Skip to main content

Cara Sederhana Melatih Mental Burung Cendet Agar Siap Lomba


Melatih mental cendet agar selalu siap gantang / lomba bisa dilakukan sejak burung mulai menunjukkan tanda-tanda gacor atau rajin berkicau, dalam kondisi seperti ini cendet sudah memasuki usia mapan sehingga pelatihan dapat mempertajam dan meningkatkan mentalitas secara konsisten. Ikuti tips sederhana untuk melatih mental burung cendet agar siap untuk gantang, cendet termasuk spesies burung yang sangat aktif. Beberapa cendet muda sering berperilaku buruk terutama jika tidak mendapatkan perawatan yang tepat, tapi setelah tumbuh dewasa / mapan cendet akan menjadi lebih tenang dan lebih rajin berbunyi. Bila sudah dewasa biasanya burung cendet akan lebih rajin berkicau. Saat itulah Anda bisa memutuskan apakah burung hanya untuk hiburan di rumah atau disiapkan sebagai perlombaan burung, jika Anda ingin menjadikannya burung rumaha, tentu saja perawatan sehari-hari harus ditingkatkan. Saat dipersiapkan ke lapangan, maka mental harus dilatih terlebih dahulu.

Melatih mental burung cendet agar selalu siap untuk di gantang bisa dilakukan dengan cara sederhana tanpa proses yang rumit, cara sederhana ini dianggap cukup efektif dan tidak memakan banyak waktu sehingga bisa menjadi alternatif bagi cendet mania di indonesia.

Berikut adalah cara sederhana untuk melatih mental cendet agar siap untuk di lombakan :

1. Selama 1 - 2 hari biasakan menggantung sangkar di tempat yang cukup ramai, menggunakan double kerodong / kerodong ganda, penggunaan kerodong ganda ini dimaksudkan agar burung lebih terbiasa mendengar suara berisik dan berisik.

2. Setelah beberapa hari salah satu kain kerodong di lepas sehingga hanya masih satu kerodong yang transparan.

3. Setelah terapi pengerodongan tahap selanjutnya adalah menggantung sangkar selama beberapa hari di tempat yang ramai dengan tinggi setinggi bahu, tujuannya adalah untuk membiasakan burung dengan keramaian atau hiruk pikuk keramaian dan latihan mental menjadi lebih siap.

4. Pada siang hari kandang digantung di tempat yang sejuk, setelah itu mainkan audio suara cendet yang gacor dengan volume medium, lakukan pemutaran audio selama beberapa menit.

5. Sore hari burung-burung di jemur atau digantung di tempat yang biasa sambil memainkan audio cendet yang gacor dengan volume tinggi, lakukan pemutaran audio selama beberapa menit.

Lakukan proses pemutaran audio selama beberapa hari, selama waktu itu jangan lupakan perawatan sehari-hari lainnya seperti pengembunan dan pemberian makan seperti biasa. Dengan menerapkan metode pelatihan semacam itu, cendet akan memiliki mental yang lebih baik sehingga selalu siap untuk gantang.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar