Skip to main content

Cara Perawatan Burung Kacer Poci Dari Lolohan Hingga Dewasa


Cara Perawatan Burung Kacer Poci Dari Lolohan Hingga Dewasa – Burung kacer merupakan burung kicau yang mempunyai karakter petarung dan juga burung yang sangat pintar menirukan suara burung kicau lainnya, sehingga banyak pecinta burung yang senang memeliha burung kacer baik untuk burung rumahan maupun untuk burung lomba.

Di samping itu harga burung kacer sampai saat ini masih termasuk stabil baik di antara kalangan kicaumania maupun harga di pasar pasar burung, maka dari itu banyak yang melukan penangkaran burung kacer yang nantinya hasil dari pengakaran bisa di perjual belikan.

Harga Burung Kacer Terbaru 2018
Memelihara burung kacer tidaklah begitu sulit apabila di lakukan dengan telaten, apalagi burung yang kita dapatkan sudah burung kacer dewasa yang artinya kita tinggal melanjutkan settingan pakan burung kacer dari pemilik sebelumnya.

Namun ada beberapa kicaumani yang lebih suka memelihara burung kacer sejak dari lolohan, ini di karenakan pemilik akan mendapatkan kepuasan tersendiri bila burung kacer ini menjadi burung yang memiliki kwallitas suara yang bagus dan juga memiliki mental fighter yang baik.

Merawat burung kacer dari lolohan atau anak burung yang di pisah dari induknya sejak berumur 1 minggu sedikit memerlukan perhatian yang khusus, apabila tidak maka bisa jadi burung akan mengalami kematian karena kekurangan asupan pakan atau factor factor lainnya.

Berikut adalah tahapan tahapan yang harus di lakukan untuk merawat burung kacer sejak lolohan :

1. Memberikan pakan lolohan burung kacer setiap 20 menit

Lolohan burung kacer yang baru di pisah dari induknya harus selalu di berikan makan dengan durasi waktu setiap 20 menit sekali, karena dalam fase ini petumbuhan burung sangat cepat dan memerlukan jenis pakan yang bergizi dan protein tinggi.

Untuk pakan bisa di berikan over ayam yang di kasi air panas untuk membuat makanannya menjadi halus dengan cara mengaduk sampai over benar benar menjadi lunak, setelah itu di campur dengan kroto dengan perbangingan 50 : 50.

Berikan kepada lolohan burung kacer dengan menggunakn sendok kecil atau bisa di buat dari bamboo, dalam umur ini burung belum di sarankan untuk di berikan jangkrik. Lakukan pemberian pakan secara rutin hingga burung berumur 2-3 minggu.

Membersihkan tempat burung
Lolohan burung kacer yang di berikan pakan setiap 20 menit pasti akan selalu mengeluarkan kotoran setiap di berikan pakan, bisa di bayangkan kalau dalam satu sarang terdapat 3-4 anak burung dan tidak di bersihkan kotorannya setiap hari. Kotoran akan menumpuk di sekitar sarang dan juga akan berada di bawah perut lolohan burung kacer.
Apabila ini tidak di bersihkan akan menyebabkan banyak bakteri yang menumpuk di sarang lolohan burung kacer, ini akan menyebabkan burung mudah terserang penyakit dan akan menyebabkan kematian pada lolohan burung kacer.
Oleh karena itu sangat di sarankan untuk selalu membersikah sarang burung kacer setiap harinya, sangat baik di lakukan pada sore hari karena pada malam harinya burung akan merasa nyaman untuk beristirahat.
Mengajarkan Anakan Burung Kacer Agar Bisa Mandiri
Jika anak burung kacer sudah berumur 2 sampai 3 minggu biasanya pada fase ini burung sudah ingin keluar dari sarangnya dan mulai belajar nangkring, pada saat ini pemberiak pakan masih selalu di berikan secara intensif sampai burung benar benar bisa pindah atau melompat dari atas ke tangkringan ke bawah sangkar atau sebaliknya.

Saat burung berumur 3 minggu burung akan mulai menunjukkan prilaku mematuk matuk pakan yang di berikan melalui sendok atau media yang lainnya, pada fase inilah burung di ajarkan untuk bisa makan over sendiri. Caranya bisa di lihat pada artikel : Cara Mengajar Anakan Burung Kacer Makan Voer Sendiri

Mengajarkan Anakan Burung Kacer Makan Voer Total Kering

Jika anakan burung kacer sudah berhasil di ajarkan makan voer sendiri, campuran makanan bisa di rubah yang semulanya perbandingan voer dan kroto 50 : 50 bisa di rubah menjadi 75 : 25 dengan komposisi voer lebih banyak dan hanya di kasi air panas sekedarnya saja agar voer sedikit lembek, berikan campuran ini sampai anak burung kacer sampai berumur 4-5 Minggu dan anakan burung kacer sudah bisa di berikan jangkrik.

Jangkrik bisa di berikan pagi dan sore hari, hitung jumlah jangkrik yang di berikan sampai burung merasa kenyang sehingga untuk keesokan hari kita sudah tau berapa seharusnya kita berikan jangkrik pada anakan burung kacer. Sebelum di berikan jangkrik terlebih dahulu harus di matikan dan semua kakinya di lepas, setelah itu baru bisa di berikan pada anakan burung kacer.

Pada saat anak burung berumur di atas 5 minggu komposisi voer sudah tidak di campur lagi dengan air hangat, burung sudah bisa di berikan voer kering dan tanpa campuran kroto lagi. Untuk kroto bisa di berikan dalam cepuk terpisah.

Memandikan Anakan Burung Kacer

Perawatan lainnya selain pemberian pakan adalah memandikan anakan burung kacer, perawatan ini bisa di lakukan setelah anakan burung kacer sudah berumur 4 minggu atau di mana bulu bulu burung sudah tumbuh semuanya dengan sempurna.

Memandikan anakan burung kacer bisa di lakukan pada pagi hari dan sore hari, burung bisa di mandikan sampai bulu bulunya benar benar basah. Setelah di mandikan burung bisa di berikan jangkrik sesuai sengan settingan yang sudah di tentukan untuk di pagi hari sedangkan di sore hari bisa di berikan kroto satu sendok makan.

Pengembunan dan Penjemuran Anakan Burung Kacer

Penembunan burung di lakukan pada saat subuh atau sekitar jam 5 sampai jam 6 pagi hari, ini biasanya di lakukan pada saat burung sebelum di mandikan. Lakukan pengembunan secara rutin agar burung memiliki stamina yang cukup bagus nantinya.

Penjemuran di lakukan setelah burung di mandikan, burung di jemur dari pukul 7 sampai pukul 8 pagi hari atau kurang lebih selama 1 jam.

Pemasteran Anakan Burung Kacer

Pemasteran bisa di lakukan saat burung berusia 1 minggu atau sejak dari lolohan, lakukan pemasteran dengan menggunakan audio mp3 di siang hari dan di malam hari. Untuk siang hari pemasteran bisa di lakukan dengan masteran burung kicau lainny, namun di saat malam hari anakan burung kacer di master dengan suara audio mp3 selama kurang lebih 1 jam.

Jenis suara masteran biasanya dengan suara yang bertipe keras dan rapat, atau bisa dengan selera dari pemilik burung.

Untuk suara masteran audio mp3

bisa di downlad di link di bawah ini :
 - Masteran Audio Cucak Ijo
 - Masteran Audio Murai Batu
 - Masteran Audio Kacer

Mengganti voer anakan burung kacer

Setelah anakan burung kacer poci berumur kurang lebih 1,5 – 2 bulan voer bisa di ganti ke jenis voer yang memiliki kandungan protein dan omega yang lebih baik, cara mengganti voer bisa di lakukan dengan mencampur voer yang lama dengan yang baru sedikit demi sedikit sampai benar benar total di ganti

Itulah beberapa cara memelihara dan merawat lolohan burung kacer hingga benar benar bisa mandiri, lakukan perawatan dengan rutin seperti pengembunan, memandikan burung, penjemuran, pemberian ef secara teratur sesuai dengan settingan.

Jika di lakukan dengan kesabaran penuh maka hansilnya juga akan sangat memuaskan sesuai dengan keinginan dan akan memiliki kepuasan tersendiri bagi si pemilik burung kacer.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar