Skip to main content

Hybrid Cloud: Meningkatkan Bisnis dalam Model Baru

Fakta bahwa komputasi Cloud telah menjadi salah satu solusi dengan pertumbuhan tercepat bagi perusahaan besar. Meskipun beberapa orang mungkin berpikir bahwa tujuan utama cloud adalah membuat data tersedia dari manapun, hal ini tidak terlalu penting bagi perusahaan dengan arus data yang besar. Ini pada dasarnya membantu mengurangi beban kerja di server, memberikan pembacaan dan penulisan lebih cepat dalam arti bahwa semua data yang diakses digunakan pada beberapa server yang dirancang khusus untuk pemeliharaan data. Tentu jika tujuannya adalah untuk mengurangi beban kerja server data, penggelaran server cloud dalam jaringan pribadi tidak akan menjadi ide yang terbaik. Solusi yang lebih baik adalah menggunakan Cloud publik yang disediakan oleh perusahaan IT yang mengkhususkan diri di bidang ini. Tapi menggunakan server cloud publik menimbulkan isu penting yang telah dikaitkan dengan cloud sejak jeda yang besar, yaitu keamanan. Bagaimana data sensitif bisa dipercaya ke server cloud publik? Solusi untuk masalah ini adalah Cloud hibrida.

Apa itu Cloud hibrida?
Hybrid cloud adalah gabungan platform cloud pribadi dengan penyedia cloud publik. Gagasan di balik penerapan ini adalah memasukkan informasi sensitif di Cloud pribadi, sambil menempatkan semua data dependen lainnya ke Cloud publik. Komunikasi antara dua ditangani melalui saluran terenkripsi, sehingga memastikan bahwa semua informasi yang mengalir aman. Hybrid juga membantu mengurangi waktu respon. Jika semua data berada di jaringan publik yang ditangani oleh ISP, arus informasi tentu akan jauh lebih lambat, karena akan perlu melakukan perjalanan lebih jauh ke depan dan ke depan.

Siapa yang butuh Cloud hibrida?
Jelas bahwa menerapkan Cloud hibrida ke infrastruktur perusahaan adalah tugas serius yang harus dilakukan. Dan semenarik dan bagus tampilannya, tidak setiap perusahaan membutuhkannya. Hybrid cloud tentu saja ditujukan pada perusahaan dengan beban kerja tinggi yang mungkin akan meningkat bahkan pada waktu-waktu tertentu dalam setahun.

Misalnya, beban kerja situs perusahaan ritel konsisten sepanjang tahun, tapi akan sangat tinggi selama musim liburan, saat semua orang mulai memesan. Ini adalah saat Cloud hibrida merupakan implementasi yang hebat, karena sumber dayanya akan digunakan selama musim liburan, namun perusahaan tidak perlu berinvestasi di datacenter swasta besar untuk bekerja sepanjang tahun, karena tidak akan diperlukan.
Keuntungan Cloud hibrida
Keunggulan utama dari cloud hybrid adalah:
Skalabilitas
Keamanan
Mengurangi biaya TI
Mengurangi beban kerja di pusat data

Keuntungan terbesar Cloud hibrida adalah skalabilitasnya. Dengan Cloud hibrida, perusahaan tidak perlu mengubah infrastruktur jaringan untuk meningkatkan datacenter mereka, karena tidak berada di jaringan pribadi mereka. Ini sangat penting karena banyak perusahaan mungkin perlu mengeluarkan datacenter mereka, namun menghindar karena adanya perubahan yang mungkin diperlukan untuk mencapainya, membutuhkan investasi dan waktu kerja yang lebih besar.

Aspek lain dari skalabilitas hibrida adalah data bisa berada dimana saja, yang dapat membantu membidik bagian-bagian tertentu di dunia karena hukum, keamanan atau kecepatan. Keuntungan lain dari teknologi ini adalah seperti yang disebutkan di atas, menggunakan sumber daya kapanpun dibutuhkan. Jika perusahaan perlu memiliki beban kerja yang lebih besar hanya pada waktu-waktu tertentu dalam setahun, mengapa menghabiskan sumber daya untuk membangunnya secara pribadi dan menggunakannya sebagian, sehingga memberikan investasi yang tidak perlu, kapan Anda dapat memperoleh bantuan Cloud hibrida kapan pun dibutuhkan.

Dan keamanan terakhir adalah keunggulan inti dari cloud hybrid. Sementara Cloud publik tradisional bukanlah solusi optimal untuk memasukkan informasi sensitif, karena hibrida menghubungkan data pribadi dan publik, data dipisahkan antara dua, sementara dapat berkomunikasi, yang memecahkan masalah dengan keamanan dan keseimbangan beban kerja.

Kesimpulan
Semua kelebihan dan keluwesan Cloud hibrida ini menjadi pilihan tepat bagi perusahaan dengan data besar. Meski agak menjadi solusi baru, perusahaan teknologi percaya bahwa hibrida adalah cara untuk pergi. Analis TBR's Software & Cloud Practice laporan Allan Krans menunjukkan bahwa 24% perusahaan yang melihat ke dalam pembelian Cloud, berpikir untuk melakukan hibrida terhadap 19% untuk umum dan 16% untuk pribadi. Tingkat adopsi Cloud hibrida untuk Amerika Utara adalah 21%, sedangkan untuk Eropa adalah 23%. Pada mulanya jumlahnya terlihat kecil, namun sangat menjanjikan pendekatan yang relatif baru terhadap teknologi lama.

Apakah Anda ingin tahu lebih banyak tentang Cloud hibrida? Hubungi kami dan dapatkan konsultasi gratis untuk memahami bagaimana hal itu dapat membantu bisnis Anda tumbuh dengan cara yang lebih cepat dan aman dan tidak akan mengganggu infrastruktur Anda saat ini.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar