Skip to main content

6 Cara Mudah Perawatan Burung Anis Merah Mabung


Cara mudah merawat anis merah mabung. Mabung atau ngurak adalah proses yang harus dialami oleh setiap jenis burung, termasuk burung anis merah.

Proses mabung adalah proses perubahan bulu. Bulu tua dan rusak akan rontok dan diganti dengan bulu halus lainnya.

Anis Merah Mabung
Pada saat mabung, burung anis merah  harus lebih diperhatikan, cara Perawatannya pun harus di lakukan secara telaten agar bulu bulunya mau tumbuh kembali. Pada burung anis merah, mabung umumnya akan selesai dalam waktu satu bulan. Pada saat ini, Anda harus benar-benar sabar dan sabar merawat anis merah Anda.

Anda tentu tidak ingin jika burung anis merah Anda tiba-tiba stres atau menjadi "brondol" karena mabungnya tidak sempurna? Karena itu, lakukan serangkaian berikut perawatan anis merah anis saat anis merah tercinta Anda mabung.

Cara Merawat Anis Merah Merah Mabung Untuk Cepat Sembuh:

1. Memenuhi Kebutuhan Protein
Perawatan anis merah utama adalah masalah pemenuhan protein. Ini karena 25% kandungan protein dalam tubuh burung digunakan untuk pembentukan protein baru. Oleh karena itu, anis merah membutuhkan protein ekstra selama mabung.

Makanan anis merah yang paling tepat adalah jangkrik dan kroto. Dosisnya 4 jangkrik pagi hari dan 4 jangkrik di sore hari. Di pagi hari,\ juga berikan satu sendok kroto. Sebagai nutrisi tambahan, Anda juga bisa memberi cacing. Berikan cacing 3 kali seminggu dengan dosis 2 cacing sekali sekali makan.

Sedangkan untuk buahnya, lebih baik beri pepaya daripada pisang. Ini karena buah pepaya mengandung lebih banyak vitamin C sehingga bagus untuk menjaga ketahanan tubuh anis merah.

2. Multivitamin
Selain makanan, multivitamin juga tak kalah pentingnya dalam Perawatan anis merah mabung. Multivitamin akan membantu pemenuhan nutrisi anis merah sehingga proses mabung semakin cepat selesai. Dosis multivitamin yang paling tepat adalah 2 kali seminggu. Campurkan satu sendok multivitamin dengan air minum AM favorit Anda.

3. Periksa Kondisi Burung
Perawatan red anis mabung yang juga tidak bisa dilewatkan adalah mengecek kondisi burung. Jika anis merah lebih sering menutup matanya, itu artinya ada sedikit masalah pada kesehatannya.

4. Mandi dan Penjemuran
Dalam kondisi normal, AM harus dimandikan dan di jemur di bawah sinar matahari setiap hari. Namun perawatan anis mabung merah sangat berbeda, hanya perlu dimandikan sekali seminggu. Terlalu sering mandi anis merah selama mabung justru bisa menghambat pertumbuhan rambut.

Penjemuran dianjurkan hanya 20 menit, penjemuran anis merah ini hanya diperlukan setelah mandin tak perlu etiap hari.

5. Pengrodongan Anis Merah Saat Mabung
Burung anis merah mabung harus di seterilkan dari tempat yang ramai. Ini karena anis merah sangat rentan stres saat mabung.

6. Pemasteran
Bila dalam kondisi lembab, burung akan lebih gemuk. Selain itu, telinganya juga lebih peka terhadap suara. Karena itu, mabung adalah waktu yang paling tepat untuk master. Mainkan mp3 yang berisi master setiap pagi. Usahakan memilih masteran dengan suara jernih dan jernih

Begitulah cara Perawatan anis merah merica sehingga bulu bisa tumbuh sempurna. Setelah bulu selesai, segera mandi dan keringkan burung. Langkah ini perlu dilakukan untuk menyesuaikan kembali suhu tubuh dan menghindari perkembangan jamur.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar