Skip to main content

Cara Setting Custom Domain Di Cloudflare


Transfer Name Server Ke Cloudflare

Cloudflare adalah content delivery network atau yang biasanya di singkat CDN merupakan sebuah layanan gratis yang berada di antara server di mana sebuah domain di hostingkan dengan pengunjung yang mengakses domain tersebut. Atau secara simplenya apabila ada pengunjung yang mengakses sebuah content di blog atau website yang di setting di cloudflare, maka cloudflare akan mengambil content tersebut untuk di tampilkan ke pengunjung dengan proses screening dari cloudflare.

Keuntungan dari Cloudflare adalah : 
1. Gratis dan bisa untuk banyak domain.
2. Memperbaiki website atau blog yang di hack
3. Menyembunyikan IP Adress atau Hosting dari Hacker
4. Perubahan DNS atau Pointing lebih cepat
5. Website Chace dan hemat Bandwidth
6. Proteksi Spam, DDOS dan DOS
7. Gratis SSL
8. Support HTTPS untuk custom domain (wajib untuk Website dan Blog Valid AMP)
Kelemahan dari Cloudflare :
1. False Positive atau Kesalahan Proteksi
2. Website down meski hosting up

Berikut langkah langkah cara setting custom domain ke cloudflare :
1. Kunjungi situs Cloudflare
2. Silahkan Register terlebih dahulu, sistim register di cloudflara sama seperti kita register pada akun akun yang lain di internet.
3. Setelah proses registrasi selesai, masuk ke halaman cloudflare dan pilih "ADD SITE", masukkan nama domain anda dan klik "Begin Scan". Tunggu sampai proses scanning sampai selesai dan apabila sudah selesai klik "Continue Setup".



4. Pada setting berikutnya anda tidak perlu melakukan apa apa, langsung saja klik "Continue"



5. Selanjutnya anda akan memilih Plan di Cloudflare, pilihan pertama adalah Free atau Gratis dan selanjutnya berbayar. Anda pilih yang "Free Website" atau bisa yang berbayar sesuai dengan kemampuan anda.  Jika sudah klik Continue.


6. Langkah selanjutnya adalah anda akan mendapatkan 2 kode name server dari cloudflare, kode ini anda masukkan di dasboard hosting tempat anda membeli domain. Ganti di kolom 1 dan 2 pada name server sebelumnya dan kosongkan kolom selanjutnya. Sebelum anda ke dasboard tempat anda membeli domain anda bisa klik continue dulu pada settingan cloudflare, bila sudah di ganti klik Ubah Nameserver pada dashboard domain.



Tunggu beberapa saat atau mungkin bisa 1 x 24 jam untuk mengaktifkan name server dari cloudflare, apabila sudah aktif akan seperti gambar di bawah ini.



Sekian tips dan trick cara transfer name server ke cloudflare, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar