Skip to main content

Cara Ampuh Mencegah Dan Mengobati Burung Sakit

Mencegah burung dari sakit jauh lebih baik daripada mengobati burung yang sakit.

Hobi burung yang menyenangkan terkadang saat membuat hobi burung menjadi stres jika burung kesayangannya sakit, terutama yang berujung pada kematian (maut). Ada banyak jenis penyakit yang tidak jarang menyerang burung, seperti ingus, pilek, nada serak, sesak napas, disentri, buang air besar hijau, diare, luka, infeksi luka, burung mengantuk, burung kurus, kantuk, tidak nafsu makan, nafsu makan menurun, kelumpuhan, gejala seperti epilepsi atau tetelo dan penyakit lainnya yang disebabkan oleh bakteri positif (+) & bakteri gr-negatif (-). Apabila kita mengalami hal seperti ini maka kita akan di buat stres dan juga takut apalagi burung yang kita miliki di beli dengan harga yang cukup mahal, maka dari itu kita perlu mengetahui dasar dasar cara mencegah dan mengobati burung sakit

Trik Cara Ampuh Mengobati Dan Mengobati Burung Sakit
Banyak tanda & gejala burung sakit:
1. Nafsu makan burung berkurang.
2. Burung tidak banyak minum.
3. Burung selalu mengantuk, mata burung sedih.
4. Kotoran burung cair.
5. Bulu Burung kusam, kusut.
6. Sayap burung terkulai.
7. Burung itu gemetar & berdiri tidak seimbang.
8. Napas burung tidak rutin, paruhnya tidak terbuka sering seperti panas.
9. Gerakan burung frisky & burung tidak sedikit diam.
10. Kepala bulu burung jingrak.
11. Tak sedikit kotoran menempel di bulu burung.

Faktor utamanya adalah:
1. Selalu melihat kebersihan kandang burung.
Sebagai gantinya, sangkar burung dibersihkan secara teratur setiap pagi, Tangki kandang / sangkar lantai diwarnai sikat dan dicuci dengan deterjen, lalu keringkan 15-30 menit di bawah sinar matahari.

Informasi:
Biar lebih baik dan lebih aman, semua hiasan sangkar burung , disemprotkan disinfektan dengan dosis yang sesuai. Desinfektan bekerja membunuh bakteri, kuman, parasit, jamur, kutu dan virus (virus flu burung / virus AI & lainnya) yang membahayakan kesehatan burung.

2. Penjemuran burung minimal 15 menit secara teratur setiap pagi.
Ingin burung selalu sehat? Menjemur burung secara teratur dan terus menjadi salah satu trik untuk menciptakan burung yang sehat. Burung harus di jemur setidaknya dalam 15 menit setiap pagi. Saat penjemuran burung terbaik sejak mulai pukul 07:00 sampai 10:00, kehangatan sinar matahari pagi dan sinar UV dari pengeringan sangat mendukung tubuh burung untuk mengekstrak Pro Vitamin D3 di tubuh burung sehingga Vitamin D3.

Informasi:
UV, Alpha, Gamma, Beta, Theta dan lainnya digunakan oleh burung untuk mencetak dan menghasilkan hormon vital. Sampel hormon penting meliputi hormon pertumbuhan dan hormon reproduksi. Selain kebutuhan biologis dasar serta kepentingan fisik, pengeringan atau pengeringan burung juga memiliki dampak besar pada burung psikologis.

3. Menyediakan makanan dan gizi yang sesuai dan seimbang serta berkualitas.
Salah satu sumber penyakit di semua makhluk hidup yaitu makanan dalam konsumsi. Begitu juga dengan burung yang bergantung pada makanan yang selalu kita berikan. Di sini, kita benar-benar dalam permintaan harus tahu dan mengerti tentang fisiologis burung yang kita sayangi dan yang kita pertahankan.

Informasi:
Memberikan makanan dengan komposisi (komposisi) lengkap yang telah diuji untuk burung. Disini tidak berarti burung suka dan melahap makanan yang kita berikan. Intinya sesuai dengan sistem metabolisme burung dan kandungan (komposisi) nutrisi dari makanan harus memenuhi semua kebutuhan burung. Selalu menjalankan evaluasi dan pengamatan Anda secara teratur dengan setiap pemberian makan burung dan Jangan bereksperimen dengan makanan burung jika Anda tidak mengerti fisiologi burung. Yang merupakan contoh, sistem metabolisme burung pemakan serangga sangat berbeda dengan sistem metabolisme burung pemakan buah.

4. Sediakan suplemen vitamin dan mineral berkualitas baik secara teratur dan berkala.
Apa saja suplemen Vitamin, Mineral dan Asam Amino untuk burung yang kita simpan? Apakah kandungan makanan yang kita miliki sejauh ini kita berikan tidak cukup untuk memenuhi nutrisi yang dibutuhkan burung?

Informasi:
Penyediaan suplemen Vitamin, Mineral, Asam Amino Esensial dan suplemen lainnya, harus kita berikan pada burung, jika kita tidak mampu membeli kebutuhan dasar burung akan membuat pas standar gizi AKG (Recommended Dietary Allowences) atau RDA (Recommended Dietary Allowences) di setiap burung Memberi Vitamin, Mineral & Asam Amino yang telah di ramu dan racik khusus untuk burung. Berikan secara terorganisir dan terjadwal (berkala). Dosis atau dosis harus sesuai. Selalu lihat tip penggunaannya. Karena suplemen vitamin, mineral, asam amino esensial dan suplemen lainnya, harus sesuai dengan dosis dan aturan yang jelas. Pemberian dengan dosis berlebih, akan berdampak negatif terhadap kesehatan burung. Suplemen (vitamin & mineral) sangat dibutuhkan tubuh burung dalam masa pertumbuhan, penyembuhan sakit, periode burung merica, bertelur, meningkatkan daya tahan pada masa transisi dll.

5. Hindari Burung Mengalami Stress
Biasanya stres pada burung adalah tekanan psikologis yang bisa mengganggu keseluruhan sistem di tubuh burung. Tidak sedikit aspek yang akan menyebabkan burung tertekan, antara lain: penempatan burung yang membuat burung jadi merasa tidak aman, tenang dan nyaman diganggu burung, situasi lingkungan burung dll. Burung yang menderita stres psikologis akan sangat sulit normal kembali.

6. Mendapatkan Obat Burung Yang Cocok.
Jika burung itu sudah sakit atau tertular penyakitnya, jangan gugup. Tempatkan burung yang sakit di tempat yang hangat dan hindari angin yang terkena langsung. Mengidentifikasi dan mendiagnosis jenis penyakit burung, seperti sakit ingus, pilek, nada serak, sesak napas burung, kotoran kapur, tinja hijau, diare, luka, infeksi luka, burung mengantuk, burung kurus, mengantuk, burung tidak nafsu makan, menurunnya makan burung, burung lumpuh, burung seperti epilepsi atau tetelo sakit dan penyakit burung lainnya. Mendiagnosis gejala awal atau mengenali penyakit burung ini sangat mutlak untuk memudahkan pemberian obat yang tepat untuk burung.

Informasi:
Konsultasikan dengan penyakit burung dengan orang-orang yang benar-benar mengerti tentang penyakit burung, saya sampaikan rekomendasi pengobatan burung yang tepat dan harmonis untuk mengobati burung yang sakit.

Memperlakukan burung dengan cepat sesuai dengan pengobatan burung yang tepat, unsur obat dari rata-rata burung berasal dari antibiotik. Penggunaan obat antibiotik harus disesuaikan, dosis yang tepat, penggunaan antibiotik yang salah berpotensi menyebabkan resistensi atau efek kekebalan tubuh pada tubuh burung. Jangan sempat bereksperimen dengan burung, jika Anda tidak mengerti tentang kandungan burung dan efek burung.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar