Skip to main content

Cara Mengatasi Burung Lovebird Yang Ngeruji


Lovebird ngeruji bisa disebabkan oleh beberapa faktor, seperti usia (kurang dari 5 bulan), kebiasaan sejak kecil di sangkarnya, dan di over birahi (pada Lovebird dewasa). Bisa juga terpaksa mengikuti kontes terus menerus. Untuk Lovebird muda (usia di bawah 6 bulan), ini memang berdampak buruk, termasuk meningkatkan perilaku ngeruji. Terapi pakan dan pengobatan (terutama mandi dan pengeringan) dapat membantu mengatasi atau meminimalisasi perilaku ngeruji pada lovebird. "Soal hasilnya, entah cepat atau lambat, setiap burung tidak selalu sama. Selain itu tergantung juga ketekunan kita dalam menjaganya,"

Nah, berikut adalah rincian tindakan yang bisa Anda lakukan dalam mengatasi cinta ngeruji:

 - Untuk sementara lovebird cukup diberi hanya milet putih selama 1-2 minggu. Setelah itu baru diberi jagung, tapi cukup seminggu sekali.

 - Lovebird juga bisa di kasi makan mentimun, 2-3 kali seminggu. Itu kalau burung mau, kalau tidak mau atau tidak biasa tidak apa-apa.

 - Mandi dilakukan secara teratur setiap pagi, sampai menjadi basah. Selama 1-2 minggu, lovebird tidak perlu dikeringkan dulu, tapi hanya dianginkan saja.

 - Setelah 1-2 minggu, burung bisa dikeringkan setelah mandi. Namun di anginkan terlebih ddahulu sampai bulu agak kering, setelah itu kita jemur.

 - Durasi pengeringan meningkat secara bertahap. Awalnya cukup 10 menit, maka setiap hari ditambah 5 menit. Jadi jika hari pertama 10 menit, beberapa hari ke depan bisa ditambahkan ke 15 menit, 20 menit, 25 menit, 30 menit, dan seterusnya.

Pada siang hari, Lovebird tidak perlu dekerodong. Cukup di gantang dalam posisi agak rendah, bahkan dikeringkan di lantai lebih efektif. Yang penting, lovebird tidak melihat burung sejenis (jika dia mendengar suaranya baik-baik saja).

Mengeringkan lovebird di lantai lebih efektif.
Pada sore hari atau setelah pukul 18.00, lovebird di semprot pada bagian  dada sampai agak basah (tidak perlu basah kuyup). Setelah itu dianginkan sekitar 5 menit, lalu langsung dikerodong untuk istirahat sampai keesokan harinya. Selama istirahat malam, burung sementara tidak perlu dberada pada masteran terlebih dahulu, sehingga proses pemulihan bisa lebih cepat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar