Skip to main content

Cara Menaikkan Volume Suara Burung Ciblek


Burung Ciblek memiliki suara tembakan yang cukup lantang,  karena itu para penggemarnya sering menyebut suara tembakan ciblek dengan istilah ngebren. Tapi tidak semua ciblek bisa mengeluarkan tembakan ngebren. Ada juga burung ciblek yang kurang maksimal saat mengeluarkan suara tembakan tersebut, sehingga kedengarannya pelan. Meski burung ciblek pada dasarnya memiliki karakter suara yang nyaring, namun bila tidak mendapatkan perawatan yang tepat dan teratur, maka kekuatan suara cenderung menurun. Untuk mengembalikan kualitas suaranya, sejumlah penggemarnya memiliki berbagai cara untuk meningkatkan volume bunyi ciblek.

Di alam liar, volume burung ciblek akan meningkat seiring bertambahnya usia. Artinya, semakin dewasa, semakin cepat volume suaranya. Tapi ciblek yang dirawat di kandang mudah mengubah volume suaranya, apalagi saat burung tidak mendapat kenyamanan dan perawatan yang memadai. Sebagai panduan, berikut adalah tips untuk meningkatkan volume burung ciblek.

1. Penjemuran secara teratur
Penjemuran harus dilakukan oleh pemilik burung ciblek, pengeringan secara teratur bisa membuat ciblek lebih aktif dan memiliki suara kicauan yang lebih nyaring. Ciblek yang kurang diterangi sinar matahari terlihat dari penampilan kusutnya, dengan bulunya yang mengembang. Suaranya cenderung tidak maksimal. Karena itu, lakukan pengeringan secara teratur setiap hari, dengan durasi yang dibutuhkan.

2. Melakukan pemasteran
Pemasteran yang tepat juga bisa membuat ciblek memiliki suara kicauan yang lebih nyaring. Meski tidak memiliki kemampuan mimikri (meniru suara) serta kicauan burung lainnya seperti cucak ijo. Pemasteran bisa membuat ciblek memiliki variasi irama suaranya. Agar hasil maksimal, dan ciblek bisa berbunyi lebih keras, lakukan pemasteran dengan suara sesuai karakternya.

3. Berikan suplemen atau ramuan
Jika beberapa cara sudah dilakukan, namun volume burung ciblek tetap tidak berubah, kemungkinan sudah menjadi suara bawaan burung tersebut. Tapi Anda bisa mencoba terapi alternatif, seperti memberi suplemen atau herbal.

Burung berkicau yang suaranya tidak maksimal, lamban, atau hanya ngeriwik bisa diberi suplemen seperti TestoBird Booster (TBB). Produk ini juga bisa mengatasi kebisingan burung, tidak ada daya tarung, mental drop, dan untuk meningkatkan daya tahan tubuh.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar