Skip to main content

Cara Membuat Email Domain Tanpa Hosting

Membuat Email Domain Dengan Gmail

Setiap blogger tentunya ingin memiliki email dari nama domain sendiri, karena emai yang berasal dari nama domain sendiri sangat memiliki makna tersendiri untuk para blogger termasuk saya. Untuk membuat email domain biasanya di perlukan support hosting untuk membuat email itu dari Cpanel, kali ini saya ingin membagikan tutorial cara membuat email dari domain sendiri tanpa haus menggunakan Hosting. Tutorial ini akan saya jelaskan melalui gambar, dan harap di ikuti tahap demi tahap tiap langkah.

1. Langkah pertama anda login dulu ke https://www.google.com/a/cpanel/domain/new
2. Setelah masuk anda klik "Mulai uji coba gratis"



3. Selanjutnya masukkan nama bisnis anda dan berapa jumlah tenaga kerja anda



4. lang brikutnya anda terus pilih lanjutkan dari "pilih negara anda" dan "masukkan alamat email yang anda gunakan saat ini", lalu pada menu berikutnya akan ada pertanyaan "apakan bisnis anda memiliki domai?" pilih "YA,Saya memiliki domain yang dapat di gunakan". Halaman ini muncul setelah anda 2 kali melewati halaman sebelumnya.



5. Pada halaman berikutnya isi nama domain anda yang akan di jadikan alamat email domain sendiri.



6. Setelah anda mengisi nama domain anda, selanjutnya akan di arahkan untuk mengisi nama anda. Nama Depan dan nama belakang, isi dengan lengkap. Ingat selalu tekan berikutnya jika sudah selesai.




7. Pada halaman berikutnya adalah menu Cara Anda Masuk, di sini anda akan membuat nama email yang akan di akhiri dengan domain sendiri. Isi nama email yang akan anda pakai sesuai dengan keinginan dan masukkan pasword anda.



8. Jika anda sudah membuat nama email domain sendiri dan juga password tekan tombol berikutnya, di halaman selanjutnya anda akan mencentang chapta "Saya Bukan Robot" dan tekan tombol SETUJU DAN BUAT AKUN. Nah sampai di sini anda sudah menyelesaikan sekitar 50% proses pembuatan email domain non hosting, langkah selanjutnya masih ada beberapa tahapan. Anda akan membuat email tambahan yang juga dari domain anda sendiri. Pilih tambahkan Orang Ke Akun G Suite.



9. Masukkan nama depan dan belakang (Nama berbeda dari sebelumnya), nama alamat email domain anda dan tekan tombol tambahkan. Jika sudah anda tinggal centang kotak kecil di bawahnya untuk melanjutkan ke tahap berikutnya. Pada langkah selanjutnya anda langsung saja tekan Berikutnya karena langkah ini anda bisa tidak melakukannya.



10. Selanjutnya anda akan memverifikasi domain anda, ada beberapa pilihan untuk cara memverifikasi. Langkah ini sama seperti anda memverifikasi pada google webmaster. Untuk lebih mudah kita pilih saja verifikasi lewat META TAG. Copy script meta lalu letakkan pada Edit HTML anda, tarus saja di bawahnya meta tag dari google webmaster dan simpan template anda. Kembali ke Halaman verifikasi domai, anda centang kotak kecil "Saya sudah menambahkan Meta Tag ke Beranda Saya"



11. Setelah anda Verifikasi domain akan muncul langkah selanjutnya, anda akan di suruh membuka kontrol panel dari domain anda. Anda alan di info kalau DNS (Domain Name Server) anda di Setting di cloudflare atau di tempat anda membeli domain, silahkan login ke setting DNS anda. Setelah login centang kotak kecil " Saya telah membuka panel kontrol untuk domain saya"



12.  Selanjutnya akan keluar tabel baru yang berisikan kode yang harus anda tambah pada DNS anda, isikan satu persatu kelima data MX di bawah ini.



13. Saya di sini melakukan setting DNS di Cloudflare, karena semua domain saya di setting di sini maka saya tidak bisa memberikan gambar settingan yang lain. Intinya semua langkahnya sama. mungkin hanya posisi saja yang berbeda, kalau di cloudfalare di tambah dari atas sebelum CName.

Oke kita lanjut, pada kolom pertama pilih "MX", kolom kedua masukkan @, kolom ketiga masukkan ASPMX.L.GOOGLE.COM, kolom ke empat pilih 1 Hour sesuai perintah dan tekan Add Record. Lihat gambar di bawah.



14. Lakukan hal di atas sampai kelima dari NILAI atau TUJUAN yang di tabel google masuk semua, dan jika sudah selesai akan seperti gambar di bawah ini.




15. Jika sudah selesai  tekan tombol simpan perubahan kalau ada, dan kembali ke pengaturan email sebelumnya. Centang lagi kotak kecil "Saya membuat data MX baru" dan "Saya Menyimpan data MX" dan tekan VERIFIKASI DOMAIN DAN SIAPKAN EMAIL.



16. Tunggu proses verifikasi selesai, dan email domain anda sudah siap untuk di gunakan. Pada langkah selanjutnya anda tinggal skip saja. Sekarang anda login ke email yang sudah anda buat tadi, caranya sama seperti membuka Gmail, anda hanya perlu ganti ke akun email domain yang anda buat.



Sekian tips dan tricks bagaimana membuat email dari domain sendiri, semoga bermanfaat dan selamat mencoba.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar