Skip to main content

Racikan Pakan Untuk Menambah Stamina Burung Pleci


Cara Membuat Makanan Racikan Untuk Burung Pleci Biar Gacor Dan Lincah

Salah satu cara untuk membuat burung pleci lebih aktif dan rajin berkicau adalah memberikan pakan bergizi. Meski saat ini banyak beredar pakan racikan di pasaran, sebagian plecimania lebih senang membuat sendiri pakan racikan untuk plecinya, dengan alasan kandungan gizinya lebih terjamin. Berikut ini cara membuat pakan racikan untuk menambah stamina burung pleci.

Burung pleci butuh pakan bernutrisi untuk mendukung aktivitas hariannya, meski bertubuh kecil burung pleci merupakan burung yang sangat aktif. Untuk mendukung aktivitasnya, burung membutuhkan pakan dengan kandungan gizi yang lengkap. Pakan tersebut biasanya diperoleh dari voer.

Konsistensi dalam pemberian voer harus menjadi perhatian serius, karena tidak sedikit penggemar burung yang gonta-ganti voer dengan alasan tidak sreg atau kandungan gizinya tidak lengkap. Selain membuat burung mudah stres, sering berganti voer juga bisa menyebabkan masalah lainn seperti burung cepat mabung, penampilan kurang maksimal, kotoran encer dan berbau.

Salah satu cara untuk menjamin kelengkapan nutrisi yang dibutuhkan pleci adalah membuat sendiri pakan racikan dengan menggunakan bahan-bahan sebagai berikut:
1. Kacang kedelai
2. Udang (diambil dagingnya saja)
3. Wortel
4. Telur rebus (diambil kuningnya saja)

Cara membuat pakan racikan untuk burung pleci:
1. Kacang kedelai dibersihkan, lalu dikukus selama 40 menit. Anda bisa menggunakan panci kukusan ataupun pressure cooker.
2. Kacang kedelai diangkat lalu ditiriskan, sambil didinginkan. Selanjutnya, kacang kedelai yang sudah lunak ditumbuk atau digiling dengan blender hingga menjadi serbuk.
3. Wortel dipotong kecil-kecil untuk memudahkan proses penggilingan nantinya.
4. Siapkan udang yang hanya diambil bagian dagingnya saja, serta beberapa butir telur rebus yang diambil kuningnya saja.
5. Potongan wortel, udang, dan kuning telur digiling ( menggunakan blender / food processor) hingga menjadi bubuk.
6. Bahan-bahan yang sudah menjadi tepung dicampurkan dengan tepung kacang kedelai yang sebelumnya sudah dibuat.
7. Sebelum diberikan kepada pleci, Anda bisa memberikan bee pollen yang dicampurkan ke dalam bahan-bahan tersebut, kemudian diaduk merata. Pakan pun siap diberikan kepada pleci kesayangan Anda.

Pakan racikan siap diberikan kepada pleci, pleci yang rutin mengkonsumsi pakan racikan ini akan memiliki tubuh lebih ramping, aktif, dan rajin berbunyi. Selain itu, nutrisi yang terkandung di dalamnya bisa membuat warna bulu pleci menjadi lebih cerah.

Selama memberikan pakan racikan ini, tidak berarti Anda tidak memberikan pakan tambahan lainnya seperti nektar atau air gula, buah-buahan, dan pakan serangga. Pemberian EF secara rutin juga sangat penting untuk mempercepat kondisi buka paruh pada burung pleci.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar