Cara Membuat Burung Cucak Jenggot Bakalan Gacor
Cara Membuat Burung Cucak Jenggot Bakalan Gacor

Cara Membuat Burung Cucak Jenggot Bakalan Gacor

cucak jenggot bakalan

Merawat cucak jenggot akan membutuhkan perawatan rutin agar lebih rajin berbunyi, ada dua metode perawatan yang biasa digunakan oleh cucak jenggot mania, yaitu standar dan perawatan khusus. Selain harga yang terjangkau, daya tarik burung ini adalah memberikan tantangan bagi mereka yang merawatnya. Cucak jenggot mania umumnya lebih memilih untuk membeli cucak jenggot, kemudian diolah dan dipoles menjadi gacor, bahkan bisa dipentaskan di lapangan. Merawat burung cucak jenggot sedikit lebih mudah daripada kacer dan murai batu bakalan, tapi untuk membuatnya gacor dan rajin berbunyi di perlukan juga perawatan yang konsisten.

Pemeliharaan cucak jenggot bakalan bisa dilakukan dengan memperhatikan kebutuhan sehari-hari, antara lain Merawat kondisi fisik untuk memberi pakan yang tepat. Hal ini diperlukan agar kondisi burung selalu terjaga, jadi tetap aktif sepanjang hari. Pemberian makan yang tepat dapat Merawat stamina dan memancing burung untuk rajin berbunyi.

Untuk Merawat agar kondisi jenggot burung tetap sehat dan aktif sepanjang hari, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan:

 -  Selalu Merawat kebersihan kandang, selain kenyamanan burung, kandang bersih juga bisa mencegah burung dari penyakit.

 -  Mengembunkan cucak janggut bakalan setiap hari, sehingga burung terlihat selalu segar dan memiliki stamina yang prima untuk bergerak sepanjang hari.

 - Mandikan burung setelah matahari terbit, untuk memberi kesegaran dan memancingnya untuk menjadi rajin. Anda juga bisa memandikannya pada malam hari, namun harus memperhatikan kondisi cuaca saat itu.

 - Penjemuran burung di bawah sinar matahari, karena bisa membantu mencegah dan mengusir parasit dari kulit dan bulu. Penjemuran juga bisa membantu meningkatkan stamina tubuh.

 - Selain perawatan di atas, burung cucak jenggot bakalan juga perlu mendapatkan asupan pakan yang tepat untuk membuatnya gacor / rajin berbunyi. Berikut adalah tips untuk menggacorkan burung cucak janggut melalui asupan makanan yang tepat.

1. Voer
Voer atau pellet diperlukan untuk menjaga kondisi burung sepanjang hari, tapi jika cucak jenggot telah bertambah rajin berbunyi, voer harus dikurangi atau tidak berlebihan, apalagi jika disertai dengan tambahan pakan lainnya.

2. Pakan Buah Buahan
Memberi makan buah bervariasi terdiri dari beberapa jenis, buah yang biasa adalah pisang, apel merah, dan sebagainya yang diberikan bergantian setiap hari. Memberi buah secara teratur bisa meningkatkan stamina burung sepanjang hari.

3. Pakan Jangkrik
Jangkrik adalah jenis serangga yang umum diberikan pada burung domestik. Jangkrik diberikan setiap hari dalam jumlah yang bervariasi / kebutuhan yang disesuaikan. Untuk merangsang cucak jenggot agar lebih rajin dalam berbunyi, Anda bisa menambahkan sedikit jahe ke dalam jangkrik sebelum diberikan. Cara ini juga bisa dilakukan saat cuaca dingin / hujan, atau setelah burung mandi malam.

4. Pakan Racikan
Beberapa kicaumania rajin menyediakan pakan racikan / jamu untuk cucak janggut agar lebih rajin berbunyi. Salah satu bahan pakan yang cukup umum adalah parutan apel, kroto, dan telur puyuh.
Advertisement

Baca juga:

Your Reactions:

Admin
Blog Ini Khusus Di Buat Untuk Refrensi Tentang Cara, Tip Dan Trik Perawatan Burung Kicau Dan Salam Satu Hobi Para Kicaumania Sejati.