Skip to main content

Cara Membuat Burung Jalak Suren Terbiasa Dengan Berbagai Jenis Pakan

jalak suren trotolan

Burung jalak suren banyak disukai karena memiliki suara yang kencang, bervariasi, dan bisa bergaya, tapi tidak sedikit kicaumania mengeluh burung jalak suren peliharaanya sangat memilih saat diberi pakan. Oleh sebab itu bagi anda yang memelihara burung jalak suren trotolan, mulailah dengan membiasakannya dengan berbagai jenis pakan. Di sejumlah pasar burung dan dalam forum pembelian online, kita bisa mendapatkan burung jalak suren trotolan dengan harga yang relatif terjangkau. Merawat burung jalak suren trotolan cukup memakan waktu dan perhatian, tapi hasil gemilang bisa didapat setelah burung tumbuh dewasa. Burung jalak suren akan memiliki suara lebih kencang , bervariasi, jinak, dan penuh gaya yang tidak membosankan. Namun dalam beberapa kasus ada burung jalak suren yang pilih-pilih, jadi hanya ingin jenis pakan tertentu. Misalnya ada burung jalak suren yang enggan makan ulat hongkong, jangkrik, dan beberapa bahkan tidak ingin memakan pisang.

Bila burung sudah dewasa dibutuhkan kesabaran dan waktu tidak sedikit untuk mengajarinya agar mau mengonsumsi berbagai jenis pakan, jika burung masih trotolan / muda tentu lebih mudah untuk mengajarkannya. Cara mengenalkan burung jalak suren trotolan ke berbagai jenis pakan bisa dilakukan dengan memberikan pakan lengkap selama perawatan, terutama jangkrik, ulat hongkong, kroto, dan pisang.

Berikut adalah cara membiasakan jalak suren trotolan dengan berbagai jenis pakan:

1. Jalak suren yang masih lolohan umumnya diberi pakan berupa voer kering yang dibasahi dengan sedikit air, sebelum diberikan voer harus dicampur dengan kroto bersih dan segar.

2. Setelah itu berikan jangkrik yang sebelumnya di potong kepala dan kakinya, jangkrik diberikan dengan cara dilipat dengan pinset khusus. Sebelum diberikan usahakan membuat burung melihat bentuk jangkrik pertama yang masih utuh, sebelum akhirnya dipotong-potong dan diberikan. Dengan begitu burung bisa mengenali pakannya.

3. Tahap selanjutnya burung diberi voer basah dengan air dan krot, setelah itu perkenalkan dengan ulat hongkong. Lalu beri dengan lolohkan sebanyak 2 3 ekor. Coba ulat hongkong yang disediakan memiliki kulit putih.

4. Cara mengenali pisang, gantung saja buah di kandang lalu di ambil sedikit dagingnya dengan sendok / sendok khusus lolohan. Setelah direndam dalam air bersih lalu berikan ke burung, cara lain yang bisa dilakukan adalah dengan memotong sedikit pisang dimasukkan ke dalam campuran pakan dan dicampur dengan air, lalu diberikan dengan cara di lolohkan.

5. Biasakan burung untuk menerima voer dengan memberi 2-3 butir voer berukuran kasar setiap hari.

Ulangi metode makan di atas setiap pagi dan sore hari, dengan demikian burung jalak suren akan bisa mengenali berbagai jenis pakan sehingga tidak ada lagi pembatasan dalam perawatannya setelah burung tumbuh dewasa. Bila jalak suren masih trotolan, anda bisa melakukan pemasteran secara teratur. Lakukan pemasteran setelah jalak suren trotolan di beri pakan atau saat beristirahat. Pemasteran bisa dilakukan dengan memutar audio mp3 atau sangkar di gantang bersebelahan dengan burung masteran.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar