Cara Mengatasi Kegemukan Pada Burung Kacer
Cara Mengatasi Kegemukan Pada Burung Kacer

Cara Mengatasi Kegemukan Pada Burung Kacer

angat dianjurkan untuk menyediakan makanan tambahan (EF) yang cukup, didukung oleh penyediaan vitamin khusus untuk burung yang sedang mengalami masa kawin

burung kacer gemuk

Kelebihan berat badan pada burung kacer tidak hanya membuat burung malas berkicau tetapi juga malas bergerak sehingga membuatnya mudah terserang penyakit, selain itu burung cenderung menjadi bingung. Berikut adalah tips untuk mencegah dan mengatasi kegemukan pada burung kacer, sebelum burung Anda menjadi malas berkicau dan mbagong.

Yang perlu diperhatikan ketika burung kacer sedang mabung adalah menjaga keseimbangan nutrisi, jika selama mabung mereka hanya diberi voer tanpa memperhatikan pakan tambahan maka burung kacer mudah gendut setelah selesainya masa kawin.

Sangat dianjurkan untuk menyediakan makanan tambahan (EF) yang cukup, didukung oleh penyediaan vitamin khusus untuk burung yang sedang mengalami masa kawin

Jika sebelum, selama, dan setelah Mabung Burung kacer mendapat perawatan rutin, burung akan mencapai puncak sekitar satu bulan setelah akhir periode kawin. Jika sudah dalam kondisi puncak, burung kacer akan memiliki penampilan maksimal ketika diperlombakan.

Tetapi jika selama mabung tidak mendapat nutrisi yang cukup, maka burung tersebut mudah mengalami kegemukan. Burung akan malas bergerak termasuk malas berkicau dan mbangong, jika burung tidak banyak bergerak maka akan mudah terserang penyakit.

Tips berikut ini diharapkan dapat membantu mengatasi burung kacer yang kelebihan berat badan sebelum kondisinya menjadi lebih parah.

1. Melatih kacer dalam sangkar lebih besar

Melatih burung kacer untuk bergerak lebih banyak tidak bisa hanya dilakukan dengan menggunakan sangkar, anda juga bisa menggunakan kandang lain yang lebih besar dari kandang harian.

Cukup tempatkan satu tempat bertengger di posisi yang cukup tinggi, tempat makanan dan minuman ditempatkan di dasar kandang. Dengan cara itu burung kacer bergerak banyak dan menggunakan otot sayapnya untuk melompat ke atas dan ke bawah kandang. Lakukan ini sampai badan burung kacer terlihat lebih ramping dengan kedua sayap tertutup rapat.

2. Menambah durasi mandi dan jemur

Jika selama ini kacer hanya mandi sekali sehari atau setiap beberapa hari, maka ketika mengalami obesitas bisa ditambah hingga tiga kali sehari diselingi dengan mandi malam 1-2 kali seminggu.

Durasi penjemuran juga perlu ditambahkan, saat di jemur sebaiknya tetap menggunakan kandang yang lebih besar sehingga lebih banyak energi yang dihabiskan.

3. Kurangi jatah voer dan berikan suplemen khusus

Kuota Voer yang biasanya diberikan kepada kacer juga perlu dikurangi, untuk hasil yang lebih efektif Anda tidak boleh memberikan voer saat burung itu setelah dimandikan. Berikan 1-2 sendok makan voer saat burung sedang penjemuran, karena selama penjemuran mereka cenderung minum lebih banyak daripada makan.

Selama waktu itu burung kacer masih diberikan EF dalam bentuk serangga / jangkrik dengan porsi sesuai kebutuhan, untuk mendukung dan mempercepat pemulihan kondisinya burung kacer yang kelebihan berat badan harus diberikan suplemen khusus untuk memecah dan melarutkan lemak di tubuh.

4. Melatih makan buah dan sayuran

Meskipun burung kacer adalah burung pemakan serangga, burung kacer juga bisa dilatih untuk mengkonsumsi buah dan sayuran. Tetapi harus dicatat juga jenis buah yang diberikan karena ada beberapa buah yang berpotensi meningkatkan berat badan.

Buah yang direkomendasikan adalah pepaya dan sayuran bisa dalam bentuk mentimun, brokoli, kacang panjang, labu, atau bengkuang. Cara pemberiannya sayuran dipotong kecil-kecil bisa juga diparut, lalu hasil parutan dicampurkan ke dalam voer.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Blog Ini Khusus Di Buat Untuk Refrensi Tentang Cara, Tip Dan Trik Perawatan Burung Kicau Dan Salam Satu Hobi Para Kicaumania Sejati.