Skip to main content

Rebusan Telur Puyuh Untuk Burung Ciblek Rajin Berkicau


Bagaimana jika burung ciblek di biasakan mengkonsumsi telur puyuh rebus, apakah extra fooding (EF) juga bisa membuat ciblek lebih rajin berbunyi. Fakta telur puyuh rebus berperan dalam meningkatkan kicau burung kenari ini sudah tidak lagi dibantah, bahan pakan ini dipercaya bisa membuat birahi burung kenari meningkat pesat sehingga bisa membuat burung lebih rajin berkicau atau gacor. Inilah yang membuat beberapa peminat burung mencoba memberi telur puyuh rebus ke ciblek dan efeknya cukup bervariasi, ada beberapa ciblek yang menjadi lebih rajin berbunyi dengan suara ngebrennya tapi tak sedikit yang mengaku tidak memiliki perubahan berarti. Telur puyuh rebus juga memberikan manfaat yang signifikan dalam membuat ciblek lebih rajin berbunyi, dalam setiap 100 gram telur puyuh mengandung 13,05 gram protein. Itu berarti kadar protein pada telur puyuh masih lebih tinggi dari kadar protein telur ayam dan telur itik.

Selain itu telur puyuh juga banyak mengandung kolin, zat ini berperan penting bagi perkembangan fungsi otak terutama pada burung muda dan burung dewasa. Dalam konteks ini telur puyuh dapat membantu meningkatkan memori burung dalam merekam suara burung masteran, tidak hanya itu kuning telur dari telur puyuh mengandung senyawa lutein dan zeaxanthin. Kedua senyawa ini adalah pigmen yang memberi warna kuning, burung yang secara rutin diberi pakan yang kaya lutein dan zeaxanthin akan memiliki retina mata yang relatif lebih sehat dan terhindar dari penyakit katarak.

Selain itu burung yang mengkonsumsi pakan kaya lutein dan zeaxanthin yang cukup akan memiliki bulu yang lebih sehat dan lebih berkilau, meski tidak secara langsung berhubungan dengan kualitas suara, burung dengan bulu yang sehat dan berkilau cenderung lebih gacor daripada burung dengan bulu kusam dan berantakan.

Sekarang kembali ke pengalaman beberapa maniak ciblek yang mengatakan bahwa mereka tidak melihat adanya perubahan pada kualitas kicauan ciblek mereka, mungkin masalahnya terletak pada bakalan dari ciblek itu sendiri atau terkait dengan kualitas genetik. mungkin ada beberapa perawatan yang kurang tepat sesuai dengan karakter burung yang dimaksud.

Perhatikan porsi pemberian telur puyuh

Jika Anda tertarik untuk memberikan telur puyuh rebus ke ciblek di rumah, perlu diketahui frekuensi dan porsinya karena telur puyuh juga mengandung lemak. Jika dikonsumsi berlebihan ini bisa membuat burung kelebihan berat badan, efeknya jelas bahwa burung hanya menjadi malas bergerak bahkan malas berkicau sehingga bertentangan dengan niat awal untuk memberi telur puyuh rebus ke burung ciblek.

Karena itu frekuensi pemberian telur puyuh rebus harus 2-3 kali seminggu, sedangkan untuk porsi cukup 1/2 butir dan bahkan hanya bagian kuning telur saja. Di pagi hari burung diberi 1/2 butir dan sore hari juga diberi 1/2 butir. burung pemakan serangga seperti ciblek biasanya menolak saat pertama diberi telur puyuh. Karena itu perlu diperkenalkan dulu dengan mencampur kuning telur ke voer.

Setelah beberapa hari biasanya ciblek akan terbiasa dengan bau kuning telur puyuh rebus sehingga bisa memakannya, jika burung ciblek sudah terbiasa maka kuning telur tidak perlu dicampur voermtapi ditempatkan dalam wadah terpisah. Selain beberapa manfaat di atas telur puyuh rebus juga bisa menjadi makanan alternatif pengganti kroto, apalagi kalau kroto harganya mahal atau susah didapat di pasaran.

Ini adalah cara termudah untuk memberi telur puyuh rebus ke ciblek Anda di rumah. Om Kicau juga telah memberikan panduan bagaimana membuat makanan telur, semoga ciblek Anda lebih rajin berkicau bahkan bisa mengeluarkan suara khas yaitu ngebren.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar