Skip to main content

Jenis Buah Yang Dapat Membuat Burung Anis Merah Rajin Berbunyi

anis merah ngeplong

Banyak kicaumania yang ingin melakukan apapun untuk anis merah kesukaannya agar lebih rajin ngeplong, berbagai metode terapi dan pengobatan rutin dilakukan termasuk pemberian pakan jenis yang berguna salah satunya adalah buah. Berikut tiga jenis buah yang bisa membuat anis merah rajin berberbunyi. Selama beberapa dekade anis merah adalah salah satu jenis burung kicauan yang paling populer dan populer di kicaumania di Indonesia. Meski selama ini beredar asumsi bahwa perawatan anis merah memang sulit apalagi ingin tampil konsisten di lapangan, hal itu tidak mengurangi niat kicaumania untuk mempertahankannya. Menjaga anis merah agar suara lebih rajin membutuhkan pola perawatan sehari-hari yang cukup teratur terutama kondensasi, mandi, dan pengeringan. Selain itu, beri pakan yang tepat untuk memikat anis merah yang semakin rajin berbunyi.

Selain memberi makan serangga seperti jangkrik, kroto dan cacing tanah, anis merah juga perlu diberi pakan tambahan berupa buah. Jenis buah yang sering diberikan pada anis merah adalah pisang dan pepaya.

Sebenarnya ada tiga jenis buah yang diyakini bisa membantu membuat anis merah lebih rajin ngeplong. Ketiga jenis buah itu adalah salak, sawo, dan kantil. Mari kita kupas satu demi satu.

1. Buah Salak
Buah salak yang memiliki kulit mirip ular ini sering digunakan sebagai pakan tambahan untuk anis merah. Penyediaan buah salak secara teratur mampu meningkatkan stamina dan nafsu anis merah, yang akan membuatnya lebih rajin berkicau dengan suara nyaring.

Biasanya yang diberikan kepada burung adalah buah yang sudah sangat matang / gembur karena memiliki rasa yang sangat manis. Pemberian itu dilakukan dengan cara menggantungkan buah yang telah dikupas kulitnya di dalam sangkar.

2. Buah Sawo
Sawo juga sangat disukai anis merah, karena rasanya manis dan lezat. Selain membuat kenyang, rasa manis buah sawo diyakini mampu mendongkrak stamina burung. Sekalipun diberi rutin, bersamaan dengan pemberian makanan tambahan lainnya, buah sawo bisa mempercepat proses ngeplong pada anis merah.

3. Buah kantil
Buah kantil atau buah cempaka kini banyak dicari pemilik anis merah di Indonesia. Buah yang terkandung di tanaman cempaka ini diyakini bisa membuat anis merah lebih rajin berkicau dengan suara nyaring. Pilih buah kanti yang sudah matang dan berwarna kemerahan, untuk mendapatkan buah ini tidak terlalu sulit, karena jenis tanaman ini tumbuh liar di pinggir jalan. Padahal tak jarang juga ada kicaumania yang menawarkan buah kantil di berbagai forum kicaumania.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar