Cara Melatih Burung Anis Merah Sejak Bakalan
Cara Melatih Burung Anis Merah Sejak Bakalan

Cara Melatih Burung Anis Merah Sejak Bakalan

anis merah trotolan

Melatih mental burung anis merah bisa dilakukan sejak masih trotolan, pada usia tersebut mental burung bisa diasah sehingga setelah dewasa akan menjadi lebih "ulet" dan selalu siap untuk diperlombakan. Beberapa kicaumania menganggap perawatan burung anis merah itu gampang gampang mudah, asumsi ini dipengaruhi oleh karakter anis merah yang misterius dan sifatnya yang selalu tenang. Jika Anda ingin memiliki anis merah ktahan banting atau tidak mudah stres, carilah burung yang sudah mapan. Atau cari anis merah trotolan, lalu latihlah mentalnya untuk menjadi burung tahan banting yang selalu siap diperlombakan. Melatih mental burung anis merah trotolan bisa dilakukan dengan membiasakan berada di keramaian. Cara yang biasa dilakukan adalah mengantang kandang antara anis merah trotolan lainnya, atau bisa juga di burung kicauan lainnya.

Proses ini bisa dilakukan saat anis merah setelah dimandikan atau saat dikeringkan, lakukan selama 2-3 bulan atau sampai anis merah sudah berani tampil. Penggemblengan mental juga bisa dilakukan dengan membiasakan burung agar mau berbunyi kapan dan dimana saja, dalam hal ini sebaiknya jangan menggantang sangkar di satu lokasi saja, tapi harus berpindah pindah tempat

Cara yang biasa dilakukan adalah menitipkan anis merah trotolan di rumah rekan / tetangga yang kebetulan mempunyai burung sejenis. Atau bisa juga dititipkan kepada para pedagang burung yang anda kenal baik. Untuk melatih secara mental agar terbiasa dengan keramaian, kandangnya di gantang di lokasi yang cukup ramai. Anda juga bisa meletakkan sangkar di lantai / tanah di tempat yang banyak orang lewati, apalagi pada saat akan dikeringkan.

Harus disertai perawatan rutin
Melatih burung Anis Merah apalagi saat masih trotolan, tetap harus ditemani dengan perawatan rutin atau teratur. Berikut adalah beberapa tips perawatan rutin untuk anis merah trotolan.

1. Berikan voer yang memiliki kandungan gizi cukup lengkap, jika tidak yakin, Anda bisa meningkatkan nilai gizi voer dengan menambahkan bahan-bahan bermanfaat lainnya (cek panduannya di sini).

2. Pakan tambahan yang berasal dari serangga harus selalu tersedia, terutama jangkrik, belalang, kroto, dan cacing tanah. Berikan pakan tambahan tersebut secara rutin setiap hari, dengan takaran yang disesuaikan kebutuhan.

3. Berikan multivitamin untuk menjaga kondisi trotolan anis merah sampai berumur dewasa. Misalnya BirdVit yang diberikan dengan cara dilarutkan dalam air minum.

4. Pemasteran dilakukan untuk menambah variasi suara kicauannya. Burung yang mempunyai banyak suara isian cenderung mempunyai mental sangat baik dan bisa tampil dengan penampilan lebih maksimal.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Blog Ini Khusus Di Buat Untuk Refrensi Tentang Cara, Tip Dan Trik Perawatan Burung Kicau Dan Salam Satu Hobi Para Kicaumania Sejati.