Skip to main content

Manfaat Kopi Batu Salak Untuk Kesehatan


Apa Saja Khasiat Dari Biji Salak Bila Di Olah Menjadi Kopi?

Buah salak atau buah dengan nama latin Salacca zalacca adalah sejenis buah berduri yang memiliki daging gading putih segar dan memiliki kulit berduri. Meski memiliki kulit yang berduri, kulitnya mengandung vitamin dan mineral dan kaya akan serat. Biji salak yang keras dan tidak banyak orang tahu, dan akan membuang bijinya setelah memakan buahnya. Masih sangat jarang tentang pengolahan biji salak jadi setelah makan salak, batu salak akan di buang karena tidak akan digunakan atau digunakan lagi. Tapi ternyata, biji salak bisa diolah dan mendapat manfaat kesehatan.

Biji salak sangat memiliki khasiat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, untuk membuat kopi dari benih menggonggong, perlu dilakukan beberapa pengolahan, yaitu:

Biji salak dikeringkan atau disimpan di tempat yang kering dan tidak lembab, setelah biji kering kemudian dipanggang dalam kuali besar sampai warnanya hitam seperti kopi.
Bila warna biji salak sudah hitam, maka sudah bisa digunakan sebagai bubuk kopi dengan cara menumbuk atau dengan mesin penggiling kopi

Untuk memisahkan biji kopi yang mulus dengan beberapa lainnya yang masih kasar, biji kopi bubuk kemudian diayak dan hanya hasil saringan saja. Hanya kopi biji kopi ini yang bisa disajikan sebagai minuman kopi.

Selain rasanya yang khas dan segar dengan aroma buahnya, kopi biji salak bisa mengatasi masalah kesehatan dan bermanfaat menjaga kesehatan.

Berikut Manfaat Kopi Biji Salak Untuk Kesehatan

Meski tak sepopuler kopi pada umumnya, biji kopi sudah ada dipasaran dalam bentuk kemasan. Kopi biji salak tidak hanya hadir dengan aroma tapi juga dengan khasiat yang ada di dalamnya. Kandungan biji salak di antara air, selulosa, pati, karbohidrat, lemak dan protein. Beberapa kandungan dalam biji salak memiliki khasiat yang bila dikonsumsi, diantaranya:

1. Kopi Biji Salak Mengatasi Asam Urat
Mengkonsumsi biji kopi dari salak menjadi salah satu alternatif untuk mengatasi asam urat. Kopi biji salak bisa mencegah terjadinya rematik, nyeri otot dan mengurangi rasa sakit pada persendian yang disebabkan oleh asam urat. Mengkonsumsi biji kopi secara teratur, tidak memerlukan waktu lama untuk menyembuhkan asam urat yang diderita.

2. Kopi Biji Salak Mencegah Hipertensi
Mengkonsumsi kopi salak bisa membantu memperlancar sistem peredaran darah di tubuh. Kandungan biji salak bisa memberikan suplai oksigen yang beredar ke seluruh tubuh melalui aliran darah yang lancar. Dengan aliran darah yang lancar dan pasokan oksigen yang cukup, mengkonsumsi kopi biji salak bisa mengurangi risiko, atau mencegah hipertensi atau tekanan darah tinggi. Selain itu, tubuh juga akan lebih sehat.

3. Kopi Biji Salak Meningkatkan Performa Otot
Biji salak memiliki kandungan protein yang memiliki manfaat baik untuk otot. Mengkonsumsi biji salak yang mengandung protein dalam bentuk kopi, dapat membantu meningkatkan kinerja otot, dan membantu proses yang memiliki hubungan dengan sistem saraf dengan membantu pembentukan awal sistem saraf. Dengan mengkonsumsi kopi biji salak, otot menjadi lebih kuat sehingga tubuh akan lebih kuat dan tidak mudah lelah.

4. Kopi Biji Salak Meningkatkan Daya Tahan Tubuh
Mengkonsumsi kopi dari biji salak dapat meningkatkan daya tahan tubuh menjadi kuat, tidak hanya berasal dari protein biji salak yang bermanfaat bagi otot, namun juga didukung oleh adanya kandungan karbohidrat pada biji salak. Karbohidrat yang terkandung dalam biji salak dan dikonsumsi dalam bentuk minuman kopi dapat memenuhi kebutuhan energi sehari-hari tubuh untuk menjalai semua aktivitas yang dilakukan setiap hari.

Dibandingkan mengkonsumsi minuman kemasan yang mengandung bahan pengawet dan beberapa kandungan kimiawi yang tidak baik untuk tubuh, konsumsi kopi biji salak bisa menjadi acuan untuk meningkatkan energi di dalam tubuh. Sama sama dalam bentuk minuman, kopi biji salak akan lebih segar karena dengan aroma aroma kopi buah segar.

5. Kopi Biji Salak Meningkatkan Kecerdasan
Selain menjaga kesehatan tubuh, konsumsi kopi biji salak dapat membantu meningkatkan konsentrasi seseorang dalam setiap proses pembelajaran yang dilakukan baik pembelajaran formal maupun non formal. Selain itu, biji kopi juga bisa meningkatkan kekuatan otak untuk memiliki berbagai pola pikir dan juga bisa membantu perkembangan otak yang sangat bermanfaat untuk meningkatkan ingatan akan setiap pembelajaran atau aktivitas yang dilakukan.

Dengan meningkatnya konsentrasi, kekuatan pola pikir dan memori maka dalam proses penyerapan rangsangan eksternal ke sesuatu akan lebih cepat dan kecerdasan juga bisa meningkat. Otak akan mengirim sinyal ke bagian tubuh lain sehingga menjadi lebih cepat mengingat dan lebih sensitif dalam menghadapi setiap kondisi yang dialami.

6. Kopi Biji Salak Melancarkan Sistem Pencernaan
Ada mitos dimana, mengkonsumsi buah akan membuat usus keras, padahal sebenarnya salak memiliki kandungan serat yang bisa memudahkan sistem pencernaan. Seperti pada bah salak, meski tidak memiliki kandungan serat di dalamnya, biji kopi mampu memperlancar sistem pencernaan.

Seperti kopi biasa, minum biji kopi akan menimbulkan efek yang membuat perut terasa mulas. Tidak semua orang mengalami mulas yang disebabkan oleh mengkonsumsi kopi biji salak, beberapa orang akan memiliki sistem pencernaan yang halus, sehingga bisa menyingkirkan feses lebih normal.

Manfaat yang didapat dengan mengkonsumsi kopi biji salak sangat beragam untuk menjaga kesehatan tubuh. Presentasi seperti dalam menyajikan kopi yang sangat sederhana, tidak akan ada alasan rumit untuk membuatnya. Yang perlu diperhatikan adalah, orang yang memiliki riwayat darah rendah harus menghindari mengkonsumsi biji kopi salak, karena akan membuat tekanan darah menjadi lebih rendah. Untuk membuktikan manfaatnya, bisa dicoba dengan mengonsumsi biji kopi salak beberapa hari secara teratur. semoga berhasil

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar