Skip to main content

10 Manfaat Buah Alpukat Termasuk Untuk Kesehatan Jantung


Berbagai Macam Manfaat dan Khasiat Dari Buah Alpukat Untuk Kesehatan Tubuh

Apokat atau Persea americana ialah tumbuhan penghasil buah meja dengan nama sama. Tumbuhan ini berasal dari Meksiko dan Amerika Tengah dan kini banyak dibudidayakan di Amerika Selatan dan Amerika Tengah sebagai tanaman perkebunan monokultur dan sebagai tanaman pekarangan di daerah-daerah tropika lainnya di dunia.

Pohon, dengan batang mencapai tinggi 20 m dengan daun sepanjang 12 hingga 25 cm. Bunganya tersembunyi dengan warna hijau kekuningan dan ukuran 5 hingga 10 milimeter. Ukurannya bervariasi dari 7 hingga 20 sentimeter, dengan massa 100 hingga 1000 gram; biji yang besar, 5 hingga 6,4 sentimeter.

Buahnya bertipe buni, memiliki kulit lembut tak rata berwarna hijau tua hingga ungu kecoklatan, tergantung pada varietasnya. Daging buah apokat berwarna hijau muda dekat kulit dan kuning muda dekat biji, dengan tekstur lembut.

10 Manfaat Kesehatan Apokat / Alpukat
Berikut ini adalah 10 manfaat kesehatan dari buah apokat yang bisa membuat kita tidak ragu lagi makan 1 buah apokat setiap hari:

1. Buah Alpukat Untuk Pencegahan Terhadap Kanker Prostat
Apokat terbukti dapat menekan pertumbuhan kanker prostat.

2. Buah Alpukat Untuk Pencegahan Kanker Mulut
Penelitian telah menunjukkan bahwa zat tertentu pada apokat dapat menemukan dan mematikan sel penyebab kanker mulut tanpa melukai sel yang sehat.

3. Buah Alpukat Untuk Pencegahan Kanker Payudara
Apokat seperti halnya minyak olive mengandung banyak asam oleat yang dapat mencegah kanker payudara pada banyak studi.

4. Buah Alpukat Untuk Kesehatan Mata
Apokat mempunyai lebih banyak kandungan karotenoid daripada buah-buah yang biasa dikonsumsi lainnya. Zat ini melindungi terhadap penurunan penglihatan serta katarak, dua penyakit mata yang disebabkan oleh usia.

5. Buah Alpukat Untuk Menurunkan Kolesterol
Apokat banyak mengandung beta-sitosterol, sebuah zat yang terbukti dapat menurunkan tingkat kolesterol darah. Pada sebuah studi yang terdiri dari 45 sukarelawan mengalami penurunan kolesterol hingga 17% setelah mengkonsumsi apokat banyak selama satu minggu.

6. Buah Alpukat Untuk Kesehatan Jantung
Satu cangkir apokat mengandung 23% dari nilai asupan asam folate yang dianjurkan. Beberapa studi menunjukkan bahwa orang yang makan banyak folat mempunyai resiko terkena penyakit jantung yang lebih rendah daripada yang tidak. Vitamin E, lemak tidak jenuh dan glutathione pada apokat juga sangat baik untuk jantung Anda.

7. Buah Alpukat Untuk Pencegahan Stroke
Kandungan folate yang tinggi pada apokat juga mencegah stroke. Orang yang makan banyak folat mempunyai resiko terkena stroke yang lebih rendah daripada yang tidak.

8. Buah Alpukat Untuk Penyerapan Gizi yang Lebih Baik
Penelitian menemukan bahwa beberapa jenis gizi dapat diserap dengan lebih baik apabila dikonsumsi bersama apokat. Pada sebuah studi, ketika para peserta mengkonsumsi salad yang mengandung apokat, mereka dapat menyerap lima kali jumlah karoten (sekelompok gizi termasuk lycopene dan beta karoten) daripada mereka yang tidak mencampurnya dengan apokat.

9. Buah Alpukat Untuk Sumber Glutathione
Apokat adalah sumber yang baik dari glutathione, sebuah anti oksidan penting yang oleh para peneliti diketahui dapat mencegah penuaan, kanker dan serangan jantung.

10. Buah Alpukat Untuk Sumber Vitamin E
Apokat adalah buah yang merupakan sumber dari vitamin E, vitamin utama yang melindungi dari banyak penyakit dan membantu menjaga kesehatan kita secara keseluruhan.

Semoga Bermanfaat.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar