Skip to main content

Cara Mencampur Milet Untuk Burung Pemakan Biji


Campuran Milet Kaya Protein Dan Cita Rasa Tinggi Untuk Burung

Burung pemakan biji-bijian seperti kenari, burung pipit, parkit, dan sejenisnya sangat menyukai milet, makanan ini memiliki kandungan gizi tinggi. Milet dapat diberikan dalam berbagai porsi, termasuk dicampur dengan bahan pakan lainnya untuk merembes ke dalam biji sebelum konsumsi burung. Milk set bergizi tinggi ini bisa membuat burung lebih sehat, lebih aktif, dan lebih rajin berbunyi.

Burung pemakan biji
Burung finch sedang makan milet berbentuk rantai.
Campuran-pakan peternak sebenarnya telah lama dikenal di kalangan penggemar burung di luar negeri, dan sering digunakan untuk menjaga kondisi burung yang sedang berkembang biak terutama burung pemakan biji.

Cara membuat milet campuran untuk burung yang kaya protein dan nutrisi lainnya. Mari kita lihat bersama.

Bahan utama milet untuk burung pemakan biji:
Milet, dengan dosis tergantung kebutuhan.
Beberapa telur ayam.
Beberapa potong sotong.

Cara membuat campuran milet untuk burung pemakan biji:
Sebelum digunakan, milet harus dikeringkan dulu agar kulit kerasnya bisa menyerap bahan pakan lainnya dan masuk ke dalam biji-bijian. Pengeringan bisa dilakukan di bawah sinar matahari selama beberapa jam, atau gunakan oven listrik dengan suhu sekitar 150 derajat C dan dipanggang selama 3 - 5 menit.

Milet dikeringkan dengan memanggang di oven.
Setelah kulit kering, milet dengan mudah menyerap bahan umpan yang dicampur dengannya. Karena itu, setelah dikeringkan, milet disimpan dalam mangkuk atau piring, sambil menunggu pengolahan bahan pakan lainnya.

Sekarang kita cuci telurnya dengan air bersih. Selanjutnya, hancurkan dan kumpulkan isinya dalam satu wadah atau mangkuk. Aduk sampai semua bagian telur tercampur rata.

Cangkang telur juga dapat kita gunakan, kumpulkan dan dikeringkan kulit telur dengan cara dipanggang dalam oven selama beberapa menit. Setelah kering, haluskan cangkang telur sampai menjadi tepung.
.
Siapkan tulang sotong, lalu ambil bagian tengah putih, lalu campurkan sampai tepung. Kulit sotong yang keras jangan di gunakan

Campurkan semua bahan (bubuk cangkang telur dan tulang sotong) ke dalam campuran telur yang telah disiapkan sebelumnya, lalu aduk sampai semua bahan dicampur rata.

Adonan dimasukkan ke dalam wadah milet untuk di campur agar merata ke dalam biji-bijian.
Semua adonan dicampur ke dalam milet, dan aduk sampai semua bahan dicampur secara merata. Keringkan milet dengan cara di angin anginkan, sampai semua bahan meresap ke seluruh biji milet.

Setelah kering campuran milet yang memiliki protein tinggi ini bisa diberikan pada burung peliharaan Anda.

Campuran milet bergizi tinggi dapat diberikan sebagai makanan lezat untuk burung Anda.
Hal ini juga sangat baik di berikan selama musim hujan, dan dapat membantu burung yang mengalami ganti bulu atau mabung.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar