trik Perawatan Burung Kicau Dan Salam Satu Hobi Para Kicaumania Sejati.