Cara Melatih Burung Cendet Trotolan Supaya Memiliki Mental Bagus
Cara Melatih Burung Cendet Trotolan Supaya Memiliki Mental Bagus

Cara Melatih Burung Cendet Trotolan Supaya Memiliki Mental Bagus

cara melatih cendet trotolan

Memelihara burung cendet trotolan memberikan kesenangan tersendiri bagi beberapa kicaumania, selain mudah dijinakkan cendet akan memiliki suara lapangan sesuai selera pemiliknya. Bahkan jika  dilatih secara teratur burung yang dipelihara sejak awal akan memiliki kelebihan sendiri dan selalu siap untuk diperlombakan. Berikut adalah tips melatih burung cendet trotolan untuk mental yang baik dan siap di lombakan, faktor terpenting dalam perawatan burung cendet trotolan adalah kesabaran. Merawat burung yang masih sangat muda harus memakan waktu yang sangat lama sebelum burung tersebut siap untuk diperlombakan, jika Anda bisa bersabar suatu hari nanti bisa menuai hasil dari  kerja kerasnya yang sudah di lakukan selama ini. Di pasar burung Anda bisa menemukan burung cendet dalam berbagai kondisi mulai dari trotolan, bakalan muda, burung dewasa hingga burung sudah siap. Beberapa kicaumania lebih memilih burung cendet yang sudah jadi karena mereka hanya melanjutkan perawatan harian, tapi tak sedikit yang memilih cendet trotolan untuk dirawat di rumah.

Ada dua jenis perawatan yang biasanya dilakukan oleh kicaumania dalam menyiapkan burung cendet trotolan sehingga nantinya bisa memiliki mental yang baik dan selalu siap untuk diperlombakan :

1. Pola perawatan umum untuk burung cendet trotolan.

Berikan pakan yang kaya nutrisi setiap hari 
Ini untuk mendukung perkembangannya agar lebih cepat ke tahap dewasa. Pakan bergizi tinggi ini bisa berupa voer berkualitas atau ramuan khusus dibuat untuk burung cendet.

Berikan makanan ekstra kaya protein.
Selain mendukung fungsi pertumbuhannya tambahan pakan yang terdiri dari Kroto, jangkrik, dan ulat hongkong bisa membuat burung menjadi lebih cerdas dan siap dimaster dengan isian lagu, berikan multivitamin seperti BirdVit untuk menjaga agar burung tetap aktif dan meningkatkan kekebalannya terhadap serangan penyakit potensial.

2. Pola perawatan khusus untuk burung cendet trotolan

Penjemuran rutin setiap hari.
Penjemuran pada burung cendet trotolan bisa dilakukan mulai pukul 05.00 atau 05.30 sampai 09.30 atau 10.00, selama burung itu di jemur di bawah sinar matahari kita harus memperhatikan kondisinya. Jika cendet nampaknya mulai gelisah dan sering membuka paruhnya maka penjemuran harus segera dihentikan. Setelah dikeringkan burung cendet dipindahkan ke tempat teduh untuk di anginkan selama 5 menit atau sampai burung bisa beradaptasi dengan suhu ruangan.

Melakukan Pemasteran
Dari siang sampai sore hari (pukul 15.00) cendet dikerodong full, di barengi dengan melakukan pemasteran dengan suara yang tepat. Untuk tahap awal pemasteran Anda bisa memainkan suara dasar seperti burung gereja tarung, jangkrik dan lovebird, jika cendet sudah menguasai suara dasar Anda bisa memasternya dengan isian suara yang kita inginkan. Sekitar pukul 15.00-17.30 kerodong dibuka dan cendet kembali di mainkan suara masteran,

Seperti disebutkan sebelumnya untuk memelihara burung cendet trotolan sampai benar-benar siap untuk di lombakan membutuhkan waktu lama, secara umum burung cendet siap pakai adalah saat burung sudah menginjak usia 1 - 1,5 tahun. Jadi pada masa itu Anda harus sabar merawat dan melatihnya sampai burung memiliki potensi dan kualitas juara.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Blog Ini Khusus Di Buat Untuk Refrensi Tentang Cara, Tip Dan Trik Perawatan Burung Kicau Dan Salam Satu Hobi Para Kicaumania Sejati.