Skip to main content

Alternatif Egg Food Sebagai Pengganti Kroto Untuk Burung Tledekan


Beberapa peternak burung tledekan sudah lama menerapkan pemberian makanan egg food untuk burung peliharaan mereka, dalam hal ini egg food tetap berfungsi sebagai makanan tambahan pada burung pemakan serangga seperti tledekan atau sulingan, atau bisa dikatakan sebagai pengganti kroto. Jika tledekan bisa kemungkinan besar burung pemakan serangga lain juga bisa, bagaimana dengan burung yang berkicau pemakan non-serangga? Selama ini egg food lebih sering diaplikasikan pada burung kenari, finch, dan keluarga paruh bengkok seperti lovebird, parkit, dan burung pheasant (cockatiel). Bila peternak memberi egg food untuk burung tledekan bukan kroto, sangat menarik untuk diamati.

Konteksnya bukan kita ingin mengganti kroto dengan jenis pakan lainnya, bagaimanapun kroto selalu terbukti menjadi makanan extra-fooding (EF) yang paling efektif untuk burung kicau. Kebanyakan burung berkicau sangat adaptif terhadap telur semut rangrang tersebut, jadi penggunaan egg food disini sebenarnya sebagai salah satu solusi untuk mengatasi kelangkaan Kroto  di musim hujan.

Yang lebih penting tledekan adalah burung pemakan serangga yang murni, dengan demikian beberapa jenis serangga jangkrik, ulat hongkong, dan ulat bambu harus diberikan dalam kondisi hidup untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Karena itu saat membuat egg food, bahan pakan dari serangga tetap disisipkan atau dicampur dengan telur, ramuan ini mampu membuat burung tledekan baik dalam perawatan biasa maupun di penangkaran, menjadi lebih aktif dan produktif.

Berikut Ini Resep Egg Food untuk Burung Tledekan

1. Siapkan telur rebus yang telah di masak lalu ditumbuk halus atau dicampur dengan beberapa jenis serangga, sehingga menjadi butiran lembut. Akan lebih baik jika menggunakan serangga kering, tepung jangkrik instan yang sekarang banyak ditemukan di pasaran juga sangat bagus

2. Jika adonan masih terasa kasar silahkan di haluskan atau melembabkan dengan menambahkan tahu atau susu, Kini makanan olahan telah menjadi bubuk dan bisa langsung diberikan ke tledekan sebagai pengganti kroto, apalagi saat kita sulit mendapatkan kroto di pasaran.

Melihat kandungan nutrisinya yang relatif seimbang dengan Kroto, kemungkinan besar jenis burung pemakan serangga lain juga bisa mau memakan campuran ini. Mungkin Anda ingin mencobanya sebagai makanan tambahan, dan bukan sebagai pengganti kroto.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar