Cara Perawatan Burung Tledekan sebelum Dan Saat Mabung
Cara Perawatan Burung Tledekan sebelum Dan Saat Mabung

Cara Perawatan Burung Tledekan sebelum Dan Saat Mabung

perawatan burung tledekan mabung

Meski lebih jarang diperlombakan tidak berarti burung tedekan kehilangan penggemarnya, hingga saat ini masih banyak TL-Mania yang berkomunikasi di berbagai forum untuk berbagi pengetahuan dan pengalaman tentang perawatan tempur tempur yang satu ini. Salah satu hal yang sering ditanyakan adalah bagaimana cara menangani burung tledekan sebelum dan saat mabung, karena burung tledekan sering dianggap sebagai burung yang sulit dalam perawatan termasuk penanganan saat mengalami mabung. Tips kali ini akan membahas masalah tentang mabung pada burung tledekan. Burung tledekan yang gacor hanya bisa didapat jika kita memperhatikan kesehatan dan perawatan sehari-hari termasuk asupan makanan bergizi, penuh vitamin dan mineral, beberapa tledekan mania menganggap ada dua jenis proses mabung pada burung tledekan. Pertama proses mabung secara sempurna dan yang kedua proses mabung secara nyulam, ini bukan masalah jenis burung tledekan tapi masalah individu tledekan karena faktor perawatan sejak piyik sampai bulu rontok.

Ada beberapa proses mabung pada tledekan yang terbagi dalam beberapa tahap yaitu :

1. Ngurak
Periode awal bulu rontol di mana bulu burung dalam keadaan sembrawut tidak beraturan dan ditambah dengan bulu rontok dari bulu kecil yang berada di bawah bulu utama.

2. Ambrol
periode bulu rontok di mana bulu utama termasuk barbule yang merupakan cabang dari barb mengalami rontok total.

3. Mabung
Periode dimana bulu baru mulai tumbuh namun belum sempurna dan sebagian besar masih terbungkus seperti anak bambu yang akan tumbuh (rebung). Istilah mabung juga berasal dari kata rebung.

Melihat pengertian di atas burung tersebut dikatakan bisa menyelesaikan mabung jika semua bulu baru telah tumbuh, sebaliknya situasi menjelang mabung adalah ngurak dan ambrol. Rangkaian proses bulu ini memang menyebabkan perubahan mood dan kondisi fisik burung, tapi mood ini sebenarnya lebih terpengaruh oleh kondisi fisik. Burung yang rontok bulu jelas tidak memiliki perlindungan dari panas / dingin disekitarnya, dalam kondisi normal bulu burung memiliki lapisan lilin dan berfungsi sebagai termoregulator terhadap perubahan cuaca.

Karena selama 3-4 bulan harus menjalani proses alami yang disebut mabung, kondisi fisik menjadi tidak sehat, mental drop, dan cenderung pasif. Bila asupan protein terutama yang mengandung keratin (bahan utama produksi bulu) tidak terpenuhi maka burung akan mengambil protein dari jaringan tubuhnya sendiri.

Berdasarkan beberapa uraian di atas kita akan mencoba menghadapi burung tedekan sebelum, selama, dan setelah mabung agar kondisinya cepat kembali normal. Penanganan yang salah bisa menyebabkan burung gacor menjadi macet bunyi atau bahkan memakan waktu lama untuk bisa berkicau kembali.

Penanganan saat ngurak dan ambrol
1. Tempatkan burung di tempat yang sepi jauh dari aktivitas manusia, usahakan tidak bertemu atau mendengar suara burung sejenis seperti burung murai dan kacer.
2. Lebih baik burung dalam kondisi full kerodong.
3. Tidak perlu dimandikan dulu atau kalau ingin memandikan cukup 1 kali seminggu.
4. Tidak perlu dijemur, jika ingin menjemur maksimal 30 menit dan tetap digantang di tempat yang sepi / tenang.
5. Porsi pemberian extra fooding (EF) ditingkatkan untuk pembentukan sel-sel baru dan pertumbuhan bulu baru, misalnya jangkrik 5 ekor pagi dan 5 ekor sore, 1 sendok makan kroto segar setiap pagi, cacing 2 ekor 3x seminggu, dan ulat hongkong 3 ekor setiap pagi.
6. Voer bisa digantikan dengan voer ayam yang memiliki kadar protein tinggi, jika tetap ingin menggunakan voer burung pilihlah yang kadar proteinnya 12%-18%.
7. Berikan BirdMolt-Pre yang didesain untuk membantu kelancaran proses mabung sejak awal dan efeknya akan terasa dari mabung sampai selesai mabung. BirdMolt-Pre diberikan selama 4-6 hari atau sampai semua bulu utama rontok.

Terapi ini berlaku sejak Anda menemukan bulu-bulu kecil yang rontok di dasar sangkar, hingga bulu-bulu utamanya rontok semua.

Penanganan saat mabung
Prinsipnya sama seperti penanganan saat ngurak dan ambrol, tetapi ada dua hal yang berbeda:

1. Burung jangan dimandikan atau dijemur lagi, karena kondisi fisik burung nggreges.
2. Suplemen yang digunakan bukan lagi BirdMolt-Pre tetapi BirdMolt-Post, selain bisa mempercepat pertumbuhan bulu baru juga mempercepat hilangnya pembungkus pada bulu baru sehingga bulu-bulu cepat memanjang, mengkilap, dan rapi.
3. Sambil menunggu proses mabung selesai inilah saat yang bagus untuk melakukan pemasteran, dengan metode yang tepat di mana suara masteran perlu disesuaikan dengan karakter dan tipe suara burung tledekan.
4. Jika proses mabung selesai bagi yang menggunakan voer ayam pada saat ngurak, maka bisa kembali ke pakan lama yaitu voer burung. EF juga bisa dikembalikan secara bertahap ke setelan harian dan program pemasteran juga bisa dilanjutkan kembali.

Untuk menjaga kondisi fisiknya tetap terjaga biasakan burung diberi multivitamin 1-2 kali dalam seminggu, apalagi dalam kondisi cuaca yang tak menentu termasuk saat memasuki masa pancaroba.
Sekarang Anda sudah bisa menikmati kembali ocehan tledekan di rumah atau jika mau bisa juga disiapkan ke arena lomba.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Blog Ini Khusus Di Buat Untuk Refrensi Tentang Cara, Tip Dan Trik Perawatan Burung Kicau Dan Salam Satu Hobi Para Kicaumania Sejati.