Skip to main content

Manfaat Daun Binahong Untuk Burung Lovebird


Aneka manfaat daun binahong untuk burung lovebird

Daun binahong / heartleaf mempunyai beberapa khasiat / manfaat dalam mengatasi aneka masalah yang dialami burung kicauan, daun yang bernama latin Anredera cordifolia (ten) Steenis ini bisa mengatasi masalah kenari dewasa yang ngeriwik saja. Tak hanya itu daun binahong juga dapat diberikan kepada lovebird.

Berikut ini aneka manfaat daun binahong untuk lovebird.

Manfaat daun binahong untuk burung lovebird, Aneka manfaat daun binahong untuk lovebird.
Binahong adalah sejenis tanaman obat yang daunnya memiliki khasiat untuk menyembuhkan berbagai penyakit ringan dan berat, berdasarkan hasil penelitian para ahli, daun ini mengandung saponin, polifenol, alkaloid, minyak atsiri, dan asam oleanolik. Kandungan tersebut dipercaya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan.

Untuk mengatasi gangguan kesehatan pada manusia, daun binahong umumnya diberikan dengan cara direbus dan diambil airnya, daun ini dipercaya dapat mengatasi berbagai gangguan kesehatan seperti kencing manis, sesak nafas, menstabilkan tekanan darah, mencegah stroke, dan sebagainya.

Untuk burung kicauan seperti lovebird, daun binahong cukup diberikan dalam bentuk mentah saja.

Manfaat daun binahong bagi lovebird antara lain:

Daun binahong bisa diberikan dengan cara digantung di dalam sangkar, sebagaimana kita memberikan sayuran. Bisa juga diberikan bentuk irisan kecil-kecil yang ditempatkan dalam cepuk pakan, atau dicampur bersama irisan sayur-sayuran yang lain.

Selain bisa mengatasi berbagai gangguan kesehatan burung, daun binahong juga bisa menyembuhkan luka karena infeksi atau cedera. Caranya pembuatannya :Tumbuklah daun binahong sampai keluar cairan atau getahnya, hasil tumbukan itu lalu ditempelkan ke bagian tubuh burung yang mengalami luka.

Tapi jangan berlebihan karena ada efek sampingnya
Meski memiliki sejumlah manfaat, daun binahong juga memiliki efek samping jika digunakan secara berlebihan, hal ini karena daun binahong memiliki kandungan efedrin berupa zat ephedra.

Apabila dikonsumsi secara berlebihan, bisa menyebabkan over birahi, gangguan otot, kejang-kejang, denyut jantung tidak teratur, dan kehilangan kesadaran. Karena itu, gunakan daun binahong seperlunya saja, atau hanya diberikan selama masa terapi / pengobatan.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar