Skip to main content

Penyebab lovebird atau burung lain berdada nyilet


Bobot tubuh lovebird umumnya berkisar 45-55 gram. Jika di atas atau di bawah kisaran tersebut, burung tersebut dianggap gemuk atau kurus. Jika berat badan berkurang 10-20%, tulang dada akan terlihat menonjol dan sering disebut dada nyilet atau terkadang juga disebut tulang payudara menonjol. Tidak semua Lovebird dada nyilet karena malnutrisi, karena banyak juga yang menyebabkan penyakit. Jika tidak segera di atasi, si kurus lovebird akan mengarah ke dada nyilet.
Artikel ini secara khusus membahas faktor-faktor yang menyebabkan Lovebird menjadi kurus, sehingga tulang dada menonjol, seperti dibungkus kulit. Apapun penyebabnya, dada nyilet dengan jelas menunjukkan bahwa burung tersebut mengalami masalah kesehatan, baik malnutrisi, penyakit, maupun penyebab lainnya.

Meski artikel ini lebih tentang lovebird, beberapa juga berlaku untuk banyak spesies burung lainnya, baik dari keluarga nuri dan non-burung beo, termasuk berbagai kicauan burung. Jika artikel ini lebih menonjolkan lovebird, karena saat ini banyak peternak lovebird yang mengeluhkan masalah ini.

Secara umum tonjolan tulang dada di lovebird terjadi karena banyak massa otot hilang (atrofying). Ini adalah efek langsung dari penurunan berat badan secara bertahap (karena kekurangan gizi) atau mendadak (penyakit). Jika tidak segera diatasi, sebagian besar lovebird akan berakhir dalam kematian, namun beberapa bisa bertahan lebih lama, tergantung penyebabnya.

Sebelum terjadi sesuatu yang tidak terduga, terutama pada pembiakan lovebird, setiap peternak dianjurkan untuk memiliki alat timbang digital (gram unit) yang memiliki dua digit di belakang koma (saat ini berharga sekitar Rp 150.000). Tujuannya agar bisa menimbang burung yang dicurigai akan mengarah ke dada nyilet.

Kisaran berat ideal lovebird sebenarnya sangat relatif, karena ada juga yang menyebutkan 40-60 gram. Dengan membiasakan beban pada individu Lovebird di penangkaran, Anda dapat menciptakan rentang ideal Anda sendiri di tempat Anda. Dari berat ideal ini, Anda bisa menentukan apakah si Lovebird kelebihan berat badan (gemuk), kurus, atau sangat kurus (dada nyilet).

Jika berat badan berkurang sekitar 5-10%, lovebird bisa dikatakan kurus. Tapi jika berat badan mencapai 10-20%, atau bahkan lebih, Anda harus segera melakukan tindakan, seperti yang akan dijelaskan secara rinci dalam artikel ini.

Intinya, bila penurunan berat badan Lovebird mendekati 10%, Anda harus segera bertindak. Apalagi jika disertai gejala klinis lain seperti perubahan warna kotoran, diare, muntah, burung tidak mau makan, perubahan warna bulu, bulu berantakan, lendir dari lubang hidung (nares), dan sebagainya.
Dalam beberapa kasus, nafsu makan burungnya masih bagus, namun tubuh tetap kurus dan  nyilet. Dalam banyak kasus, lovebird yang mengalami dada nyilet tanpa perawatan berakhir pada kematian.

Penyebab lovebird menjadi kurus terhadap dada nyilrt sangat banyak,  berikut beberapa pemetaan penyebabnya sebagai berikut:
1. Masalah pakan, baik dalam kualitas (gizi) maupun kuantitas (porsi).
2. Burung Gondok
3. Keracunan bahan logam berat
4. Masalah dengan paruh
5. Gangguan Parasit:
    - Giardia
    - Cacing gelang
    - Tungau kulit
    - Lalat dan kutu
6. Penyakit menular disebabkan oleh bakteri, virus, dan jamur. Beberapa penyakit yang sering mempengaruhi penurunan berat badan lovebird antara lain:
    - PDD (Penyakit Dilatasi Proventrikular)
    - Psittacosis
    - Aspergillosis
    - TB burung (avian tuberculosis)
    - Candida / kandidiasis
    -  Polyoma / Avian Polyoma
    - WNV (Virus Nil Barat)

Salah satu penyebab dada nyilet lovebird adalah malnutrisi burung. Mungkin Anda protes, "Baiklah, saya sudah memberinya makanan bergizi Mengapa dadanya agak nyilet?". Mungkin Anda sudah menyediakan makanan bergizi, tapi apa dampaknya jika burung tidak mau memakannya, atau mau makan tapi dalam jumlah kecil?
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar