Skip to main content

Jaga Stamina Burung Cucak Ijo Dengan Jangkrik Dan Kroto


Banyak cucak ijo mania terutama para pemain lomba, yang lebih memilih jangkrik daripada kroto untuk burung cucak ijo piaraannya. Pasalnya pemberian kroto bisa membuat bulu burung cepat rontok, padahal manfaat kroto tidak jauh berbeda dengan jangkrik. Bahkan jika diberi dosis dan pola perawatan yang tepat bisa memaksimalkan penampilannya. Untuk alasan ini, banyak ijo mania memberi pakan tambahan berupa pisang dan jangkrik setiap hari. Kombinasi pakan ini bisa membuat burung menjadi lebih rajin bersuara, dan bisa mengendalikan birahi. Tapi jika asupan pakan kurang bervariasi, burung juga mudah lamban dan semangat tarung berkurang. Karena itu tambahan pakan / extra fooding harus diberikan lebih variatif. Selain membantu menjaga kondisi, juga bisa meningkatkan stamina burung sepanjang hari.

Salah satu alternatif EF yang baik adalah Kroto, yang sering dihindari oleh ijo mania karena dianggap sebagai penyebab bulu rontok dan over birahi. Sedangkan jika diberi dosis pas, disertai dengan pola perawatan yang tepat, kombinasi Kroto dan jangkrik setiap hari bisa meningkatkan stamina cucak ijo. Akibatnya burung menjadi lebih aktif dan lebih rajin berkicau.

Berikut ini adalah pakan harian cucak ijo, kombinasi jangkrik, kroto, dan pisang kepok putih:

1. Setiap pagi pukul 05.30 burung dipindahkan dari rumah dengan kondisi tanpa kerodong, jika cucak ijo sudah terbiasa di embunkan, maka keluarkan lebih awal.

2. Setelah matahari terbit atau sekitar pukul 06.45 - 07.00, burung dimandikan dengan menggunakan keramba mandi. Bisa juga menggunakan cepuk mandi di dalam kandang. Saat burung di mandikan Anda bisa membersihkan kandang dan perlengkapannya.

3. Setelah mandi burung di anginkan dan untuk sementara diberi pisang kepok dan satu cepuk kroto.
Setelah itu burung dijemur dengan durasi 30-60 menit saja. Penjemuranan untuk cucak ijo yang mengonsumsi Kroto secara teratur sebaiknya tidak terlalu lama, karena bisa membuat bulu cepat rontok. Saat burung dijemur berikan 3 jangkrik. Pemberian jangkrik kembali di siang hari dan sore hari masing-masing 3 ekor.

4. Menjelang siang burung-burung tersebut dipindahkan ke tempat teduh, lalu kandangnya dikerodong full. Jika diperlukan  Anda bisa memasternya dengan burung masteran atau menggunakan master audio.

5. Sore hari pukul 15.00-16.00 kerodong dibuka dan burung bisa dimandikan lagi, ini di lakukan jika burung sudah terbiasa mandi dua kali sehari. Setelah itu burung di anginkan untuk sementara waktu, lalu kembali dikerodong untuk beristirahat atau dimaster lagi.

6. Menjelang sore burung-burung itu dimasukkan ke dalam rumah dan dibiarkan beristirahat sampai hari berikutnya.

Demikian tips menggabungkan kroto, pisang dan jangkrik untuk meningkatkan stamina burung cucak hijau. Setiap burung memiliki karakter pengobatan yang berbeda, namun jika secara kebetulan cucak hijau Anda sangat menyukai kroto, tidak ada salahnya mencoba perawatan di atas.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar