--> Skip to main content

Cara Perawatan Burung Kacer Untuk Pemula


Apa yang kamu inginkan setelah membeli burung Kacer? Apakah Anda ingin mendengar suaranya atau hanya ingin mempertahankannya? Tentu saja semua mania berkicau ingin mendengar suara burung Kacer yang berminyak. Namun, tidak semua kicauan mania bisa mencapai keinginan itu. Pasalnya, untuk membuat Kacer cepat gacor, butuh usaha, perawatan, kesabaran, waktu, dan modal yang tidak sedikit. Meski begitu, dari semua faktor yang bisa membuat burung Kacer cepat gacor, Anda bisa memilih salah satu faktor terpenting, yakni perawatan. Perawatan leher burung sangat penting, terutama bagi pemula. Mereka yang baru membeli Kacer harus mengerti bagaimana merawat burung Kacer dengan cepat. Jangan hanya memberinya makan dan membersihkan kotoran. Ini tidak akan membantu membuat pelari cepat Kacer.

Lantas, apa yang bisa membuat Kacer cepat gacor? Untuk membuat Kacer burung gacor cepat, Anda harus melakukan serangkaian perawatan sehari-hari. Semuanya dilakukan secara bertahap dan rutin untuk hasil maksimal. Alih-alih mengatakan panjang, mending kita langsung membahas bagaimana merawat Kacer dengan cepat gacor.

1. Pemilihan gender Kacer
Burung Kacer yang bisa mgacor hanya burung jantan, karena itu Anda sebagai pemula harus mengerti bagaimana memilih burung Kacer jantan.

Karakteristik jenis kelamin Kacer jantan
Bentuk kepala Kacer terlihat lebih persegi atau sedikit lebih rata.
Burung Kacer Jantan berwarna hitam di bagian atas dan bawah. Selain itu, ukuran tagihan biasanya pendek.
Lidah Kacer Trotolan memiliki 1-2 titik hitam atau blackspot.
Bulu belakang dan sayapnya hitam, agak jet.
Posturnya lebih ramping, bidang dada lebih banyak, dan jika berdiri terlihat lebih kokoh. Nantinya, saat dewasa, postur tubuh Kacer akan terlihat lebih membulat.
Dalam posisi diam, ekor si Kacer jantan akan terlihat lebih padat, tak lepas.

2. Makan dan minum Kacer
Umpan terbaik untuk Kacer terbagi menjadi dua, yaitu pakan alami dan pakan buatan atau campuran. Makanan alami Kacer cukup beragam, seperti jangkrik, belalang, orong-orong, kroto, bambu ulat, ulat Hong Kong, dan cacing tanah. Misalnya, beri 2-3 butir jangkrik di pagi dan sore hari. Sementara itu, ulat Hong Kong hanya 1 sendok teh setiap tiga hari sekali. Sementara itu, pakan buatan adalah voer dan sejenisnya. Good Voer harus diganti setiap dua hari sekali. Selain itu, voer harus memiliki kandungan protein 12-18 persen.

Kalau untuk minumannya, ada yang bilang kalau Kacer lebih baik diberi air minum yang dimasak. Tujuannya untuk menghindari air dari bakteri yang mengganggu tenggorokan, sehingga suaranya lebih plong dan tidak serak.

3. Membersihkan kandang Kacer
Kandang burung kacer harus dibersihkan setiap hari secara teratur. Jika sudah terlambat kotoran burung Kacer akan terkontaminasi jamur dan bakteri yang bisa membahayakan kesehatan Kacer.

4. Mandi dan pengeringan Kacer
Sebelum mandi, burung Kacer harus diangin selama 15-30 menit. Setelah itu, burung Kacer dimandikan dan dikeringkan di bawah sinar matahari jam 8-10 pagi.

5. Pemasteran burung Kacer
Pemasteran Kacer yang baik dilakukan di siang dan malam sampai pagi. Namun, jika malam terasa dingin, Anda bisa melakukan pemasteran di sore hari. Selain itu, pilih suara burung induk yang bagus. Anda bisa mendapatkan suara burung induk dari 12 Aplikasi Suara Burung Chorus Terbaik untuk Master Gratis

6. Lingkungan yang tepat untuk Kacer
Kacer burung menyukai suasana yang sepi. Jadi, jagalah Kacer selalu di tempat yang sepi, jauh dari keramaian. Selain itu, jauhkan unggas Kacer dari predator, seperti kucing, ular, semut, kadal, tikus, dan lainnya.

7. Latihan mental Kacer
Untuk melatih Kacer secara mental, sesekali bawakan Kacer Anda di tempat yang ramai, termasuk pinggir jalan, pasar, gantang, dan tetangga yang memiliki burung Kacer. Tidak hanya itu, Anda juga bisa membawanya di alam liar, seperti hutan, kebun, dan sawah.

8. Memasangkan burung Kacer
Agar cepat Kacer gacor, maka buat dia jinak. Caranya, beri perlakuan khusus pada Kacer, seperti mengelus bulunya, ajak dia makan bersama, nonton televisi bersama, panggil dengan nama favoritnya, dan lain-lain.

9. Kerodong Kacer di malam hari
Pada malam hari dan di musim hujan, burung Kacer harus tertangkap agar tidak kedinginan. Udara dingin bisa mengganggu kesehatan burung Kacer.

10. Dilengkapi dengan burung Kacer lainnya
Untuk mempercepat burung Kacer gacor, Anda bisa menyuarakan suaranya dengan burung Kacer lainnya. Cara ini mampu membuat Kacer mengaitkan gacor lebih banyak dibanding pesaingnya. Namun, Anda harus memilih pesaing yang tingkat suaranya lebih rendah dari Kacer Anda sehingga burung Anda tidak merasa tidak aman dan stres.

Jadi beberapa cara merawat burung Kacer agar cepat gacor. Mudah-mudahan kamu masih yang pertama kali menjaga Kacer bisa segera membuat burung Kacer kamu cepat gacor.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar