Skip to main content

Cara Mengatasi Lovebird Dada Nyilet Karena Kurang Gizi


Salah satu penyebab dada nyilet lovebird adalah kurangnya asupan gizi pada burung, Mungkin Anda protes, "Baiklah, saya sudah memberinya makanan bergizi Mengapa dadanya agak nyilet?". Mungkin Anda sudah menyediakan makanan bergizi, tapi apa dampaknya jika burung tidak mau memakannya, atau mau makan tapi dalam jumlah kecil? Jadi, faktor nafsu makan burung juga penting diperhatikan

1. Perhatikan nafsu makan burung
Perubahan mendadak pada jenis makanan ke lovebird bisa menimbulkan masalah bagi pemilik atau peternak, karena burung tersebut akan kehilangan nafsu makannya. Meski niatnya untuk mengubah diet adalah untuk meningkatkan kualitas nutrisi, segala sesuatunya harus dilakukan secara bertahap. Tidak diperbolehkan mengubah jenis pakan secara tiba-tiba.

Misalnya, Anda ingin mengganti merek biji bunga matahari menjadi merek B yang dianggap lebih baik, maka penggantinya harus dilakukan secara bertahap. Pada minggu I, misalnya, memberi merek 75% merek A + 25% B. Di minggu kedua, berikan 50% A + 50% B. Minggu depan, 25% A + 75%, sampai akhirnya di minggu IV bisa jadi diberi 100% merek B.

Begitu pula saat Anda ingin mengenalkan jenis buah atau sayuran yang belum pernah diberikan kepada sang Lovebird. Pemberian tetap harus dilakukan sedikit demi sedikit. Karena lovebird termasuk burung pintar dan memiliki preferensi (preferences) terhadap jenis pakan tertentu. Jika dia sudah menikmati jenis pakan tertentu (meski dengan kualitas gizi rendah), penggantian pakan secara tiba-tiba akan membuatnya kaget dan malas makan.

Penurunan nafsu makan pada lovebird juga bisa disebabkan oleh faktor lain, dan ini perlu diperhatikan juga. Misalnya paruhnya atau lidah burung yang terluka, ada celah di tulang pipi, infeksi pada saluran pernafasan dan / atau pencernaan, dan seterusnya.

2. Burung kekurangan gizi
Jika nafsu makan baik, tapi pakan yang diberikan kurang bergizi, burung pada akhirnya juga akan kurus. Jika kondisi seperti ini dibiarkan berlarut-larut dalam waktu lama, pastilah dada lovebird akan menonjol.

Jika Anda belum tahu jenis makanan bergizi untuk Lovebird, silahkan cari referensi dari berbagai sumber, untuk kebutuhan nutrisi inti biasanya sudah terpenuhi melalui pakan biji-bijian dan beberapa sayuran. Tapi untuk kecukupan vitamin dan mineral, tidak bisa hanya mengandalkan bahan pakan, jadi perlu didukung dari luar.

Solusi terbaik adalah tidak lain dengan memberi multivitamin secara rutin (misalnya BirdVit, 2-3 kali seminggu) dan multimineral (BirdMineral, 1-2 kali seminggu) pada Lovebird Anda.

3. Burung bersaing untuk mendapatkan pakan
Ini hanya berlaku untuk sejoli yang disimpan di dalam satu kandang koloni, untuk mendeteksinya, cobalah mengamati perilaku pemberian makan burung di kandang koloni. Jika ada burung yang selalu terganggu oleh burung lain (biasanya dialami burung kecil), segera pisahkan dan dipelihara di kandang terpisah. Lebih disarankan memelihara burung dengan ukuran dan / atau umur yang sama, untuk menghindari persaingan dalam mendapatkan makanan.

4. Porsi pakan terlalu kecil
Kasus ini jarang terjadi, tapi perlu diungkap sehingga teman kicaumania yang belum tahu smenjadi tahu. Lovebird dewasa mengkonsumsi rata-rata 45-60 gram pakan. Jumlah ini perlu dibagi untuk jenis pakan yang diberikan. Misalnya, 75 - 80% pakan utama (butiran), sisanya (20 - 25%) sayuran dan buah-buahan.

Pakan biji masih disortir berdasarkan jenisnya, misalnya 45% millet, 30% bibit kenari, 15% biji bunga matahari (kwaci), gandum 5% (gandum), rami 3% dan biji niger 2%. Persentase masing-masing butir tidak dihitung dari total pakan, namun total pakan gandum adalah 75 - 80% dari total pakan.

Dengan demikian, makanan tambahan (EF) dalam bentuk buah dan sayuran (misalnya kangkung, brokoli, sawi, jagung muda, taoge, dan wortel) memiliki porsi 20-25% dari total pakan. Anda bisa mengaplikasikan sistem rotasi sayuran / buah yang diberikan, tapi bisa juga mencampur beberapa jenis sayuran dan buah dalam satu wadah.

Menu EF model campuran ini dapat membantu Anda dalam mengamati jenis lovebird umpan yang disukai, karena akan menunjukkan sayuran dan buah mana yang habis, dan mana yang tersisa. Hal ini dapat diamati dalam beberapa hari, sehingga Anda dapat membuat kesimpulan Anda sendiri tentang EF pilihan. Dengan beragam jenis pakan, nafsu makan burung juga akan terpelihara dengan baik.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar