Skip to main content

Cara Terapi Burung Cucak Rowo Yang Macet Bunyi


Meski frekuensi perlombaan di Jawa semakin langka, cucakrowo tetap menjadi burung yang mewah.  Mengingat sejarahnya, cucakrowo dianggap burung mewarh karena suaranya nyaring dan kencang, sehingga bisa terdengar dari jarak yang cukup jauh, dan bisa menjadi simbol status sosial pemiliknya. Namun, bagaimana jika burung kebanggaan tersebut tiba-tiba macet? Ikuti tip dan trik ini. Ada beberapa faktor yang menyebabkan suara macet cucakrowo, dan yang paling umum adalah burung dalam kondisi stres.

Berikut adalah cara sederhana untk mengatasi burung cucak rowo macet bunyi :

1. Buatlah tiang gantangan dengan sistem tali dan kerekan, sebagaimana biasa dilakukan untuk menggantang burung perkutut. Tinggi tiang setelah bagian dasarnya dimasukkan dalam lubang tanah cukup 4 meter saja, usahakan di dekat tiang ada pepohonan rindang, agar burung tidak kepanasan.

2. Gantangkan sangkar burung cucakrowo yang macet bunyi sepanjang hari, selama beberapa hari  sampai ia terdengar berkicau kembali.

3. Burung yang sembuh dari stres biasanya akan memiliki kicauan lebih bagus melalui terapi ini, sebab cucakrowo berkesempatan seperti hidup di alam bebas. Ketika ia mendongak ke atas pandangan mata akan tertuju ke langit biru juga pepohonan rindang. Hasil lebih baik dan lebih cepat akan Anda peroleh apabila sebelum digantang, burung diterapi dulu dengan BirdTwitter. Apabila cucakrowo biasa dipegang, cukup berikan 2-3 tetes langsung ke paruhnya kemudian sangkar digantung di tiang kerekan.

Jika burung tidak terbiasa di pegang, larutkan 5 tetes BirdTwitter ke dalam air 30-50 ml (setara dengan wadah air minum), bisa juga mengoleskan 3 tetes ke Kroto atau buah. Pemberian ini bisa dilakukan selama 3-4 hari berturut-turut, kombinasi kerekan dan terapi obat biasanya akan memberikan hasil maksimal sekitar 4-7 hari, tergantung dari tingkat stres yang dialami burung. Namun perlu diingat tidak semua brung macet suarat akibat mengalami stres.

Ada kemungkinan juga bahwa cucakrowo macet oleh beberapa faktor berikut:
Mental drop setelah mengikuti lomba / latber, baik juara maupun kalah. Burung juara juga bisa drop mental setelah lomba, karena energinya terkuras habis. Jika itu terjadi pada CR Anda, terapi kerekan perlu dikombinasi dengan BirdShout. Selama dan sehabis mabung, cucakrowo juga sering macet bunyi akibat perawatan mabung yang tidak tepat. Jika Anda mengalami kasus seperti ini, terapi kerekan bisa dikombinasi dengan BirdMolt-Post.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar