Skip to main content

Pasangan Burung Anis Kembang Supaya Bersuara Ngeplong


Merawat burung anis kembang yang hanya bersuara ngeriwik saja membutuhkan waktu dan kesabaran ekstra, karena tidak sedikit kicaumania yang mengaku burung tersebut tidak pernah ngeplong meski sudah melakukan berbagai upaya perawatan. Sudahkah anda menyediakan burung pendamping untuk bunga anis, ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi anis kembang yang tidak pernah ngeplong mulai dari pengembunan hingga memberi pakan protein tinggi dalam perawatan sehari-hari. Selain itu ada juga yang menyediakan burung pendamping untuk anis kembang bisa langsung ngeplong, solusi lainnya adalah memberikan TestoBirdBooster (TBB).

Jika selama anis kembang ini di pelihara tanpa kehadiran burung lain yang sudah rajin berbunyi, maka sudah saatnya Anda menyiapkan satu atau beberapa jenis burung pendamping karena memancing anis kembang mengeluarkan suara ngeplongnya.

Tapi tidak semua jenis burung peliharaan bisa dijadikan pendamping burung anis kembang, hanya burung yang memiliki karakter suara serupa yang bisa digunakan untuk merangsang burung anis kembang agar mau mengeluarkan suara ngeplongnya.

Beberapa jenis burung yang bisa di jadikan pendamping burung anis kembang adalah :
1. Anis kembang betina dewasa.
2. Kacer.
3. Sikatan biru putih atau tledekan laut.
4. Tledekan biru atau selendang biru.
5. Blackthroat yang sudah rajin bunyi.

Untuk mendapatkan burung pendamping tentu saja harus mengeluarkan biaya yang tidak kecil, apalagi jika burung tersebut sudah rajin berbunyi. Jika Anda belum memiliki rencana pembelian burung solusi yang bisa di lakukan adalah :

1. Menitipkan atau menggantang burung di tempat pedagang burung yang sudah Anda kenal baik.
2. Menempelkannya dengan anis kembang lain milik saudara atau rekan yang sudah ngeroll.
3. Menggantang burung di tempat yang tidak jauh dari lokasi berlangsungnya lomba burung.
4. Meminjam burung betina milik rekan untuk tujuan pengecasan.
5. Memutarkan beberapa audio masteran atau suara terapi yang bisa merangsang burung untuk bersuara kencang.

Jangan lupakan perawatan sehari-hari seperti pengembunan dan pemberian pakan seperti cacing tanah dan kroto untuk burung anis kembang untuk merangsang mengeluarkan suara ngeplongnya saat ditempelkan dengan burung pendamping.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar