Skip to main content

Cara Mengatasi Burung Lovebird Kegemukan Atau Obesitas


Obesitas atau kelebihan berat badan bisa terjadi pada semua jenis burung peliharaan termasuk  lovebird, bahkan jenis burung ini cukup rentan terhadap obesitas. Lovebird yang kelebihan berat badan pasti akan mengganggu penampilannya, terutama pada saat perlombaan lovebird. Burung jadi kurang aktif dan sering ngeruji. Selain mengganggu penampilannya lovebird yang gemuk pasti tidak enak dilihat karena terlihat seperti burung yang sakit, meski nafsu makan tetap besar kondisi obesitas akan menyebabkan burung kurang aktif termasuk malas bersuara.

Beberapa faktor yang menyebabkan Lovebird mengalami obesitas antara lain :
1. Terlalu banyak makan apalagi jika diberi pakan tidak memiliki kandungan gizi seimbang, di mana terlalu banyak asupan kalori terutama kandungan lemak yang terkandung dalam biji-bijian, kuaci, dan kacang-kacangan.
2. Burung kurang bergerak, biasanya terjadi pada burung yang sering berada dalam kandang sehari-hari.

Sifat Obesitas dari lovebird dapat dilihat dari perilaku dan kondisi fisik berikut :
1. Lovebird sangat rakus makan, tapi cenderung kurang aktif.
2. Kulit di bagian dada, perut, atau pangkal ekornya seperti membengkak dan berwarna kekuningan, yang jika ditekan akan terasa kenyal.

Jika burung terindikasi sesuai dengan point-poin di atas bisa dipastikan lovebird Anda mengalami kegemukan atau obesitas, kalau tidak segera ditangani kegemukan itu bisa menyebabkan masalah lainnya yaitu :

1. Gangguan pernafasan yang membuat burung kurang aktif, malas berkicau, atau suara ngekeknya lebih pendek daripada biasanya.

Untuk mengatasi lovebird yang mengalami kegemukan Anda mesti mengatur ulang pemberian pakannya, dan beberapa treatment lain seperti diuraikan berikut ini:

1. Kurangi pakan bijian dalam perawatannya, lovebird hanya diberikan pakan berupa milet putih saja tanpa kuaci atau kacang-kacangan. Solusi lainnya ganti pakan bijiannya dengan pelet atau voer khusus lovebird / burung paruh bengkok.
2. Berikan sayuran rendah gula dan karbohidrat.
3. Ganti sangkar dengan ukuran lebih luas agar burung lebih leluasa bergerak, terutama apabila tempat pakan disimpan pada posisi lebih tinggi.
4. Dianjurkan pula sering melatih lovebird di luar sangkar dengan catatan jika burung sudah jinak total, solusi lainnya adalah menemparkan lovebird dalam kandang umbaran.
5. Burung harus rutin mandi dan jemur.
6. Berikan BirdSlim yang bisa membantu memecah lemak pada burung kegemuk
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar